20 Tempat Makan Murah dan Enak di Jakarta Selatan

Tempat makan murah di jakarta selatan

Berbicara mengenai tempat makan murah di Jakarta Selatan memang tidak ada habisnya. Hampir setiap waktu, muncul berbagai kuliner baru yang rasanya lezat dan harganya juga terjangkau.

Tempat makan murah di Jakarta Selatan banyak sekali pilihannya. Meskipun murah, tetapi tidak murahan. Rasa makanannya juga tidak kalah dengan restoran-restoran berbintang. Bagi kamu yang hobi berburu kuliner atau perlu rekomendasi kuliner baru, beberapa tempat makan murah di Jakarta Selatan ini patut kamu coba. Dijamin, pasti akan ketagihan. Yuk, disimak!

Pocut Dara

Penggemar kuliner khas Aceh mungkin sudah tahu rumah makan yang satu ini. Pocut Dara menyediakan beragam menu masakan khas Aceh. Menu familiar seperti mi Aceh, ayam tangkap, dan dendeng Aceh bisa ditemukan di sini.

Menu lain yang mungkin belum pernah kamu coba juga ada, seperti bandeng asam keueng, bebek masak kurma, nasi gurih, sampai kakap tumis, serta aneka pepes. Selain itu, menu-menu kudapan atau makanan ringan juga tersedia. Ada roti cane, roti jala, dan martabak Aceh.

Lokasi Pocut Dara : JL. Raya Pasar Minggu No. 30, Pancoran, Jakarta Selatan (Sebelah gedung Sucofindo)

Iga Bagus

Untuk kamu pencinta olahan iga sapi, tempat makan yang satu ini pastinya sangat pas. Iga Bagus memiliki menu jagoan berupa iga bakar dengan berat 1 kg. Rasanya? Sudah pasti lezat dan nikmat. Iga bakar dengan berat sekilo itu tentunya akan susah bila dihabiskan sendirian. Makanya, sebaiknya ajak teman, rekan kerja, atau keluarga untuk ikut menyantap sajian unik tersebut.

Tenang saja, Iga Bagus menyediakan beberapa paket hemat yang berisi menu komplet, termasuk iga bakar seberat 1 kg. Dengan memilih menu paket, pastinya kamu akan lebih berhemat karena iga bakar porsi jumbo disantap secara ramai-ramai. Selain iga bakar besar, Iga Bagus juga menyediakan menu-menu iga lain dengan ukuran reguler, kamu tidak perlu khawatir.

Lokasi Iga Bagus : JL. Tebet Timur Dalam II No. 12, Tebet, Jakarta Selatan.

Kerang Kiloan Cipete

Bagi penikmat hidangan laut, rumah makan Kerang Kiloan Cipete pastinya sudah sangat familier di telinga. Sesuai namanya, menu kerang di sini disajikan per kilo. Kamu bisa memesan mulai dari porsi setengah kilo atau kelipatan lainnya.

Kerang yang dijual juga hadir dalam aneka jenis, mulai dari kerang hijau, kerang dara, kerang bambu, dan kerang tahu. Setelah memilih jenis kerang dan beratnya, kamu juga harus memilih saus untuk memasang kerang. Tersedia saus karamel pedas, asam manis, saus padang, lada hitam, cajun, dan lemon.

Lokasi Kerang Kiloan Cipete : Warung Blekok, JL. Cipete Raya No. 13, Cipete, Jakarta Selatan.

Gulai Tikungan

Kuliner legendaris satu ini memang tidak pernah sepi pengunjung. Makanan berupa gulai sapi yang disajikan dengan nasi panas ini memiliki julukan gultik, akronim dari gulai tikungan. Porsinya memang tidak terlalu banyak, tetapi sangat pas untuk mengobati perut yang keroncongan di malam hari.

Penjual gulai tikungan bisa kamu temukan di sepanjang Jalan Mahakam di daerah Blok M. Selain seporsi gulai sapi, pembeli juga menikmati penganan lain, seperti aneka gorengan dan sate-satean. Untuk harganya? Tentu saja sangat terjangkau, kurang lebih satu porsi gulai dibanderol hanya Rp12.000-an saja.

Baca Juga : 4 Resep dan Cara Membuat Nasi Kuning Enak Praktis dan Super Gurih

Lokasi Gulai Tikungan : JL. Mahakam, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Sopo Ngiro Japanese Food

Siapa bilang kalau hidangan khas negeri matahari terbit selalu mahal? Buktinya, kamu masih bisa makan berbagai makanan khas Jepang dengan harga terjangkau di Sopo Ngiro Japanese Food. Di kedai makan kaki lima ini, aneka makanan Jepang disajikan secara sederhana dengan harga yang terjangkau pula.

Menu-menu seperti beef yakiniku, chicken teriyaki, dan, chicken katsu bisa kamu temukan di sini. Rasanya tidak kalah dengan makanan Jepang yang ada di restoran bintang lima. Harganya sendiri berkisar dari Rp20.000 hingga Rp50.000-an saja. Cukup murah, bukan?

Lokasi Sopo Ngiro Japanese Food : JL. Panglima Polim No.46, Pulo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Bakmi Bangka Priska

Bagi penggemar bakmi, bakmi Bangka tentu merupakan salah satu makanan wajib yang tidak boleh terlewatkan. Berbeda dengan bakmi atau mi ayam yang biasa ditemui di pulau Jawa, bakmi bangka mempunyai ciri khas, yaitu penyajiannya yang kering dengan kuah terpisah. Salah satu rekomendasi bakmi bangka lezat dan murah yang ada di Jakarta Selatan adalah Bakmi Bangka Priska.

Bakmi Bangka Priska memiliki tekstur mi yang kenyal dan lembut, mirip seperti mi di restoran-restoran ternama. Toping ayamnya juga 100% daging ayam asli dan cukup melimpah. Mi yang digunakan juga merupakan mi buatan sendiri alias homemade sehingga tidak menggunakan bahan pengawet sama sekali.

Lokasi Bakmi Bangka Priska : JL. H.Abdul Majid Raya, Cipete, Jakarta Selatan.

Sate Apjay

Anak-anak Jaksel pasti sudah tahu dengan tempat makan murah di Jakarta Selatan satu ini. Nama Apjay sendiri merupakan singkatan dari Apotek Jaya, tempat penanda penjual sate biasa mangkal. Sate Apjay sudah dikenal sejak tahun 70-an, tidak heran jika saat ini telah memiliki ratusan pelanggan yang terdiri dari beberapa generasi.

Uniknya dari Sate Apjay adalah hanya menggunakan daging ayam bagian dada saja. Ukurannya juga lebih besar dibandingkan dengan sate ayam pada umumnya. Walaupun memakai bagian dada, tetapi daging sate tidak kering sama sekali. Oh iya, saat ini banyak sekali yang memakai nama Sate Apjay, tetapi yang asli hanya berada di daerah Panglima Polim, Jaksel.

Lokasi Sate Apjay : JL. Panglima Polim No.22, Cipete Utara, Jakarta Selatan.

Coto Makassar Ampera Daeng Memang

Tidak hanya olahan seafood-nya saja yang ternama, Makassar juga memiliki beragam menu makanan berbasis daging. Salah satunya adalah coto Makassar, hidangan khas mirip soto yang kini juga bisa ditemukan di daerah Jakarta Selatan. Coto Makassar Ampera Daeng Memang menjadi favorit kebanyakan orang di daerah Jaksel.

Semangkuk coto Makassar berisi irisan daging sapi dan jeroan yang kemudian disiram dengan kuah kental panas dan diberi pelengkap daun bawang segar serta bawang goreng. Coto biasanya disantap dengan buras, makanan mirip lontong, terbuat dari beras yang dimasak dengan santan kemudian dibungkus dengan daun pisang.

Lokasi Coto Makassar Ampera Daeng Memang : JL. Ampera Raya No.17, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Sate Padang Ajo Ramon

Salah satu legenda kedai makan favorit di Jakarta Selatan, Sate Padang Ajo Ramon telah buka dari tahun 1980. Saking terkenalnya, kini Sate Padang Ajo Ramon telah memiliki beberapa cabang, dari mulai Kelapa Gading, Jakarta Utara, hingga di Bekasi. Sementara kedai pusatnya berada di daerah Pasar Santa, Jakarta Selatan.

Daging yang digunakan memang berserat, tetapi dengan tekstur yang kenyal. Bumbu rempahnya juga menambah kelezatan sate. Selain sate berbumbu, kamu juga akan mendapatkan kuah kental yang dapat disantap bersama dengan ketupat.

Lokasi Sate Padang Ajo Ramon (pusat) : Pasar Santa, JL. Cisanggiri, Petogogan, Jakarta Selatan.

Warung Pasta dan Locarasa

Kawasan Kemang, Jakarta Selatan memang terkenal sebagai daerah elit dan mahal. Namun, siapa sangka, kamu juga masih bisa menemukan tempat makan enak dan murah di kawasan ini. Tempat makan murah di Jakarta Selatan berikutnya adalah Warung Pasta dan Locarasa.

Warung Pasta dan Locarasa berada di dalam satu bangunan yang sama. Warung pasta menyajikan aneka pasta dan pizza dengan harga yang sangat bersahabat. Locarasa, yang berada di lantai bawahnya menjual gelato dengan macam-macam rasa nikmat. Ada pula camilan dan makanan asli Indonesia di sini.

Lokasi Warung Pasta dan Locarasa : JL. Kemang Raya No. 81, Kemang, Bangka, Jakarta Selatan.

Warung MJS

Warung MJS atau sebelumnya dikenal dengan nama Warung Mbah Jingkrak Setiabudi merupakan restoran di pusat kota yang menyediakan aneka menu masakan khas dari berbagai daerah di Indonesia. Selain menggugah selera, nama menu yang tersedia di Warung MJS ini juga cukup unik.

Warung MJS memiliki dekorasi ruangan yang menarik dan kekinian. Tersedia area indoor dan outdoor yang bisa dipilih sesuka hari oleh para pengunjung. Untuk yang sekadar melepas penat dan butuh stok foto baru, kamu bisa mulai memburunya di Warung MJS karena ada banyak spot instagramable di tempat tersebut.

Lokasi Warung MJS: JL. Setia Budi Tengah No.1, Setia Budi, Kuningan, Jakarta Selatan.

Seafood Santa 68

Satu lagi kedai makan seafood khas yang ada di Jakarta Selatan, yaitu Seafood Santa 68. Warung makan ini menjadi salah satu tempat favorit banyak orang di Jakarta Selatan. Setiap harinya, terdapat antrean panjang dan mengular di Seafood Santa 68. Agar tidak antre terlalu lama, sangat disarankan agar booking terlebih dahulu ataupun datang lebih awal.

Banyak pilihan menu hidangan laut yang tersedia di Seafood Santa 68. Bahan-bahan yang digunakan juga masih sangat segar. Untuk satu bahan makanan, bisa dimasak dengan berbagai macam bumbu yang tersedia sesuai dengan permintaan pembeli.

Lokasi Seafood Santa 68: JL. Wolter Monginsidi No. 58, Senopati, Jakarta Selatan.

Nasi Ulam Ibu Yoyo

Ingin mencicipi kuliner yang simpel dan sederhana dari Jakarta Selatan? Datang saja ke Nasi Ulam Ibu Yoyo, dijamin lidahmu akan bergoyang dan perut dapat terpuaskan maksimal. Kuliner yang cukup digemari oleh warga Jakarta Selatan dan sekitarnya, bahkan hingga dari luar kota, menyajikan menu berupa nasi rames dengan aneka lauk.

Menu yang biasa dipesan adalah nasi putih hangat dengan taburan serundeng dan taoge serta ditambahkan sayuran lain, berupa potongan timun dan daun kemangi. Nasi kemudian ditambahkan dengan lauk sesuai pilihan pembeli. Harga satu porsi nasi ulam berkisar antara Rp7.000 hingga Rp20.000 saja.

Lokasi Nasi Ulam Ibu Yoyo: JL. Karet Pedurenan, Gg. Dogol, Karet Kuningan, Jakarta Selatan.

NGK Babeh

Bila Jakarta Pusat punya Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih sebagai salah satu ikon kulinernya, maka Jakarta Selatan memiliki NGK Babeh. Warung makan yang sudah ada sejak tahun 1990 ini memiliki rasa nasi goreng yang cukup otentik. Hampir setiap orang yang mencicipinya merasakan rasa yang pas, tidak kurang ataupun lebih.

Daging kambing yang digunakan tidak berbau sama sekali, justru memiliki cita rasa rempah yang kuat. Namun sayangnya, porsinya tidak terlalu banyak. Walaupun demikian, masih tetap mengenyangkan. Kedai NGK Babeh juga memiliki area parkir yang cukup luas.

Lokasi NGK Babeh: JL. Pedurenan Mesjid Raya, Karet Kuningan, Jakarta Selatan.

Sate Taichan Bang Ocit 87

Sejak tahun 2016, muncul varian sate baru bernama sate taichan. Berbeda dari sate ayam biasanya yang berbumbu sambal kacang, sate taichan hanya berupa daging ayam yang dibakar tanpa diberikan bumbu apapun kemudian disantap dengan sambal cabai merah. Salah satu pelopor sate taichan yang ada di Jakarta Selatan adalah Sate Taichan Bang Ocit 87.

Untuk makan di sini kamu mesti sedikit sabar karena antreannya cukup panjang. Harga satu tusuk satenya sangat murah, hanya sekitar Rp3.000-an saja. Meskipun tampak sangat sederhana, ternyata rasa sate taichan tidak kalah dibandingkan dengan sate ayam biasa.

Lokasi Sate Taichan Bang Ocit 87: JL. Simprug Golf 2, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Bubur Ayam Palapa

Mendapat julukan sebagai bubur ayam paling enak sedunia fana dari komedian Abdel Achrian, ternyata Bubur Ayam Palapa telah tersohor sejak dahulu kala. Bubur ayam memang menjadi salah satu menu sarapan favorit orang Indonesia sehingga tidak heran bila Bubur Ayam Palapa juga mendapatkan banyak pelanggan.

Setiap harinya, tidak kurang dari 300 mangkuk bubur terjual habis. Ciri khas dari Bubur Ayam Palapa adalah rasa buburnya yang sangat terasa gurih, berbeda dari bubur lainnya yang ada di Jakarta. Bahan bubur juga terdiri dari 3 beras pilihan, yaitu beras kualitas terbaik, beras pera, dan beras ketan.

Lokasi Bubur Ayam Palapa: JL. Sirsak, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Warung Betawi H. Apen

Tempat makan murah di Jakarta Selatan berikutnya berada persis di dekat Kebun Binatang Ragunan. Bernama Warung Betawi H. Apen, spesialis menyajikan menu-menu masakan khas Betawi yang sudah mulai punah. Suasana warungnya yang sederhana juga membuat selera makan semakin bertambah.

Makanan yang bisa kamu cicipi di warung H. Apen, seperti gabus pucung, pecak ikan, semur jengkol, soto kambing, soto sapi, dan menu-menu lezat lainnya. Tidak perlu khawatir merogoh kocek terlalu dalam, harga makanan di tempat ini sangatlah terjangkau, mulai dari Rp20.000-an saja.

Lokasi Warung Betawi H. Apen: JL. Saco No. 12, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Bakmi Berdikari

Penggemar bakmi juga sudah pasti kenal dengan kedai Bakmi Berdikari yang berada di wilayah Tebet. Walaupun harganya terbilang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan bakmi lainnya, tetapi rasanya tidak bisa bohong. Porsinya juga cukup banyak dan pasti membuat kenyang.

Seporsi bakmi berisi mi, bakso, dan topping lainnya, seperti udang atau cumi. Rasa bakmi cenderung manis di akhir, tidak pedas, cocok untuk kamu yang tidak terlalu suka pedas. Selain menu bakmi, terdapat pula menu-menu lainnya yang kebanyakan merupakan chinese food.

Lokasi Bakmi Berdikari: JL. Tebet Timur Dalam Raya No. 39 & 41, Tebet, Jakarta Selatan.

Soto Ayam Ambengan Pak Sadi

Soto Ambengan Pak Sadi memang telah memiliki beberapa cabang. Salah satunya berada di daerah JL. Wolter Monginsidi. Soto ayam ambengan merupakan makanan khas dari Surabaya dan memiliki tekstur kuah yang berbeda dibandingkan dengan soto pada umumnya.

Kuahnya berwarna kuning pekat karena menggunakan kunyit sebagai salah satu rempahnya. Kedai soto Pak Sadi ini merupakan salah satu pelopor soto ambengan. Dulunya, sekitar tahun 70-an kedai soto pertama Pak Sadi berada di Jalan Ambengan Surabaya.

Lokasi Soto Ayam Ambengan Pak Sadi: JL. Wolter Monginsidi No.28, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Sate Ayam dan Kambing RSPP

Bagi kamu yang tinggal di kawasan dekat dengan Rumah Sakit Pusat Pertamina atau RSPP pasti sudah kenal dengan warung sate satu ini. Tempat makan murah di Jakarta Selatan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini selalu ramai oleh pengunjung.

Satu tusuk sate terdiri dari potongan daging ayam dan kulit yang disusun secara berselang-seling. Rasa daging juga lebih gurih dan juicy. Selain sate ayam, tersedia pula sate kambing di kedai ini. Karena tempatnya tidak terlalu luas, bila ingin makan di tempat usahakan datang lebih awal agar tidak terlalu lama mengantre.

Lokasi Sate Ayam dan Kambing RSPP : JL. Kyai Maja No.21, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Bagaimana? Mulai lapar, kan? Yuk, agendakan segera untuk wisata kuliner di berbagai tempat makan murah di Jakarta Selatan. Siapkan perut kosong ya, agar bisa menyantap semua rekomendasi kuliner di atas.

, , , , , , , , , , , , , , , , ,
error: Content is protected !!