cara agar pintar matematika

7 Cara Mudah Belajar Matematika, Gak Susah Kok!

7 Cara Mudah Belajar Matematika, Gak Susah Kok!

Mata pelajaran matematika sering banget jadi ketakutan tersendiri buat para pelajar. Kamu termasuk salah satunya enggak nih? Padahal, tanpa disadari kita selalu mempraktekkan hitung-hitungan matematika dasar di kehidupan sehari-hari loh, seperti menghitung kembalian uang sehabis belanja, menghitung kuota yang dibutuhkan kalau mau main game online, dan masih banyak lagi. Belajar matematika juga sangat melatih otak untuk berpikir logis, dan juga melatih ketelitian dan kecermatan kita.

Terus gimana sih, supaya bisa belajar matematika tapi gak pake beban? Nah kali ini Kita bakal kasih tahu beberapa cara mudah belajar matematika supaya bisa menambah motivasi kamu buat belajar matematika! Yuk simak artikelnya!

1. Ubah mindset bahwa matematika itu tidak rumit

Buang jauh-jauh pikiran kalau matematika itu sulit. Penting untuk mengubah mindset dan meyakinkan diri sendiri bahwa matematika itu tidak rumit dan bisa kamu pahami. Sugesti yang positif tentunya bisa bikin kamu lebih termotivasi untuk belajar matematika dan gak gampang menyerah kalau menemukan materi yang sulit. Ingat juga kalau matematika dibutuhkan buat hidup sehari-hari, sehingga kita juga butuh untuk belajar matematika.

2. Cari atau buat suasana belajar jadi menyenangkan

Lingkungan belajar yang nyaman pasti bisa meningkatkan konsentrasi kamu untuk belajar matematika. Kamu bisa cari suasana baru seperti belajar di coffee shop, perpustakaan, coworking space, atau bahkan alam terbuka. Jika tidak memungkinkan untuk pergi ke luar rumah, kamu bisa membuat kamar atau meja belajar kamu menjadi rapi dan senyaman mungkin supaya lebih semangat belajar.

3. Buat catatan rumus dengan rapi

Coba deh, buat catatan rumus dengan rapi dalam buku catatan favoritmu. Ada studi yang menyatakan kalau mencatat dapat melatih daya ingat, karena adanya proses mengolah materi yang diterima menjadi catatan dalam bahasa kita sendiri. Selain itu, proses belajar kamu pasti lebih efektif karena kamu gak perlu bolak-balik halaman buku materi hanya untuk cari satu baris rumus. Supaya lebih cantik dan enak dilihat, kamu bisa pakai penanda warna-warni atau highlighter, stiker atau gambar yang relevan, dan juga font-font menarik untuk penamaan judul di awal.

4. Pahami rumus, bukan hafal rumus

Banyak yang merasa kesulitan saat mengerjakan matematika karena yang dilakukan adalah menghafal rumus, bukan memahami rumus. Menghafal rumus hanya bisa bertahan dalam jangka pendek karena ada kemungkinan kamu tidak bisa mengingat rumusnya dalam waktu yang lama. Berusaha untuk memahami rumus akan melatih otak kamu untuk berpikir dan mengetahui bagaimana rumus diperoleh, sehingga kamu tetap mengerti dan bisa cari solusi kalau jenis soalnya dibolak-balik. Dengan memahami rumus, pasti kamu juga akan sekaligus hafal rumus dengan sendirinya.

Baca Juga : Perbedaan Arti Kata Efektif dan Efisien

5. Cari trik untuk mengerjakan soal

Biasanya matematika jadi mata pelajaran yang bikin malas karena proses hitung yang rumit dan panjang. Padahal, ada cara mudah belajar matematika dengan mengetahui banyak trik untuk menghitung cepat yang bisa kamu praktekkan supaya proses menghitungnya jadi lebih gampang. Trik seperti ini ada banyak jenisnya, seperti menghitung perkalian atau pembagian pakai tangan atau tabel, sampai menghitung permutasi. Kamu bisa cari tahu banyak trik menghitung cepat seperti ini dari guru matematika di sekolah atau lewat internet, ya!

6. Kerjakan latihan soal dengan teratur

Paham materi tidak cukup buat bikin kamu siap mengerjakan soal matematika. Kamu juga perlu berlatih mengerjakan contoh soal dengan teratur, dimulai dari soal yang paling mudah hingga yang kompleks. Mengerjakan soal berkali-kali bisa bikin kamu berlatih untuk memecahkan berbagai variasi soal untuk rumus tertentu. Kamu juga jadi bisa tahu seberapa jauh pemahaman kamu mengenai materi yang sedang dipelajari. Dengan sering berlatih dan menyelesaikan banyak soal, pastinya kamu juga jadi lebih siap untuk menghadapi ujian yang biasanya soalnya gak ketebak.

7. Jangan ragu tanya guru atau teman

Jika kamu dihadapkan dengan soal yang rumit, jangan dihadapi sendirian dan jadi stres sendiri, ya! Tanya ke guru atau diskusi dengan teman selalu bisa jadi solusi kalau ketemu soal yang bikin stuck. Siapa tahu, kamu bisa dapat masukan atau cara baru untuk memecahkan soal yang belum kamu ketahui sebelumnya.

Ingat, sebelum memulai tips ini, penting banget untuk memulai semua dengan niat. Beberapa cara mudah belajar matematika ini sudah bisa kamu lakukan mulai sekarang, loh! Siapa tahu dengan melakukan cara-cara ini, kamu bisa membangun rasa penasaran dan jadi suka sama pelajaran matematika!

error: Content is protected !!