Bangunan Arsitektur

Rumah Sederhana (Tipe 36, 45, 60) 2021

Conchupvcindonesia – Tipe rumah yang dipasarkan pada suatu perumahan di tahun 2021 pada umumnya masih diberi nama berdasarkan luas tanah dan bangunan rumah. Namun, ada pula beberapa pengembang perumahan yang memberi nama tipe rumah dengan nama-nama lain seperti dengan nama benda, nama bunga, nama planet, dan nama lain sesuai selera serta trik pemasaran dari pengembang tersebut.

Rumah tinggal sederhana adalah tempat tinggal berlantai satu yang dapat berfungsi sebagai tempat berlindung dan bernaung dari pengaruh keadaan alam di sekitarnya. Gambar rumah sederhana tidak mengandung unsur-unsur kemewahan, namun tetap tidak mengesampingkan keindahan atau estetika.

Terdapat tiga tipe rumah yang digolongkan ke dalam rumah sederhana, yaitu tipe 36, 45, dan 60. Berikut adalah penjelasan lebih lengkap mengenai tipe-tipe rumah tersebut.

Tipe 36

Rumah tipe 36 adalah rumah yang mempunyai luas bangunan 36 m2. Misalnya, contoh desain rumahdengan ukuran 6m x 6m = 36 m2. Rumah tipe 36 ini dapat dibangun di atas tanah seluas 60 m2 atau 72 m2. Jadi biasanya rumah tipe ini disebut dengan rumah tipe 36/60 atau 36/72. Tipe rumah 36 biasanya mempunyai 2 kamar tidur, 1 ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, dapur, dan 1 kamar mandi. Rumah tipe 36 cocok untuk Anda yang sudah memiliki anak, tetapi menginginkan rumah yang tidak terlalu besar. Di samping itu, rumah minimalis type 36 tampak depan biasanya menampilkan fasad simpel yang mudah untuk Anda modifikasi sesuai selera dan kebutuhan.

Baca juga : Model Desain Tampak Depan Rumah Minimalis 2 Lantai yang Mungil dan Modern 2021

Luas rumah tipe 36 yang terbatas membuat pemiliknya harus pintar-pintar menata ruang dan menambahkan beberapa ornamen agar ruangan tidak terlihat sempit. Hal ini dapat dimulai dari pemilihan barang-barang yang disimpan pada ruangan. Contohnya adalah pemilihan kursi. Pilihlah kursi yang tidak membuat ruangan menjadi sempit. Anda dapat meniru konsep rumah minimalis yang selalu mengutamakan efisiensi, baik dari desain ruangan hingga pemilihan furniturnya. Desain rumah minimalismenerapkan skema multifungsi, misalnya desain ruang keluarga yang bisa sekaligus menjadi ruang tamu, atau kamar tidur sekaligus ruang kerja. Demikian pula dengan furniturnya. Anda dapat memilih meja atau kursi yang menyediakan ruang untuk penyimpanan sehingga hemat tempat.

Tipe 45

Rumah tipe 45 adalah tipe rumah yang mempunyai luas bangunan 45 m2, contohnya ukuran rumah seperti 6 m x 7,5 m atau 8 m x 5,6 m. Rumah tipe 45 ini biasanya dibangun di atas tanah seluas 96 m2. Maka, rumah tipe ini sering juga disebut dengan rumah tipe 45/96. Ruangan yang biasanya tersedia pada rumah tipe ini antara lain 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, carport, dan teras rumah yang lumayan luas.

Ruangan yang tidak terlalu luas harus membuat kita pintar-pintar dalam menata ruang kamar tidur, mulai dari penempatan kasur, meja, lemari, dan barang lainnya. Bila perlu, Anda dapat berkonsultasi dengan jasa desain rumah yang akan mempermudah proses perencanaan ruang sesuai dengan bujet yang Anda miliki. Bahkan, halaman yang ada pada rumah tipe ini juga bisa dimanfaatkan sebaik mungkin dengan pemilihan dan rancangan taman yang tidak terlalu besar, tetapi tetap bisa menciptakan suasana asri pada rumah.

Tipe 60

Rumah tipe 60 biasanya mempunyai ukuran bangunan 6 m x 10 m. Rumah ini sudah cukup luas dengan 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, 1 ruang tamu, ruang keluarga, garasi mobil, dan teras rumah. Rumah tipe 60 sudah dapat dikatakan cukup lega, tetapi dengan harga yang masih terjangkau.

Rara

Recent Posts

15 Makanan yang Lagi Hits di Tahun 2022, Udah Nyobain?

Dunia kuliner mungkin sebuah bisnis menyenangkan yang cepat sekali update-nya. Sepertinya setiap bulan ada saja makanan…

3 minggu ago

7 Restoran All You Can Eat di Jakarta yang Wajib Dicoba

Kini, sudah ada banyak pilihan restoran all you can eat (AYCE) di Jakarta. Mulai dari jenis steak, Korean…

4 minggu ago

Mengenal Cloud Computing: Pengertian, Tipe, dan Fungsinya

Mengenal Cloud Computing: Pengertian, Tipe, dan Fungsinya Sederhananya, cloud computing (komputasi awan) adalah metode penyampaian berbagai layanan…

4 minggu ago

Cryptocurrency: Arti, Fungsi, Jenis-Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya

Cryptocurrency adalah sebuah istilah yang pasti sudah sering kamu dengar beberapa tahun belakangan. Namun, tahukah kamu…

4 minggu ago

NFT: Arti, Cara Kerja, Contoh Penerapan dan Alasan sebelum Membeli

Penasaran dengan apa itu NFT? Sejatinya, non-fungible token atau NFT, adalah jenis aset digital yang sedang membludak popularitasnya.…

4 minggu ago

Teknologi Ramah Lingkungan – Pengertian dan Contoh

Isu pemanasan global bukan sekali dua kali kita dengar. Pembahasan mengenai perubahan iklim tersebut membuat…

4 minggu ago