Perbedaan PCX ABS dan CBS Terlengkap

Perbedaan PCX ABS dan CBS Terlengkap

Apr 9, 2022 by Rara
Perbedaan PCX ABS dan CBS Terlengkap

Honda PCX pertama kali hadir di Indonesia di tahun 2017. Dengan beragam fitur, teknologi, dan desain terbaru membuat Honda PCX semakin diminati masyarakat. Bahkan untuk melengkapi permintaan pasar, Astra Honda Motor menghadirkan 2 varian PCX yaitu PCX ABS dan PCX CBS.

Kedua tipe motor matic Honda premium ini sama-sama dilengkapi dengan mesin berkapasitas 150cc dengan tipe mesin 4 langkah SOHC dengan suplai bahan bakar PGM-Fi. Selain itu kedua tipe yaitu PCX ABS dan PCX CBS pun memiliki tipe suspensi serupa yakni teleskopik dibagian depan dan twin di bagian belakang.

Namun, walaupun terlihat sama, kedua motor Honda PCX ini ternyata memiliki perbedaan lho. Selain dari harga, perbedaan PCX ABS dan CBS juga terlihat dari beberapa fitur yang masing-masing dimilikinya. Jika Anda belum mengetahuinya, simak perbedaan PCX ABS dan CBS berikut ini.

1. Sistem Pengereman

Honda menawarkan PCX dengan sistem pengereman CBS atau Combi Brake System dan PCX ABS atau Anti-Lock Braking System. Walaupun sama-sama digunakan sebagai sistem keselamatan, namun fungsi keduanya berbeda. Pada sistem CBS, bekerja dengan mendistribusikan tenaga ke dua komponen yaitu roda belakang dan tuas ungkit untuk menekan knocker. Lalu piston hidrolik bekerja dengan mengaktifkan rem cakram depan.

Sedangkan pada sistem rem ABS, pengereman akan lebih aman meskipun Anda menekan tuas rem mendadak. Hal ini karena sistem ABS lebih ke menggunakan sensor yang akan mendeteksi secara otomatis.

2. Ukuran Kampas Rem

Perbedaan PCX ABS dan CBS yang berikutnya adalah terletak pada bagian ukuran kampas ram yang digunakan. Dimana, kampas rem Honda PCX CBS memiliki ukuran jauh lebih besar dibandingkan kampas rem ABS.

Jika ingin mengganti kmapas rem maka yang harus diperhatikan adalah kode kampas rem masing-masing tipe. Yaitu kampas rem Honda PCX ABS adalah 06455-K84-901, Sedangkan kode kampas rem Honda PCX CBS adalah 06455-KRE-K01.

3. Stiker

Yang paling mudah untuk mengenali perbedaan PCX ABS dan CBS yaitu stiker kedua motor ini. Dimana jika diperhatikan lebih, stiker silver yang ada pada varian ABS terlihat lebih mewah dibandingkan dengan stiker milik varian CBS.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Motor Matic Terbaik untuk Pria dan Wanita

4. Moncong Knalpot

Kemudian perbedaan PCX ABS dan CBS yaitu terletak pada moncong knalpotnya, dimana versi ABS, Honda membuat moncong knalpotnya menggunakan bahan plastik dengan padua warna biru. Sedangkan pada varian CBS dibuat dengan menggunakan bahan yang sama yakni plastik namun memiliki paduan warna hitam yang lebih pekat.

5. Versi ABS Lebih Berat

Lalu perbedaan motor matik Honda PCX ABS dan CBS adalah bobotnya yang berbeda. Berat yang dimiliki PCX ABS adalah 132 kg sedangkan berat PCX CBS 131 kg. Dengan kata lain selisihnya hanya terpaut 1 kg saja.

6. Pijakan Kaki

Selain perbedaan diatas PCX ABS dan CBS juga punya perbedaan lain yaitu dari pijakan kaki. Bagian ini paling mudah kita bisa menemukan perbedaannya. Pada varian ABS dibuat dengan adanya dek air yang dibuat dari bahan stainless steel serta terdapat tulisan PCX.

Lalu bagaimana dengan pilihan warna? Kali ini, baik PCX ABS dan PCX CBS sama-sama memiliki warna yang sama. Terdapat ada 5 pilihan warna bisa dipilih, mulai dari Wonderful White, Glorious Mate Black, Royal Matte Blue, Magnificent Matte Brown, dan Majestic Matte Red.

Nah, sampai disini apa sudah jelas apa saja perbedaan dari PCX ABS dan CBS ini? Pembahasan diatas merupakan perbedaan yang dimiliki oleh masing-masing kedua motor ini. Jadi selain harganya yang berbeda, terdapat perbedaan lain yang bisa jadi pertimbangan Anda, apakah Anda lebih suka dengan PCX ABS atau CBS. Semua kembali ke kebutuhan berkendara Anda.

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
error: Content is protected !!