Pendaftaran dan Biaya Kuliah Universitas Katolik Widya Mandira Kupang

Pendaftaran dan Biaya Kuliah Universitas Katolik Widya Mandira Kupang

Mar 28, 2022 by Rara

Conchupvcindonesia – Memasuki masa penerimaan mahasiswa baru, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang (Unwira) menjadi salah satu Perguruan Tinggi Swasta Indonesia yang membuka kesempatan pendaftaran. Pastinya info ini menjadi kabar yang menyenangkan bagi peminatnya, terutama di kawasan Kupang.

Dengan menawarkan kemudahan, pendaftar dapat dengan mudah mengakses laman PMB Unwira untuk mendaftarkan diri. Prosesnya tentu menyimpan banyak waktu untuk persiapan kedepannya.

Tak kalah penting daripada itu, soal biaya juga patut kamu pahami untuk semakin meyakinkan diri mendaftar di universitas ini. Khusus bagi kamu yang tertarik, berikut ini adalah informasi lengkap seputar pendaftaran dan biaya kuliah. Catat baik-baik!

Pendaftaran Universitas Katolik Widya Mandira

Universitas Katolik Widya Mandira Kupang

Perguran Tinggi Swasta yang berhasil meraih akreditasi B ini, membuka 2 jalur pendaftaran. Keduanya adalah jalur PMDK dan dan jalur test.

Jalur PMDK

Seperti yang diketahui, PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan) merupakan seleksi masuk yang didasarkan pada prestasi akademik, maupun non-akademik. Dengan bukti nilai rapor SMA dan/atau sertifikat prestasi yang ditentukan oleh universitas, pendaftar bisa jadi mahasiswa tanpa harus tes.

Tentunya, seleksi ini sangat ketat, sehingga tidak semua orang mampu lolos dari jalur ini. Hanya pendaftar dengan prestasi yang menonjol yang berpeluang besar diterima melalui jalur ini.

Jika kamu cukup yakin mendafatar jalur PMDK, pastikan capaian prestasi menjaminmu lolos di seleksi ini.

Jalur Tes

Tidak cukup pede dengan nilai rapor dan prestasi bukan berarti kehilangan kesempatan. Seleksi Jalur Tes bisa menjadi opsi lain untuk mendaftar kuliah di Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

Pada seleksi ini, pastinya akan sangat membutuhkan kemampuan akademik yang telah kamu dapatkan dari jenjang SMA. Layaknya tes pada umumnya, hanya pendaftar yang memenuhi kualifikasi saja yang dapat diterima.

Kuncinya, pendaftar perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin agar posisinya tidak mudah tergeser oleh pendaftar lainnya. Akan jauh lebih baik lagi mengulang materi-materi SMA dan melatih diri dengan berbagai soal seleksi universitas.

Kunjungi juga : Profil Seputar Akademi Kesenian Melayu Riau

Syarat Pendaftaran

Selain mengetahui jalur apa saja yang tersedia, perhatikan juga apa saja syarat-syarat yang wajib dipenuhi. Setidaknya ada 5 hal, diantaranya :

  1. 2 lembar fotocopy Ijazah SMA/sederajatnya.
  2. 2 lembar fotocopy Akta Kelahiran.
  3. 2 lembar fotocopy KK dan KTP.
  4. 2 lembar fotocopy Paspor dan Kitas (Khusus pendaftar mahasiswa asing).
  5. Melunasi biaya pendaftaran sebesar Rp300.000 bagi program studi S1 dan Rp500.000 bagi program studi S2.

Pembayaran ditujukan ke nomor rekening Bank Mandiri yang detailnya dapat dilihat pada brosur website resmi universitas.

Setelah melakukan pembayaran, jangan lupa untuk simpan buktinya agar menjadi dokumen bahwa kamu telah resmi mendaftar. Persiapkan semua dokumen sebaik-baiknya supaya proses pendaftaran tidak terhambat.

Rincian Biaya Kuliah

Selain informasi pendaftaran, kamu juga perlu ketahui bagaimana biaya kuliah yang diterapkan universitas ini. Biaya antara prodi S1 dengan S2 tentu saja berbeda. Bukan hanya besarannya, detail komponen yang perlu dibayarkan pun juga berbeda.

Program Sarjana (S1)

Prodi S1 sendiri terdapat 4 komponen biaya di luar uang pendaftaran, mulai dari SPP hingga biaya SKS. Besarannya pun tergantung dari fakultas yang kamu pilih. Secara umum, fakultas non teknik memerlukan biaya yang lebih rendah dibandingkan fakultas teknik. Namun, untuk lebih jelasnya, besaran biaya per semesternya adalah seperti ini :

1. SPP

Fakultas Non Teknik : Rp1.936.000

Fakultas Teknik : Rp2.117.500

2. SDPP (Sumbangan Dana Pembangunan (SDPP)

Fakultas Non Teknik : Rp1.000.000

Fakultas Teknik : Rp1.000.000

Uang SDPP hanya perlu dibayarkan sepanjang 6 semester saja. Metode pembayaran dapat dilakukan secara penuh di semester satu atau cicilan setiap semester hingga semester 6.

3. BOP 

Fakultas Non Teknik : Rp1.200.000

Fakultas Teknik : Rp1.200.000

4. Biaya SKS (Dihitung Per SKS)

Fakultas Non Teknik : Rp50.000

Fakultas Teknik : Rp50.000

Program Magister (S2)

Tak berbeda dari prodi S1, program Magister sama-sama memiliki 4 komponen biaya dengan besaran yang tentunya lebih tinggi. Ketentuan metode pembayaran pun juga lain daripada prodi Sarjana.

  1. SPP : Rp7.500.000 per semester yang dibayarkan hingga semester 4.
  2. Tesis : Rp5.000.000 dibayarkan 1 kali.
  3. Biaya Manajemen : Rp1.000.000 per semester yang dihitung sejak semester 5.
  4. Matrikulasi : Rp1.500.000 dibayarkan hanya 1 kali.

Dari rincian biaya kuliah Universitas Katolik Widya Mandira Kupang tersebut mungkin masih cukup besar dilunasi per semesternya. Tapi bukan berarti soal biaya akan menghambat studimu.

, , , , ,
error: Content is protected !!