Kuliner Makanan

Resep Es Campur Segar

conchupvcindonesia.com, Jakarta Menyiapkan takjil buka puasa memang paling enak dengan minuman manis dan segar seperti es campur. Ada banyak isian yang khas dalam es campur sehingga membuatnya berbeda dari minuman lainnya meskipun tentu saja kamu bisa mengkreasikan sendiri isinya. Ini resep es campur yang bisa dicoba di rumah

Bahan:

  • 50 gram cincau hitam
  • 50 gram roti tawar
  • 50 gram alpukat
  • 50 gram nata de coco
  • 50 gram kolang-kaling
  • 50 gr setup nanas
  • 50 gr buah semangka
  • 50 ml kental manis putih
  • 100 ml air panas
  • 3 sdm gula pasir
  • sirup cocopandan secukupnya
  • es batu secukupnya
  • air dingin secukupnya

Cara membuat:

1.Potong dadu bahan-bahan yang bisa dipotong. Campurkan semua bahan ke dalam mangkuk.
2.Untuk membuat setup nanas, bisa cek resepnya di sini.
3.Larutkan gula ke dalam air panas, tuang ke dalam mangkuk isian.
4.Tuang cocopandan dan kental manis secukupnya. Masukkan es batu dan air secukupnya. Aduk rata.

Baca Juga : Kulit Lumpia Kering, Harga dan Resep Membuatnya

Es campur siap dinikmati sebgaia pelepas dahaga

Tempat makan murah di jakarta selatan

20 Tempat Makan Murah dan Enak di Jakarta Selatan

Berbicara mengenai tempat makan murah di Jakarta Selatan memang tidak ada habisnya. Hampir setiap waktu, muncul berbagai kuliner baru yang rasanya lezat dan harganya juga terjangkau.

Tempat makan murah di Jakarta Selatan banyak sekali pilihannya. Meskipun murah, tetapi tidak murahan. Rasa makanannya juga tidak kalah dengan restoran-restoran berbintang. Bagi kamu yang hobi berburu kuliner atau perlu rekomendasi kuliner baru, beberapa tempat makan murah di Jakarta Selatan ini patut kamu coba. Dijamin, pasti akan ketagihan. Yuk, disimak!

Pocut Dara

Penggemar kuliner khas Aceh mungkin sudah tahu rumah makan yang satu ini. Pocut Dara menyediakan beragam menu masakan khas Aceh. Menu familiar seperti mi Aceh, ayam tangkap, dan dendeng Aceh bisa ditemukan di sini.

Menu lain yang mungkin belum pernah kamu coba juga ada, seperti bandeng asam keueng, bebek masak kurma, nasi gurih, sampai kakap tumis, serta aneka pepes. Selain itu, menu-menu kudapan atau makanan ringan juga tersedia. Ada roti cane, roti jala, dan martabak Aceh.

Lokasi Pocut Dara : JL. Raya Pasar Minggu No. 30, Pancoran, Jakarta Selatan (Sebelah gedung Sucofindo)

Iga Bagus

Untuk kamu pencinta olahan iga sapi, tempat makan yang satu ini pastinya sangat pas. Iga Bagus memiliki menu jagoan berupa iga bakar dengan berat 1 kg. Rasanya? Sudah pasti lezat dan nikmat. Iga bakar dengan berat sekilo itu tentunya akan susah bila dihabiskan sendirian. Makanya, sebaiknya ajak teman, rekan kerja, atau keluarga untuk ikut menyantap sajian unik tersebut.

Tenang saja, Iga Bagus menyediakan beberapa paket hemat yang berisi menu komplet, termasuk iga bakar seberat 1 kg. Dengan memilih menu paket, pastinya kamu akan lebih berhemat karena iga bakar porsi jumbo disantap secara ramai-ramai. Selain iga bakar besar, Iga Bagus juga menyediakan menu-menu iga lain dengan ukuran reguler, kamu tidak perlu khawatir.

Lokasi Iga Bagus : JL. Tebet Timur Dalam II No. 12, Tebet, Jakarta Selatan.

Kerang Kiloan Cipete

Bagi penikmat hidangan laut, rumah makan Kerang Kiloan Cipete pastinya sudah sangat familier di telinga. Sesuai namanya, menu kerang di sini disajikan per kilo. Kamu bisa memesan mulai dari porsi setengah kilo atau kelipatan lainnya.

Kerang yang dijual juga hadir dalam aneka jenis, mulai dari kerang hijau, kerang dara, kerang bambu, dan kerang tahu. Setelah memilih jenis kerang dan beratnya, kamu juga harus memilih saus untuk memasang kerang. Tersedia saus karamel pedas, asam manis, saus padang, lada hitam, cajun, dan lemon.

Lokasi Kerang Kiloan Cipete : Warung Blekok, JL. Cipete Raya No. 13, Cipete, Jakarta Selatan.

Gulai Tikungan

Kuliner legendaris satu ini memang tidak pernah sepi pengunjung. Makanan berupa gulai sapi yang disajikan dengan nasi panas ini memiliki julukan gultik, akronim dari gulai tikungan. Porsinya memang tidak terlalu banyak, tetapi sangat pas untuk mengobati perut yang keroncongan di malam hari.

Penjual gulai tikungan bisa kamu temukan di sepanjang Jalan Mahakam di daerah Blok M. Selain seporsi gulai sapi, pembeli juga menikmati penganan lain, seperti aneka gorengan dan sate-satean. Untuk harganya? Tentu saja sangat terjangkau, kurang lebih satu porsi gulai dibanderol hanya Rp12.000-an saja.

Baca Juga : 4 Resep dan Cara Membuat Nasi Kuning Enak Praktis dan Super Gurih

Lokasi Gulai Tikungan : JL. Mahakam, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Sopo Ngiro Japanese Food

Siapa bilang kalau hidangan khas negeri matahari terbit selalu mahal? Buktinya, kamu masih bisa makan berbagai makanan khas Jepang dengan harga terjangkau di Sopo Ngiro Japanese Food. Di kedai makan kaki lima ini, aneka makanan Jepang disajikan secara sederhana dengan harga yang terjangkau pula.

Menu-menu seperti beef yakiniku, chicken teriyaki, dan, chicken katsu bisa kamu temukan di sini. Rasanya tidak kalah dengan makanan Jepang yang ada di restoran bintang lima. Harganya sendiri berkisar dari Rp20.000 hingga Rp50.000-an saja. Cukup murah, bukan?

Lokasi Sopo Ngiro Japanese Food : JL. Panglima Polim No.46, Pulo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Bakmi Bangka Priska

Bagi penggemar bakmi, bakmi Bangka tentu merupakan salah satu makanan wajib yang tidak boleh terlewatkan. Berbeda dengan bakmi atau mi ayam yang biasa ditemui di pulau Jawa, bakmi bangka mempunyai ciri khas, yaitu penyajiannya yang kering dengan kuah terpisah. Salah satu rekomendasi bakmi bangka lezat dan murah yang ada di Jakarta Selatan adalah Bakmi Bangka Priska.

Bakmi Bangka Priska memiliki tekstur mi yang kenyal dan lembut, mirip seperti mi di restoran-restoran ternama. Toping ayamnya juga 100% daging ayam asli dan cukup melimpah. Mi yang digunakan juga merupakan mi buatan sendiri alias homemade sehingga tidak menggunakan bahan pengawet sama sekali.

Lokasi Bakmi Bangka Priska : JL. H.Abdul Majid Raya, Cipete, Jakarta Selatan.

Sate Apjay

Anak-anak Jaksel pasti sudah tahu dengan tempat makan murah di Jakarta Selatan satu ini. Nama Apjay sendiri merupakan singkatan dari Apotek Jaya, tempat penanda penjual sate biasa mangkal. Sate Apjay sudah dikenal sejak tahun 70-an, tidak heran jika saat ini telah memiliki ratusan pelanggan yang terdiri dari beberapa generasi.

Uniknya dari Sate Apjay adalah hanya menggunakan daging ayam bagian dada saja. Ukurannya juga lebih besar dibandingkan dengan sate ayam pada umumnya. Walaupun memakai bagian dada, tetapi daging sate tidak kering sama sekali. Oh iya, saat ini banyak sekali yang memakai nama Sate Apjay, tetapi yang asli hanya berada di daerah Panglima Polim, Jaksel.

Lokasi Sate Apjay : JL. Panglima Polim No.22, Cipete Utara, Jakarta Selatan.

Coto Makassar Ampera Daeng Memang

Tidak hanya olahan seafood-nya saja yang ternama, Makassar juga memiliki beragam menu makanan berbasis daging. Salah satunya adalah coto Makassar, hidangan khas mirip soto yang kini juga bisa ditemukan di daerah Jakarta Selatan. Coto Makassar Ampera Daeng Memang menjadi favorit kebanyakan orang di daerah Jaksel.

Semangkuk coto Makassar berisi irisan daging sapi dan jeroan yang kemudian disiram dengan kuah kental panas dan diberi pelengkap daun bawang segar serta bawang goreng. Coto biasanya disantap dengan buras, makanan mirip lontong, terbuat dari beras yang dimasak dengan santan kemudian dibungkus dengan daun pisang.

Lokasi Coto Makassar Ampera Daeng Memang : JL. Ampera Raya No.17, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Sate Padang Ajo Ramon

Salah satu legenda kedai makan favorit di Jakarta Selatan, Sate Padang Ajo Ramon telah buka dari tahun 1980. Saking terkenalnya, kini Sate Padang Ajo Ramon telah memiliki beberapa cabang, dari mulai Kelapa Gading, Jakarta Utara, hingga di Bekasi. Sementara kedai pusatnya berada di daerah Pasar Santa, Jakarta Selatan.

Daging yang digunakan memang berserat, tetapi dengan tekstur yang kenyal. Bumbu rempahnya juga menambah kelezatan sate. Selain sate berbumbu, kamu juga akan mendapatkan kuah kental yang dapat disantap bersama dengan ketupat.

Lokasi Sate Padang Ajo Ramon (pusat) : Pasar Santa, JL. Cisanggiri, Petogogan, Jakarta Selatan.

Warung Pasta dan Locarasa

Kawasan Kemang, Jakarta Selatan memang terkenal sebagai daerah elit dan mahal. Namun, siapa sangka, kamu juga masih bisa menemukan tempat makan enak dan murah di kawasan ini. Tempat makan murah di Jakarta Selatan berikutnya adalah Warung Pasta dan Locarasa.

Warung Pasta dan Locarasa berada di dalam satu bangunan yang sama. Warung pasta menyajikan aneka pasta dan pizza dengan harga yang sangat bersahabat. Locarasa, yang berada di lantai bawahnya menjual gelato dengan macam-macam rasa nikmat. Ada pula camilan dan makanan asli Indonesia di sini.

Lokasi Warung Pasta dan Locarasa : JL. Kemang Raya No. 81, Kemang, Bangka, Jakarta Selatan.

Warung MJS

Warung MJS atau sebelumnya dikenal dengan nama Warung Mbah Jingkrak Setiabudi merupakan restoran di pusat kota yang menyediakan aneka menu masakan khas dari berbagai daerah di Indonesia. Selain menggugah selera, nama menu yang tersedia di Warung MJS ini juga cukup unik.

Warung MJS memiliki dekorasi ruangan yang menarik dan kekinian. Tersedia area indoor dan outdoor yang bisa dipilih sesuka hari oleh para pengunjung. Untuk yang sekadar melepas penat dan butuh stok foto baru, kamu bisa mulai memburunya di Warung MJS karena ada banyak spot instagramable di tempat tersebut.

Lokasi Warung MJS: JL. Setia Budi Tengah No.1, Setia Budi, Kuningan, Jakarta Selatan.

Seafood Santa 68

Satu lagi kedai makan seafood khas yang ada di Jakarta Selatan, yaitu Seafood Santa 68. Warung makan ini menjadi salah satu tempat favorit banyak orang di Jakarta Selatan. Setiap harinya, terdapat antrean panjang dan mengular di Seafood Santa 68. Agar tidak antre terlalu lama, sangat disarankan agar booking terlebih dahulu ataupun datang lebih awal.

Banyak pilihan menu hidangan laut yang tersedia di Seafood Santa 68. Bahan-bahan yang digunakan juga masih sangat segar. Untuk satu bahan makanan, bisa dimasak dengan berbagai macam bumbu yang tersedia sesuai dengan permintaan pembeli.

Lokasi Seafood Santa 68: JL. Wolter Monginsidi No. 58, Senopati, Jakarta Selatan.

Nasi Ulam Ibu Yoyo

Ingin mencicipi kuliner yang simpel dan sederhana dari Jakarta Selatan? Datang saja ke Nasi Ulam Ibu Yoyo, dijamin lidahmu akan bergoyang dan perut dapat terpuaskan maksimal. Kuliner yang cukup digemari oleh warga Jakarta Selatan dan sekitarnya, bahkan hingga dari luar kota, menyajikan menu berupa nasi rames dengan aneka lauk.

Menu yang biasa dipesan adalah nasi putih hangat dengan taburan serundeng dan taoge serta ditambahkan sayuran lain, berupa potongan timun dan daun kemangi. Nasi kemudian ditambahkan dengan lauk sesuai pilihan pembeli. Harga satu porsi nasi ulam berkisar antara Rp7.000 hingga Rp20.000 saja.

Lokasi Nasi Ulam Ibu Yoyo: JL. Karet Pedurenan, Gg. Dogol, Karet Kuningan, Jakarta Selatan.

NGK Babeh

Bila Jakarta Pusat punya Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih sebagai salah satu ikon kulinernya, maka Jakarta Selatan memiliki NGK Babeh. Warung makan yang sudah ada sejak tahun 1990 ini memiliki rasa nasi goreng yang cukup otentik. Hampir setiap orang yang mencicipinya merasakan rasa yang pas, tidak kurang ataupun lebih.

Daging kambing yang digunakan tidak berbau sama sekali, justru memiliki cita rasa rempah yang kuat. Namun sayangnya, porsinya tidak terlalu banyak. Walaupun demikian, masih tetap mengenyangkan. Kedai NGK Babeh juga memiliki area parkir yang cukup luas.

Lokasi NGK Babeh: JL. Pedurenan Mesjid Raya, Karet Kuningan, Jakarta Selatan.

Sate Taichan Bang Ocit 87

Sejak tahun 2016, muncul varian sate baru bernama sate taichan. Berbeda dari sate ayam biasanya yang berbumbu sambal kacang, sate taichan hanya berupa daging ayam yang dibakar tanpa diberikan bumbu apapun kemudian disantap dengan sambal cabai merah. Salah satu pelopor sate taichan yang ada di Jakarta Selatan adalah Sate Taichan Bang Ocit 87.

Untuk makan di sini kamu mesti sedikit sabar karena antreannya cukup panjang. Harga satu tusuk satenya sangat murah, hanya sekitar Rp3.000-an saja. Meskipun tampak sangat sederhana, ternyata rasa sate taichan tidak kalah dibandingkan dengan sate ayam biasa.

Lokasi Sate Taichan Bang Ocit 87: JL. Simprug Golf 2, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Bubur Ayam Palapa

Mendapat julukan sebagai bubur ayam paling enak sedunia fana dari komedian Abdel Achrian, ternyata Bubur Ayam Palapa telah tersohor sejak dahulu kala. Bubur ayam memang menjadi salah satu menu sarapan favorit orang Indonesia sehingga tidak heran bila Bubur Ayam Palapa juga mendapatkan banyak pelanggan.

Setiap harinya, tidak kurang dari 300 mangkuk bubur terjual habis. Ciri khas dari Bubur Ayam Palapa adalah rasa buburnya yang sangat terasa gurih, berbeda dari bubur lainnya yang ada di Jakarta. Bahan bubur juga terdiri dari 3 beras pilihan, yaitu beras kualitas terbaik, beras pera, dan beras ketan.

Lokasi Bubur Ayam Palapa: JL. Sirsak, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Warung Betawi H. Apen

Tempat makan murah di Jakarta Selatan berikutnya berada persis di dekat Kebun Binatang Ragunan. Bernama Warung Betawi H. Apen, spesialis menyajikan menu-menu masakan khas Betawi yang sudah mulai punah. Suasana warungnya yang sederhana juga membuat selera makan semakin bertambah.

Makanan yang bisa kamu cicipi di warung H. Apen, seperti gabus pucung, pecak ikan, semur jengkol, soto kambing, soto sapi, dan menu-menu lezat lainnya. Tidak perlu khawatir merogoh kocek terlalu dalam, harga makanan di tempat ini sangatlah terjangkau, mulai dari Rp20.000-an saja.

Lokasi Warung Betawi H. Apen: JL. Saco No. 12, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Bakmi Berdikari

Penggemar bakmi juga sudah pasti kenal dengan kedai Bakmi Berdikari yang berada di wilayah Tebet. Walaupun harganya terbilang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan bakmi lainnya, tetapi rasanya tidak bisa bohong. Porsinya juga cukup banyak dan pasti membuat kenyang.

Seporsi bakmi berisi mi, bakso, dan topping lainnya, seperti udang atau cumi. Rasa bakmi cenderung manis di akhir, tidak pedas, cocok untuk kamu yang tidak terlalu suka pedas. Selain menu bakmi, terdapat pula menu-menu lainnya yang kebanyakan merupakan chinese food.

Lokasi Bakmi Berdikari: JL. Tebet Timur Dalam Raya No. 39 & 41, Tebet, Jakarta Selatan.

Soto Ayam Ambengan Pak Sadi

Soto Ambengan Pak Sadi memang telah memiliki beberapa cabang. Salah satunya berada di daerah JL. Wolter Monginsidi. Soto ayam ambengan merupakan makanan khas dari Surabaya dan memiliki tekstur kuah yang berbeda dibandingkan dengan soto pada umumnya.

Kuahnya berwarna kuning pekat karena menggunakan kunyit sebagai salah satu rempahnya. Kedai soto Pak Sadi ini merupakan salah satu pelopor soto ambengan. Dulunya, sekitar tahun 70-an kedai soto pertama Pak Sadi berada di Jalan Ambengan Surabaya.

Lokasi Soto Ayam Ambengan Pak Sadi: JL. Wolter Monginsidi No.28, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Sate Ayam dan Kambing RSPP

Bagi kamu yang tinggal di kawasan dekat dengan Rumah Sakit Pusat Pertamina atau RSPP pasti sudah kenal dengan warung sate satu ini. Tempat makan murah di Jakarta Selatan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini selalu ramai oleh pengunjung.

Satu tusuk sate terdiri dari potongan daging ayam dan kulit yang disusun secara berselang-seling. Rasa daging juga lebih gurih dan juicy. Selain sate ayam, tersedia pula sate kambing di kedai ini. Karena tempatnya tidak terlalu luas, bila ingin makan di tempat usahakan datang lebih awal agar tidak terlalu lama mengantre.

Lokasi Sate Ayam dan Kambing RSPP : JL. Kyai Maja No.21, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Bagaimana? Mulai lapar, kan? Yuk, agendakan segera untuk wisata kuliner di berbagai tempat makan murah di Jakarta Selatan. Siapkan perut kosong ya, agar bisa menyantap semua rekomendasi kuliner di atas.

wisata kuliner jakarta

10 Tempat Wisata Kuliner Enak di Jakarta yang Paling Favorit

Hampir semuanya legendaris dan terkenal seantero jagad

Setidaknya ada 10 tempat wisata kuliner di Jakarta yang enak-enak dan harus kamu datangi, hampir semua tempatnya legendaris lho!

1. Mie Ayam Gondangdia

Kuliner Jakarta pertama yang harus kamu kunjungi adalah Mie Ayam Gondangdia. Gak cuma mie ayam, ada menu lainnya yang bisa kamu coba. Harganya kisaran Rp20 ribu hingga Rp50 ribu.

Walaupun bukan tempat kekinian, Mie Ayam Gondangdia selalu ramai pengunjung. Tempatnya berlokasi di daerah macet, lebih baik kamu berangkat lebih awal ya!

Alamat: Jalan Cikini IV Nomor 12A, Jakarta Pusat.

2. Soto Betawi H. Ma’ruf

Kalau sedang singgah ke Komplek Taman Ismail Marzuki, kamu bisa coba mampir ke Soto Betawi H. Ma’ruf. Tempatnya legendaris, kamu bisa mencicipi soto betawi lezat dengan harga sekitar Rp44 ribu.

Gak cuma soto, ada juga menu andalan lainnya, yakni laksa dan sate betawi. Bukanya pukul 09.00-23.00.

Alamat: Jalan Cikini Raya Nomor 73, Jakarta Pusat.

3. Bakmi Gang Kelinci

Pecinta mie wajib banget cobain Bakmi Gang Kelinci. Cabangnya banyak, total ada 11 cabang yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta. Menunya beragam, tapi yang paling favorit adalah bakmi spesial dengan harga Rp27 ribu. Buka selama pukul 07.00-21.00.

Alamat: Jalan Kelinci Raya Nomor 1-3, Jakarta Pusat.

Baca Juga : Resep Nasi Goreng Jawa Spesial ala Restoran

4. Bubur Kwang Tung

Surganya pecinta bubur nih, Bubur Kwng Tung memiliki banyak topping. Jadi favorit banyak orang, bubur ayam di sini dijual dengan harga Rp40 ribu.

Mungkin kamu berpikir harganya terlalu mahal untuk seporsi bubur. Tapi asal kamu tahu, porsinya besar dan isiannya benar-benar banyak. Gak cuma bubur, ada juga nasi goreng dan cah kailan. Gak usah khawatir kehabisan, bukanya 24 jam kok!

Alamat: Jalan Pecenongan Nomor 67, Jakarta Pusat.

5. Bebek Kaleyo

Sesuai namanya, menu andalan di sini bebek gorengnya. Bebek goreng utuh dibanderol dengan harga sekitar Rp50 ribu untuk empat orang. Gak cuma bebek goreng, ada juga olahan bebek lainnya yang gak kalah mantap.

Jam buka setiap cabang berbeda, tapi yang pasti Bebek Kaleyo tutup setiap Minggu. Jangan sampai salah ya!

Alamat: Jalan Cempaka Putih Raya 108, Jakarta Pusat. 

6. Roti Bakar Eddy

Kalau mau nongkrong asyik malam-malam, mampir saja ke Roti Bakar Eddy. Bukanya dari jam 06.30-02.30, kamu bisa nongkrong dengan memesan berbagai menu yang gak berat-berat banget.

Semua jenis camilan ada di sini, sampai makanan berat juga. Ada roti bakar, bubur ayam, nasi goreng, pisang bakar, dan sebagainya. Harganya pun terjangkau, mulai dari Rp12 ribuan.

Alamat: Jalan Raden Patah Nomor 11, Jakarta Selatan.

7. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Nasi Goreng Kebon Sirih ini termasuk kuliner legendaris juga. Cabangnya sih banyak, tapi yang paling ramai ada di cabang utamanya, Kebon Sirih, Menteng. Buka pukul 17.00-2.00, seporsinya dibanderol Rp27 ribu.

Alamat: Jalan Kebon Sirih Barat Dalam I Nomor 09, Kebon Sirih, Menteng. 

8. Restoran Trio

Tempatnya sih gak mewah atau kekinian, tapi Restoran Trio selalu ramai. Rasanya enak, tempat ini sudah berdiri dari tahun 1985 lho.

Spesialisasinya adalah chinese food, rata-rata harganya sekitar Rp50 ribu dengan porsi melimpah. Buka selama pukul 10.00-14.00, lalu istirahat dan buka lagi pada pukul 17.00-21.30.

Alamat: Jalan R.P. Soeroso Nomor 29A, Jakarta Pusat.

9. Nasi Uduk Gondangdia

Selalu ramai, siapa sih yang gak tergiur wanginya nasi uduk di tempat ini. Spesialnya lagi, nasi uduknya dibungkus dengan daun pisang dan dibentuk seperti tumpeng.

Lauk yang bisa kamu pilih beragam, ada ayam goreng, ampela ati, babat, paru, telur, tahu, tempe, pete, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Menu andalannya nasi uduk dagingnya. Harganya dibanderol dari Rp20 ribu, tergantung lauknya. Hati-hati nambah porsi!

Alamat: Jalan Cikini IV Nomor 12, Jakarta Pusat. 

10. Gado-gado Bon-Bin

Buka pukul 10.00-17.00, kamu bisa menikmati sarapan pagi atau makan siang di Gado-gado Bon-Bin. Bisa coba cobain asinan andalannya. Tempatnya sederhana dan tidak terlalu besar, antrean seringkali mengular ketika jam-jam “sibuk” makan.

Alamat: Jalan Cikini IV Nomor 5, Jakarta Pusat. 

Itulah beberapa wisata kuliner Jakarta yang enak dan paling favorit nih. Duh, semuanya bikin ngiler ya! Ada yang sudah pernah kamu cobain?

Kulit Lumpia Kering, Harga dan Resep Membuatnya

Conchupvcindonesia – Kulit lumpia dibedakan menjadi dua yaitu lumpia basah dan lumpia kering. Cara membedakannya yaitu jika lumpia kering dimasak dengan cara di goreng. Sedangkan lumpia basah di masak dengan cara dikukus atau direbus.

Kulit lumpia yang kering banyak digemari oleh para pecinta gorengan. Teksturnya yang renyah sangat cocok untuk segala macam isian seperti, telur, sayur, adonan danging, rebung, pisang dan lain-lainnya. Ini menjadikan makanan dengan kulit lumpia akan memberikan sensasi renyah diluar dan lembut didalam.

Cara Membuat Kulit Lumpia Renyah

Kulit Lumpia Kering

Makanan olahan kulit lumpia memang cukup popular. Jajanan ini disukai oleh banyak orang. Cara pembuatannya juga mudah. Dari beberapa resep, ini yang paling direkomendasikan untuk pemula dan bisa dicoba di rumah. Cara membuat kulit lumpia yang renyah anti gagal sebagai berikut:

1. Siapkan Dulu Alat dan Bahan-Bahannya.

Untuk membuat lumpia renyah, harus menggunakan bahan-bahan yang sesuai takaran. Bahan-bahan yang digunakan yaitu:

250 gram tepung terigu.1 butir telur, yang digunakan hanya putih telurnya saja.Sedikit garam. Bisa ditambahkan sesuai selera.Sedikit gula. Bisa ditambahkan sesuai selera.250-300 cc air atau sekitar satu gelas.

Sedangkan alat yang digunakan untuk membuat kulit lumpia yaitu:

Kuas kue.Wadah adonan.Sendok/alat untuk mengaduk.Alat penyaring.Teflon anti lengket. Untuk ukuran ideal kulit gunakan Teflon yang mempunyai diameter 17-18 cm.

Baca juga : 5 Resep Es Buah Segar Menu Buka Puasa

2. Langkah Pembuatan Kulit Lumpia

Dalam pembuatan kulit lumpia, langkah-langkah ini harus yang dilakukan agar mendapatkan kulit lumpia yang anti gagal. Untuk langkah pembuatan kulit lumpia, yaitu:

Masukkan tepung terigu, putih telur, garam dan gula ke dalam wadah adonan. Aduk sampai rata.Masukkan air sambil tetap diaduk-aduk pelan-pelan. Usahakan adonan tidak terlalu kental dan encer.Saring adonan dengan penyaring. Tujuanannya agar adonan yang digunakan untuk kulit lumpia menjadi halus.Siapkan kuas dan wajan Teflon anti lengket.Panaskan wajan tanpa minyak dengan api kecil.Oleskan adonan ketika sudah panas dengan kuas sampai menutupi permukaan teflon.Tunggu sampai kulitnay terkelupas.Angkat kemudian taburi dengan tepung terigu.Lakukan sampai semua adonan habis. Tumpuk lumpia diatas kulit lumpia yang sudah ditaburi tepung teligu.Kulit lumpia siap untuk digunakan untuk pembungkus makanan misalnya, martabak, pisang coklat, dan lain sebagainya.

Kulit lumpia adalah salah satu yang kerap digunakan untuk membuat berbagai camilan. Kegunaan kulit lumpia adalah menambah cita rasa dan efisien untuk membuat makanan. Selain itu, kulit lumpia merupakan bahan makanan yang mudah didapatkan dan murah.

Apa itu kulit lumpia?

Kulit lumpia adalah olahan berbahan baku tepung yang dioalh sedemikan rupa hingga berbentuk kulit yang berfungsi untuk membungkus. Biasa digunakan untuk mengolah makanan dan cemilan, tekstur nan lembuat membuat aneka jenis masakan menjadi semakin nikmat.

Bisa digunakan untuk membuat aneka cemilan basah atau goreng, ini semua tergantung selera. Untuk kamu yang tidak suka goreng-gorengan, bisa mengolah kulit lumpia menjadi cemilan yang dikukus atau rebus.

Berikut ini olah kulit lumpia berdasarkan cara pengolahannya dan resep yang akan di update bertahap:

Kulit lumpia dengan cara di goreng:

  • 1. Kulit lumpia mi goreng
  • 2. Lumpia pisang cokelat keju
  • 3. Lumpia semarang
  • 4. Lumpia isi kakap kacang hijau
  • 5. Lumpia isian sayur
  • 6. Samosa
  • 7. Kulit lumpia isi rebung
  • 8. Kulit lumpia timus
  • 9. Chiken curry spring roll
  • 10. Lumpia choipa
  • 11. Lumpia isi ayam
  • 12. Lumpia isi daging sapi
  • 13. Lumpia isi daging sapi dan sayur
  • 14. Lumpia isi daging kambing
  • 15. Lumpia isi smoke beef
  • 16. Lumpia isi telur
  • 17. Lumpia isi udang
  • 18. Lumpia isi tahu udang
  • 19. Lumpia isi bangkuang
  • 20. Lumpia tape keju
  • 21. Lumpia telur tahu
  • 22. Lumpia kentang tahu
  • 23. Lumpia tempe tahu
  • 24. Lumpia tempe
  • 25. Lumpia cumi
  • 26. Lumpia udang kulit tahu

5 Resep Es Buah Segar Menu Buka Puasa

Conchupvcindonesia – Dibulan puasa ini, resep es buah segar merupakan salah satu resep minuman yang paling banyak diburu. Disaat seharian menahan rasa haus dan lapar, minum es buah segar ketika waktu berbuka akan sangat menyegarkan serta menghilangkan dahaga yang kita rasakan. Rasa manis dan segarnya buah akan semakin membuat ketagihan.

Namun, bulan puasa tahun ini akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana kita dipaksa untuk lebih banyak berdiam di rumah. Namun, jangan khawatir, apabila Anda terbiasa es buah segar di luaran, kali ini Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Resep Es buah segar ini cukup mudah dibuat dan Anda bisa berkreasi dengan berbagai macam buah, yang tentunya bagus juga untuk kesehatan.

Umumnya, es buah ini menggunakan beberapa buah yang dipotong-potong, Namun Anda bisa juga menambahkan beberapa bahan pelengkap lainnya sepeti nata de coco, rumput laut ataupun cincau. Tentunya hal ini akan semakin menambah cita rasa segar dan menyehatkan.

Penasaran ingin tahu cara membuat es buah sederhana yang enak dan segar ini. Simak resep es buah segar berikut ini.

Resep Es Buah Segar

Resep Es Buah Segar

Menikmati es buah dikala berbuka puasa akan terasa sangat menyegarkan.

Bahan Buah:

  • 2 potong Semangka.
  • 2 potong Melon.
  • 2 buah strawberry

Catatan: Buah boleh diganti sesuai selera, boleh juga ditambahkan cincau, agar-agar atau yang lainnya.

Bahan Air Es:

  • 2 Gelas Air Mineral (500ml).
  • 5 Sdm Susu Kental Manis.
  • 5 Sdm Sirup Cocopandan.
  • Secukupnya Es Batu.

Cara Membuat Es Buah:

  1. Potong semua bahan buah sesuai selera. Boleh dipotong agak kecil ataupun agak besar. Sisihkan.
  2. Siapkan wadah, masukan semua bahan Air Es, kecuali es batu. Aduk sampai rata menggunakan sendok, hingga warnanya berubah merah jambu, lalu sisihkan.
  3. Siapkan gelas, lalu masukkan potongan buah secukupnya. Tambahkan bahan air es secukupnya, lalu tambahkan es batu.
  4. Es buah segar siap disajikan.

Cukup mudahkan resep es buah segar ini, kini Anda tidak perlu lagi membeli diluaran, apalagi saat ini kita dituntut untuk selalu tinggal di rumah.

Selain resep es buah segar di atas, Anda masih bisa berkreasi dengan berbagai macam buah dan bahan lainnya. Simak resep dan cara membuat es buah berikut ini.

Resep Sop Buah Segar

Bahan:

  • 1 buah Mangga
  • 2 potong Semangka
  • 5 buah Anggur
  • 2 potong Melon
  • Nutrijel Anggur
  • Secukupnya Santan
  • Secukupnya Gula, Garam & Susu Kental Manis (SKM)
  • Daun Pandan
  • Syrup

Catatan: Untuk buah ini sesuai selera, anda bisa mengganti dengan buah lainnya, dengan tambahan rumput laut, nata decoco atau cincau.

Cara Membuat Sop Buah:

  1. Masak santan, gula, garam dan daun pandan dalam panci, aduk terus sampai mendidih agar santan tidak pecah. Sisihkan.
  2. Potong buah-buahan, lalu campur dengan bahan santan, tambahkan juga Susu kental manis dan syrup, aduk sampai merata.
  3. Simpan didalam Lemari es, tunggu sampai dingin, baru disajikan.

Resep Es Alpukat Mutiara

5 Resep Es Buah Segar Menu Buka Puasa

Bahan:

  • 50 gr sagu mutiara, rebus hingga matang
  • 1 bh alpukat ukuran besar, potong2
  • 5 sdm fibercreme
  • 3 sdm gula pasir (sesuai selera)
  • 300 ml air hangat
  • es batu secukupnya

Cara Membuat Es Alpukat Mutiara:

  1. Rebus sagu mutiara hingga matang. Lalu potong-potong alpukat sesuai selera.
  2. Larutkan fibercreme, gula dan air dalam satu wadah, aduk sampai rata.
  3. Masukkan sagu mutiara yang telah direbus tadi dan potongan alpukat ke dalam larutan fibercreme tadi. Lalu tambahkan es batu.
  4. Es Alpukat Mutiara siap dinikmati.

Resep Es Buah Segar Serbat Mangga

Bahan :

  • 1 buah mangga
  • 4 sdm gula pasir
  • Secukupnya Selasih, rendam
  • 200 ml air matang
  • Secukupnya Es batu

Cara Membuat Es Serbat Mangga:

  1. Larutkan 4 sdm gula pasir bersama dengan 150 ml air dengan cara dimasak hingga gula larut.
  2. Potong mangga sesuai selera, sisihkan dalam wadah.
  3. Tambahkan selasi diatas mangga, lalu tambahkan juga gula pasir yang telah dilarutkan tadi.
  4. Terakhir tambahkan es batu secukupnya. Es serbat mangga siap disajikan.

Catatan: Apabila tidak mau report, larutan gula bisa diganti dengan syrup.

Resep Es Campur

Resep es buah segar ini campuran antara kelapa muda, alpukat dan nangka. Anda bisa menambahkan atau mengganti buah tersebut sesuai dengan buah yang tersedia di rumah Anda.

Bahan:

  • 150 gr kelapa muda, keruk lebar
  • 25 gr sagu mutiara merah, rebus
  • 1 buah alpukat, keruk lebar
  • 5 buah nangka, potong-potong
  • 200 gram susu kental manis putih
  • 2.000 gram es serut

Bahan Sirup:

  • 450 gr gula pasir
  • 350 ml santan, dari 1 butir kelapa
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/8 sendok teh pewarna merah muda
  • 2 lembar daun pandan, diikat

Cara Membuat Es Campur:

  1. Rebus semua bahan sirup dengan api kecil sampai mendidih.
  2. Masukkan sirup kedalam es serut sedikit demi sedikit. Aduk rata dan bekukan didalam freezer.
  3. Siapkan tempat untuk menata kelapa muda, sagu mutiara, alpukat dan nangka. Lalu tuang susu kental manis dalam wadah.
  4. Sajikan es campur ke dalam gelas, lalu sajikan saat masih dingin.

Demikian beberapa resep es buah segar yang bisa kami sajikan, semoga informasi ini bisa berguna untuk Anda. Terima kasih. Selamat Memasak.

Resep Nasi Tumpeng Mini

Conchupvcindonesia – Ingin tahu resep nasi tumpeng mini sederhana? Kini nasi tumpeng bukan hanya disajikan di dalam tampah besar dengan segala lauk-pauknya dan dinikmati prasmanan untuk beramai-ramai. Tetap terlihat istimewa dan semakin menggiurkan, nasi tumpeng versi mini jadi punya kesan lebih personal dengan dibuat per porsi. Biasanya tumpeng mini nasi kuning disajikan dalam kotak atau wadah mika bulat sehingga terlihat menggemaskan.

Gunakan beras pulen sebagai bahan utama tumpeng mini nasi kuning agar nasi lebih mudah dicetak dan tetap kokoh saat dikeluarkan dari dalam cetakan. Selain menggunakan beras pulen, ada juga variasi nasi tumpeng berbahan perpaduan beras putih dan beras ketan yang membuatnya mudah dicetak dan tidak hancur saat dikeluarkan dari cetakan. Biasanya resep ini digunakan untuk tumpeng dalam tampah besar. Inilah langkah awal cara membuat nasi kuning yang enak dan pulen!

Cara membuat tumpeng nasi kuning mini

Resep Nasi Tumpeng Mini

Untuk membuat bentuk tumpeng mini, gunakan cetakan berbentuk kerucut berbahan aluminium yang bisa kamu dapat di pasar tradisional. Tumpeng mini ini bisa kamu buat untuk 1-2 orang sesuai kebutuhan kamu. Untuk tumpeng mini ini, lauk ayam goreng dan orek tempe jadi rekomendasi lauk yang cocok untuk menemani nasi kuning. Versi ayam goreng dengan lemak lebih sedikit bisa kamu hadirkan dengan mengupas kulitnya sebelum dimasak.

Selain itu, kamu juga bisa menyajikannya bersama urap sayuran, sambal udang, dan sambal goreng ati sapi sebagai menu pendukung agar nasi tumpeng mini lebih seru. Yuk, pelajari cara membuat nasi kuning yang enak dan gurih ini untuk berbagai perayaan!

Nasi kuning

  • 500g beras putih, cuci bersih
  • 2lembar daun salam
  • 1batang serai
  • 1sdt kunyit bubuk
  • 1sdt Royco Kaldu Ayam
  • 1sdm air jeruk nipis
  • 350ml air
  • 250ml susu rendah lemak
  • 150ml santan kental

Ayam goreng

  • 1ekor (800 g) ayam, potong 12 bagian
  • 2lembar daun salam
  • 1batang serai, memarkan
  • 500ml air
  • 2sdt Royco Kaldu Ayam

Baca juga : Resep Nasi Goreng Jawa Spesial ala Restoran

Bumbu ungkep, haluskan

  • 10siung bawang putih
  • 3butir kemiri, sangrai
  • 3cm lengkuas
  • 2cm kunyit
  • 2sdt ketumbar
  • 1cm jahe
  • 1sdt merica putih bubuk
  • sdt jintan bubuk

Kering tempe

  • 200g tempe, potong dadu kecil, goreng kering
  • 6butir bawang merah, iris tipis
  • 4siung bawang putih
  • 3buah cabai merah, potong serong
  • 2sdt asam jawa, larutkan dengan 2 sdm air panas
  • 2sdm minyak, untuk menumis
  • 1sdm gula merah
  • 2sdm Bango Kecap Manis
  • ½sdt garam

Pelengkap

  • perkedel
  • telur dadar
  • tomat
  • daun kemangi
  • mentimun

Cara membuat

Nasi kuning: Masukkan beras ke dalam rice cooker. Kemudian masukkan daun salam, serai, kunyit, air jeruknipis, susu rendah lemak, santan, air, dan Royco Kaldu Ayam, aduk. Masak dalam rice cooker hingga matang.

Ayam goreng: Panaskan minyak, tumis bumbu ungkep, daun salam, dan serai hingga harum. Tambahkan Royco Kaldu Ayam. Masukkan potongan ayam, masak hingga berubah warna.

Masukkan air, dan masak kembali dengan api sedang hingga ayam matang dan air menyusut ¾ bagian. Angkat.

Panaskan minyak, goreng daging ayam hingga garing dan kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

Kering tempe: Panaskan minyak, tumis bawang merah hingga harum. Masukkan bawang putih dan cabai merah, aduk. Masukkan gula merah dan air asam jawa, aduk rata. Masukkan tempe, aduk rata. Kecilkan api.

Masukkan tempe, aduk rata. Kecilkan api. Tambahkan Bango Kecap Manis dan garam, aduk rata. Angkat. Sisihkan.

Cetak nasi kuning menggunakan cetakan tumpeng mini. Letakkan di bagian tengah piring saji. Lengkapi dengan kering tempe, ayam goreng, dan pelengkap lainnya.

Ternyata tidak sesulit itu kan membuat nasi tumpeng untuk ukuran yang lebih kecil. Dengan begini, kamu tetap bisa menyiapkan tumpeng untuk sehari-hari ataupun saat perayaan seperti Hari Kemerdekaan Indonesia. Selamat memasak!

Resep Nasi Goreng Jawa Spesial ala Restoran

Conchupvcindonesia – Salah satu pilihan kuliner yang terjangkau dan mudah ditemukan di mana-mana, entah itu keliling atau warung kaki lima adalah nasi goreng jawa.

Apabila kita tidak sengaja lewat melalui pedagang tersebut, akan tercium aroma tumisan bumbu yang khas dan menggugah selera.

Terlebih bagi kamu yang sudah pernah mencicipinya. Pasti bikin ketagihan bukan?

Nah, misal tengah malam, hujan, perut lapar, yang tersisa hanyalah nasi putih tanpa lauk matang, apa yang bisa dilakukan?

Resep Nasi Goreng Jawa Spesial ala Restoran

Kalau mau keluar untuk cari makanan pasti mager banget dong. Maka dari itu, kamu bisa mencoba resep nasi goreng jawa satu ini.

Bisa dibilang untuk bahan dan bumbu yang dibutuhkan biasanya sudah tersedia di dapur setiap rumah. Proses penyajiannya pun tak memerlukan waktu yang lama.

Bagi kamu yang penasaran, langsung saja simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Bahan dan Bumbu

  • 450 gram nasi putih setara sepiring
  • ½ potong dada ayam
  • 1 butir telur ayam
  • 1 ikat sawi
  • ½ potong timun
  • ½ potong tomat
  • Kerupuk udang
  • Bawang goreng
  • Garam secukupnya
  • Kaldu jamur secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Kecap manis secukupnya

Bumbu Halus

  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 3 buah cabe merah
  • ¼ sdt terasi

Baca juga : 4 Resep dan Cara Membuat Nasi Kuning Enak Praktis dan Super Gurih

Cara Membuat

  • Rebus daging ayam hingga terlihat empuk, namun jangan sampai terlalu kering. Lalu goreng sebentar, kemudian suwir-suwir. Sisihkan.
  • Haluskan bumbu halus dengan ulekan atau blender yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, cabe merah dan terasi.
  • Panaskan minyak di atas wajan atau teflon, lalu tumis bumbu halus hingga tercium aroma harum.
  • Susul dengan memasukkan telur yang sudah dikocok sebelumnya. Aduk bersama bumbu.
  • Masukkan sayur sawi lalu tambahkan nasi putih yang sudah didinginkan. Aduk-aduk hingga nasi berubah warna.
  • Tambahkan garam, kaldu jamur, merica bubuk lalu aduk-aduk lagi.
  • Tambahkan kecap manis secukupnya atau sesuai selera. Aduk-aduk nasi bersama semua bumbu hingga benar-benar tercampur rata.
  • Koreksi rasa, apabila ada yang perlu ditambahkan.
  • Selesai. Nasi goreng jawa siap disajikan bersama suwiran ayam, irisan tomat, mentimun, kerupuk udang dan bawang goreng.

Tips Memasak

  • Penggunaan kecap merupakan ciri khas dari menu ini. Namun, apabila kamu tidak terlalu suka, boleh dilewati.
  • Pastikan nasi sudah dingin sebelum dimasak dan usahakan yang bertekstur pera.
  • Lauk pendamping bisa ditambahkan atau dikurangi sesuai kebutuhan. Terpenting tidak mengubah bumbu dasarnya.
  • Sesuaikan takaran bahan dan bumbu apabila ingin memasak dengan porsi yang lebih besar.

4 Resep dan Cara Membuat Nasi Kuning Enak Praktis dan Super Gurih

Conchupvcindonesia – Dahulu mungkin cara membuat nasi kuning cukup ribet, inilah salah satu alasan kenapa banyak orang malas membuatnya sendiri nasi kuning di rumah. Namun saat ini sudah tidak lagi, salah satunya adalah penggunaan rice cooker untuk membuat nasi kuning. Sehingga membuat nasi kuningpun bisa jadi lebih cepat dan praktis.

Nasi kuning merupakan salah satu makanan yang khas di Indonesia. Sesuai dengan namanya, nasi kuning ini merupakan nasi yang mempunyai warna kuning yang berasal dari pewarna alami yakni kunyit. Selain itu, rasanya juga gurih dan memiliki aroma harum, inilah yang sedikit membedakan dari nasi biasanya.

Nasi kuning seringkali disajikan untuk acara-acara spesial dengan berbagai macam lauk pauk sebagai pelengkapnya. Penyajian nasi kuning cukup beragam, yang paling umum adalah membentuknya dengan bentuk cone atau yang biasa disebut tumpeng.

Nah, cara membuat nasi kuning ini sebenarnya tidak terlalu sulit, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dan bebas untuk berkreasi dalam membentuk nasi kuningnya serta lauk pauk apa saja yang dikehendaki untuk dijadikan pelengkapnya. Simak saja resep dan cara membuat nasi kuning berikut ini.

Resep Nasi Kuning Rice Cooker

4 Resep dan Cara Membuat Nasi Kuning

Bahan dan Bumbu Nasi Kuning

Bahan:

  • 2 cup beras
  • 4 cup air santan (banyaknya seperti masak nasi biasa, sesuaikan beras masing”)
  • 1 batang serai, geprek
  • 2 lembar daun jeruk
  • 3 lembar daun salam
  • Secukupnya garam

Bumbu halus:

  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt kunyit bubuk
  • 1 cm jahe
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 1/2 sdt jinten bubuk

Pelengkap:

  • Ayam goreng
  • Kering tempe
  • Telur dadari iris
  • Sambal Bajak

Cara Membuat Nasi Kuning:

  1. Cuci beras hingga bersih, lalu tiriskan dan sisihkan.
  2. Panaskan sedikit minyak, lalu tumis bumbu halus bersama dengan serai, daun jeruk, dan daun salam hingga harum dan matang.
  3. Masukkan santan dan garam, masak hingga mendidih. Koreksi rasa.
  4. Masukkan beras kedalam rice cooker, lalu masukkan tumisan bumbu dan santan, aduk hingga rata. Masak beras pada rice cooker hingga matang.
  5. Setelah matang, aduk-aduk nasi lalu tutup kembali rice cooker dan diamkan kira-kira 15 menit.
  6. Sajikan nasi kuning beserta bahan lauk pelengkap.

Bagaimana, cukup mudah dan praktiskan cara membuat nasi kuning menggunakan rice cooker ini. Sekarang Anda bisa membuatnya sendiri di rumah, tanpa harus membelinya diluaran, dan Anda juga bisa bebas berkreasi dengan lauk pelengkapnya, seperti sambal goreng kentang ati atau sambal bajak.

Klik juga : 10 Alat Penting di Dapur Masakan Barat

Resep Nasi Kuning Sederhana

Bahan dan Bumbu Nasi Kuning

Bahan:

  • 1,5 kg beras, cuci bersih
  • 1600 ml santan dari 1 1/2 butir kelapa
  • 5 batang serai, geprak
  • 10 lembar daun salam, semat jadi satu
  • 6 cm lengkuas, geprak
  • 12 cm kunyit (pilih yg tua/warnanya oranye)
  • 15 siung bawang merah, haluskan
  • 1,5 sdm garam
  • Secukupnya air bila perlu

Cara Membuat Nasi Kuning:

  1. Blender kunyit beserta santan, lalu saring.
  2. Rebus santan beserta lengkuas, serai, daun salam, garam dan bawang merah halus. Masak menggunakan api sedang hingga mendidih kurang lebih 5 menit.
  3. Masukkan beras, masih dengan api sedang, masak hingga nasi aron. Bila masih terlalu perah, tambahkan sedikit air.
  4. Pindahkan nasi kedalam kukusan, kukus hingga matang. Keluarkan dari kukusan.
  5. Sajikan nasi kuning beserta lauk sesuai selera.

Untuk 15 porsi.

Resep Nasi Kuning Nusantara

Bahan dan Bumbu Nasi Kuning

Bahan:

  • 1 kg beras

Bumbu campur rata:

  • 250 ml santan instan
  • 800 ml air
  • 5 butir bawang merah, haluskan
  • 3 batang sereh, geprak
  • 3 ruas kunyit, haluskan
  • 1 sdt munjung lengkuas bubuk
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun pandan
  • Secukupnya Garam sesuai selera

Pelengkap:

  • Plecing Ayam Suwir
  • Perkedel
  • Pindang telur
  • Kering tempe
  • Mie goreng
  • Sambal
  • Abon
  • Timun

Cara Membuat Nasi Kuning:

  1. Rendam beras kurang lebih 3-4 jam, lalu tiriskan dan setelah itu kukus hingga setengah matang, angkat dan letakkan di wadah.
  2. Campur nasi yang telah dikukus setengah matang tadi bersama bumbu, aduk hingga rata lalu kukus lagi hingga matang.
  3. Jika sudah matang, angkat dan sajikan dengan lauk pelengkap.

Resep Nasi Kuning Rempah

4 Resep dan Cara Membuat Nasi Kuning

Bahan dan Bumbu Nasi Kuning

Bahan:

  • 500 gr beras
  • 100 gr beras ketan (rendam air 1 jam)

Bumbu:

  • 4 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 sdm bubuk kunyit
  • 3 batang sereh geprek
  • 1 ruas jari laos geprek
  • 2 ruas jari kayu manis
  • 5 buah bunga lawang ( spt bintang)
  • 5 butir cengkeh kering
  • 5 butir kapulaga
  • 3 lembar daun pandan
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 300 ml santan kental
  • 200 ml air
  • 2 sdm garam (sesuaikan selera)
  • 1 sdt gula (saya kasih gula nasi jd makin gurih )
  • 1 sdt air jeruk nipis

Cara Membuat Nasi Kuning Rempah:

  1. Cuci bersih beras dan beras ketan, lalu kukus kurang lebih 20 menit. Angkat dan sisihkan.
  2. Panaskan 2 sdm minyak, tumis bawang putih hingga harum, lalu tambahkan semua bumbu rempah dan daun pandan, daun jeruk dan daun salam beserta santan dan air. Aduk-aduk hingga mendidih, lalu matikan api.
  3. Masukkan beras yang sudah dikukus tadi, aduk lagi dan biarkan meresap. Kemudian kukus lagi hingga matang.
  4. Angkat dan sajikan, serta taburi dengan bawang goreng dan lauk sesuai selera.

10 Alat Penting di Dapur Masakan Barat

Berikut ini 10 alat yang tidak boleh ketinggalan di dapur masakan Barat.

1. Pisau

Alat paling berharga dalam pekerjaan chef. Seperangkat pisau bagus yang dapat menentukan kualitas hidangan Anda. Pisau yang berbeda memiliki fungsi yang berbeda pula di dapur, Anda tentu tidak ingin terlihat menggunakan pisau ukir untuk memotong daging. Anda tidak hanya akan membuang waktu berharga, Anda juga dapat terluka.

2. Panci dan Wajan

10 Alat Penting di Dapur Masakan Barat

Anda memerlukan seperangkat panci dan wajan yang bagus untuk melakukan kegiatan memasak mulai dari menumis dan merebus hingga membuat saus. Wajan umumnya terbuat dari bahan stainless steel dan berguna untuk menumis daging, ikan, dan sayuran. Panci memiliki dasar yang lebih dalam dan berguna untuk membuat sup, kaldu, dan saus.

3. Talenan

Sediakan satu talenan untuk setiap bahan makanan yang berbeda guna mencegah kontaminasi rasa. Jangan gunakan talenan yang telah digunakan untuk mencacah bawang putih dan bawang merah untuk mengiris daging mentah. Selain tidak higienis, hal ini juga mengubah rasa hidangan.

4. Spatula, Sendok, Jepitan

Alat ini tidak terlalu penting namun jika digunakan akan menghemat waktu berharga saat layanan ramai. Dibuat untuk mengangkat mie, membalik daging, atau mencicipi saus, tidak perlu dipertanyakan lagi pentingnya peralatan dapur sehari-hari ini.

5. Timbangan

Mulai dari menimbang daging dan saus hingga bumbu, timbangan adalah perlengkapan terbaik chef ketika harus menakar. Ingat, Anda tentu tidak ingin memberi lebih atau kurang dari yang dibutuhkan.

6. Alat Pengupas

Alat pengupas membantu melepaskan kulit luar sayuran dan buah seperti wortel, kentang, dan anggur. Meski Anda dapat menggunakan pisau ukir untuk melakukannya, alat pengupas tetap merupakan alat yang lebih cepat dan lebih efisien untuk membersihkan bahan makanan Anda.

7. Panci Pemanggang

Baik untuk memanggang roti maupun pastri, setiap dapur harus memiliki panci atau tatakan pemanggang.

8. Mangkuk Adonan

Mangkuk adonan terbuat dari berbagai jenis material, tetapi jenis stainless steel adalah yang paling banyak dijumpai di berbagai dapur komersial. Mangkuk ini cukup dalam untuk menaruh bahan makanan tanpa perlu khawatir tumpah.

9. Blender

Blender berguna untuk membantu mencampur atau mengemulsi makanan dan bahan lainnya. Dengan blender, Anda dapat membuat sup kental atau melumatkan bahan padat menjadi cair.

10. Lemari Pendingin / Freezer

Lemari pendingin atau freezer adalah salah satu perlengkapan dasar di dapur profesional, yang membantu mempertahankan kesegaran bahan makanan dalam waktu lama.

error: Content is protected !!