Hak dan Kewajiban Siswa di Sekolah, Yuk Disimak!

Hak dan Kewajiban Siswa di Sekolah, Yuk Disimak!

Mar 30, 2022 by Rara
Hak dan Kewajiban Siswa di Sekolah, Yuk Disimak!

Hak dan kewajiban merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan sampai kapan pun, seperti halnya hukum sebab dan akibat.Sayangnya, masih banyak orang yang salah kaprah mengenai pengertian dari hak dan kewajiban itu sendiri.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hak adalah kekuasaan untuk berbuat sesuatu (karena telah ditentukan oleh undang-undang, aturan, dan sebagainya). Contohnya, setiap anak yang telah berusia 18 tahun ke atas mempunyai hak untuk memilih dan dipilih dalam pemilihan umum (Pemilu).

Sedangkan, kewajiban adalah sesuatu yang diwajibkan atau harus dilaksanakan (keharusan). Kewajiban juga harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab untuk mendapatkan hak. Contohnya, tugas penelitian sudah menjadi kewajiban bagi setiap calon sarjana.

Dari pengertian di atas, bisa kita lihat bahwa keduanya memliki arti yang berbeda namun memiliki kaitan yang sangat erat. Apabila kewajiban sudah dilakukan, maka ada hak yang harus didapatkan.

Seperti apa bentuk hak dan kewajibanya? Ini tentunya berbeda-beda, tergantung dari tempat dan peran yang sedang dilakukan, seperti yang sudah dicontohkan sebelumnya di penjelasan bagian awal.

Hak dan kewajiban siswa di sekolah

Entah itu siswa SD, SMP, SMA atau mahasiswa, keempatnya tentu memiliki hak dan kewajiban yang hampir serupa di lingkungan sekolah atau kampus.

Hal itu dikarenakan mereka berada di lingkungan yang sama yaitu tempat menimba ilmu dan sedang menjalankan peran yang sama, yaitu sebagai siswa atau pelajar. Lalu, seperti apa sih hak dan kewajiban siswa di sekolah?

Kewajiban siswa di sekolah

Mungkin selama ini kamu hanya mengetahui bahwa kewajiban seorang siswa di sekolah hanya terbatas pada belajar. Padahal di luar itu, masih ada sejumlah kewajiban lainnya yang harus dilakukan, lho.

1. Ikut menjaga kebersihan dan keamanan sekolah

Meskipun pastinya ada petugas kebersihan yang akan membantu membersihkan lingkungan sekolah serta petugas keamanan yang menjaga keamanan lingkungan sekitar sekolah, namun setiap siswa pun memiliki tanggung jawab untuk turut serta membantu kebersihan dan keamanan lingkungan sekolah.

Setiap siswa berkewajiban untuk memelihara halaman sekolah, memelihara gedung dengan tidak mencoret-coret tembok, pagar, meja, kursi dan lain sebagainya. Umumnya, guru atau ketua kelas juga akan membuat jadwal piket siswa agar lebih terstruktur.

Hal ini sebenarnya bertujuan untuk menjaga kegiatan belajar mengajar agar tetap efektif dan nyaman serta menumbuhkan rasa tanggung jawab para siswa terhadap lingkungan sekitar.

2. Wajib mengikuti proses belajar

Sudah bukan rahasia lagi kalau salah satu kewajiban siswa di sekolah yaitu mengikuti proses belajar mengajar di kelas. Apalagi, mengikuti proses pembelajaran menjadi syarat untuk kenaikan kelas dan kelulusan.

Karena merupakan kewajiban, maka jika siswa berhalangan untuk hadir dan tidak bisa mengikuti proses pembelajaran, biasanya diwajibkan untuk membuat surat keterangan sakit atau izin.

Meskipun begitu, tetapi umumnya akan ada peraturan batas maksimum ketidakhadiran siswa agar tetap bisa naik kelas.

3. Membantu kelancaran proses belajar mengajar di kelas

Dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah, sebenarnya bukan hanya guru yang berkewajiban untuk menciptakan kelancaran proses belajar mengajar. Pasalnya, siswa juga diwajibkan untuk melakukan hal serupa agar dapat menciptakan suasana belajar yang kondusif.

Dalam kondisi ini,tanggung jawab siswa seperti misalnya memperhatikan penjelasan guru dengan baik dan tidak berisik atau mengobrol dengan teman ketika guru sedang menjelaskan.

4. Menjaga nama baik sekolah

Poin ini sebenarnya menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh siswa. Namun sayangnya yang terjadi sekarang ini, justru banyak siswa yang tanpa disadari malah mencoreng nama sekolah lewat perilakunya di luar lingkungan sekolah atau mungkin media sosial.

Padahal demi mewujudkan hal ini, Setiap siswa wajib untuk menjaga nama baik sekolah dengan tidak melakukan hal-hal buruk seperti mengikuti tawuran antar sesama pelajar, keluyuran di luar lingkungan sekolah dengan menggunakan seragam sekolah pada saat jam belajar dan lain sebagainya.

5. Memakai pakaian yang sesuai dengan aturan sekolah

Mayoritas sekolah umumnya memiliki standar peraturan sendiri terkait cara berpakaian siswa. Peraturan inilah yang harus dipatuhi siswa sebagai salah satu bentuk kewajibannya di lingkungan sekolah.

Selain itu, siswa juga wajib mengenakan pakaian sekolah yang sopan (tidak terlalu ketat bagi siswa perempuan) dan mengenakan seragam sesuai hari.

Hak siswa di sekolah

Dengan telah melaksanakan kewajiban kamu sebagai siswa di sekolah, maka kamu juga berhak untuk mendapatkan hak-hak yang semestinya sesuai aturan yang mungkin berlaku di sekolah.

Hak-hak siswa di sekolah sendiri ada beberapa hal, di mana di antaranya meliputi sebagai berikut.

1. Mendapatkan materi pelajaran

Kita semua tahu bahwa sekolah merupakan tempat belajar dan menimba ilmu. Oleh karena itu, salah satu hak kamu sebagai siswa di sekolah adalah mendapatkan materi pelajaran dari guru.

Dalam kondisi ini, guru diwajibkan untuk memberikan materi dan menjelaskannya kepada siswa dengan sejelas-jelasnya. Sehingga, guru tidak hanya mengandalkan materi di buku untuk kemudian dipelajari sendiri oleh siswa.

Tidak hanya itu saja, kamu juga berhak menanyakan keberadaan guru kepada petugas yang menjaga absen jika suatu saat ada guru yang tidak hadir padahal seharusnya memiliki jadwal mengajar di kelas.

Baca Juga: Kenal Lebih Dekat dengan Jurusan Jurnalistik, Yuk!

2. Menggunakan fasilitas yang disediakan sekolah

Sejumlah sekolah biasanya akan menyediakan fasilitas pendukung belajar siswa seperti misalnya ruang laboratorium, ruang komputer, perpustakaan dan lain sebagainya demi meningkatkan efektivitas kegiatan belajar mengajar.

Dalam hal ini, setiap siswa berhak untuk menggunakan fasilitas-fasilitas tersebut secara bebas asalkan tetap bertanggung jawab untuk menjaga keutuhan dan fungsinya.

Meskipun begitu, ada pula beberapa fasilitas sekolah yang penggunaannya mengharuskan untuk siswa meminta izin terlebih dahulu.

3. Bertanya dan berpendapat

Selain mengajarkan materi-materi pembelajaran, para guru juga umumnya akan melatih soft skill siswa seperti misalnya berpikir kritis dan berani mengajukan pendapat maupun bertanya.

Oleh karena itu, jangan takut untuk menanyakan suatu hal yang tidak kamu pahami atau memberikan pendapat pada suatu pernyataan yang kamu anggap kurang sesuai.

Contohnya, kamu bisa bertanya kepada guru mengenai materi yang tidak dipahami. Kamu juga bisa mengemukakan pendapat jika menilai bahwa sistem belajar yang diterapkan oleh guru kurang memuaskan.

Meskipun diberikan kebebasan untuk bertanya dan berpendapat, tetapi kamu pun harus ingat bahwa ada sopan santun yang harus diterapkan.

4. Mendapatkan perlakuan yang adil

Meskipun datang dari latar belakang keluarga yang mungkin berbeda, namun ketika berada di lingkungan sekolah setiap siswa adalah sama. Oleh karena itu, kamu pun berhak untuk diperlakukan dengan adil oleh guru atau staff sekolah lainnya tanpa adanya diskriminasi.

Nah, itu dia sejumlah hak dan kewajiban siswa di sekolah yang perlu kamu ketahui demi terciptanya proses belajar yang efektif.

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
error: Content is protected !!