Desain Pagar Rumah Minimalis Sederhana Namun Menawan 2022

Conchupvcindonesia – Pagar rumah minimalis bukan berarti sangat sederhana, tidak bervariasi, dan modelnya itu-itu saja. Memang bentuknya tidak akan sekompleks pagar rumah klasik. Namun, sebenarnya, istilah minimalis berarti pemanfaatan optimal untuk memaksimalkan fungsinya. Tidak ada batasan bentuk, tidak juga batasan material.

Demikian pula, konsep pagar rumah minimalis 2022 masih mengusung konsep desain pagar yang simpel dan efisien. Yang penting, setiap elemen harus berfungsi dengan sebaik-baiknya.

Artikel ini memberikan contoh pagar minimalis modern dan pintu pagar minimalis yang bisa dijadikan referensi untuk memilih pagar minimalis modern yang cocok untuk Anda atau memunculkan ide-ide kreatif lainnya. Yuk, temukan pagar minimalis favorit Anda di bawah ini.

Dominasi Garis Pagar Minimalis Modern

Desain Pagar Rumah Minimalis Sederhana Namun Menawan 2022

Kesederhanaan garis sebagai elemen dasar suatu bentuk ternyata memberikan sentuhan minimalis yang sederhana, namun elegan untuk pagar rumah.

Tidak hanya berfungsi sebagai pengaman, pagar minimalis juga mempertegas fasade rumah. Dominasi garis menjadi satu kesatuan dengan fasade rumah, mempertegas, dan menyeimbangkannya.

Aksen untuk Tampilan Eksterior Rumah

Pagar rumah dapat dijadikan aksen untuk tampilan eksterior rumah minimalis yang memang konsep dasarnya adalah memanfaatkan bentuk-bentuk geometri yang lebih sederhana namun menawan. Rumah minimalis modern dengan atap yang cenderung datar dan mendominasi garis horizontal akan seimbang dengan pagar rumah dengan dominasi garis vertikal.

Selain itu, pagar bisa menjadi aksen di tengah-tengah dominasi kepolosan dinding, dan memposisikan fungsi pagar sebagai akses masuk utama.

Pagar Minimalis yang Menyatu dengan Seluruh Bangunan

Tidak hanya menjadi aksen pada posisi tertentu saja, tetapi pagar minimalis modern dapat menjadi keseluruhan fasade bangunan. Pagar minimalis ini menjadi multifungsi sebagai akses masuk utama, sebagai pengaman, sekaligus mempertegas langgam minimalis pada keseluruhan bangunan.

Ini berarti, sejak awal perencanaan, konsep dan langgam minimalis sudah sangat jelas sehingga arsitek mengikutsertakan konsep minimalis modern dalam keseluruhan bangunan.

Pemanfaatan Warna Alami 

Warna pagar minimalis umumnya mengaplikasikan warna-warna alami, seperti: putih, abu-abu beton, hitam, dan cokelat, untuk memperkuat kesan minimalis yang ‘simple’ dan menyatu dengan alam.

Pilihan warna hitam dan cokelat ditujukan untuk memberi kesan kuat dan menjadi ‘pondasi’ yang memperkokoh bangunan. Sedangkan, warna putih dan abu-abu beton biasa digunakan untuk mengesankan bangunan yang ‘ringan’.

Tinggi Pagar Minimalis

Tinggi pagar minimalis tentu saja harus disesuaikan dengan aturan pemerintah setempat, fungsi, dan keindahan arsitektural. Komposisi luas bidang pagar harus seimbang dengan bidang eksterior bangunan.

Klik juga : Rumah Sederhana (Tipe 36, 45, 60) 2021

Material Pagar Minimalis

Sebenarnya tidak ada batasan bahan yang harus dipakai dalam desain pagar minimalis. Namun, pada umumnya besi, tembok beton cetak, tembok acian, dan pagar kayu sering dipadukan untuk menampilkan kesan minimalis.

Untuk menambah kesan alami, tembok pagar minimalis bisa dipadukan dengan tanaman yang minimalis, seperti bambu jepang, bambu kuning, dan Golden Moneywort.

Bagian tikungan pagar minimalis modern pada rumah hoek sebaiknya menggunakan material dan desain yang peduli lingkungan. Kaca buram dan polycarbonate, yang memiliki efek ‘translucent’ yang tembus cahaya namun tidak transparan, akan memudahkan pandangan kendaraan yang akan berbelok. Selain itu, bahan ini mudah dipadukan dengan berbagai bahan lainnya.

Perpaduan berbagai gaya arsitektur

Gaya arsitektur yang semakin hari semakin beragam, semakin membuka kreativitas para arsitek untuk memperkaya desain arsitektural. Begitu juga pada desain pagar rumah minimalis modern. Gaya minimalis yang terkesan lebih modern, ternyata bisa dipadukan dengan gaya rustik yang terkesan lebih kuno.

Bahkan, contoh pagar rumah minimalis murah dengan material simpel tetap tampak menawan apabila serasi dengan bangunan rumah. Pagar tembok dari batu alam dan pintu pagar minimalis dari papan kayu, keduanya bisa berpadu apik karena sama-sama menekankan kesederhanaan dan kealamian.

Pagar Minimalis Modern dari Beton Precast

Beton precast memiliki keunikan lubang-lubang cetakan yang membekas di permukaan dan justru membentuk motif minimalis yang menawan. Beton precast memiliki keunggulan lebih mudah dan cepat dibangun karena tinggal dipasang di lapangan.

Pagar Besi Minimalis Modern Warna Hitam

Besi cor menjadi material yang cukup umum digunakan sebagai pagar minimalis modern karena memiliki sifat yang dapat di-custom dengan mudah sehingga bisa membentuk pola-pola apa pun yang diinginkan. Susunan garis-garis horizontal yang tersusun dalam beberapa kolom ini menjadikan pintu pagar besi minimalis rumah ini memiliki kekhasan yang cantik.

Pagar Minimalis Serba Putih

Pagar besi juga dapat dengan mudah diwarnai sesuai selera. Serba putih menjadi warna yang cukup disukai dalam desain minimalis modern. Dengan sebagian pagar dijadikan grid dengan beberapa pot tanaman, pagar besi minimalis ini berhasil mencuri perhatian

Pagar Minimalis Expanded Metal

Material baja juga bisa digunakan untuk pagar minimalis modern. Sifatnya yang kokoh, tahan karat, dan tahan banting membuatnya digemari orang. Namun, material baja akan sangat berat dan memiliki harga yang sangat mahal bila dijadikan pagar solid. Expanded metal adalah baja yang digores-gores dengan mesin lalu ditarik sehingga goresannya membentuk lubang-lubang yang konsisten. Hasilnya adalah pagar baja yang transparan seperti ini. Cantik bukan?

Pagar Minimalis Modern dengan Permainan Lighting Keren

Pencahayaan kerap kali menjadi cara cepat untuk menambah estetika bangunan. Tidak terkecuali pada pagar. Desain pagar minimalis modern dengan strip lighting yang satu ini pastinya menjadi kelihatan lebih mewah pada sore sampai malam hari.

Sentuhan Batu Alam

Memilih batu alam merupakan ide cerdas untuk memasukkan kesan alami yang lebih adem pada pagar minimalis modern. Kombinasi pecahan batu kali dengan motif berwarna hitam ini menambah kegagahan desain pagar minimalis di atas.

Pagar Minimalis dengan Lime Stone Bali

Selain warna hitam, pagar batu minimalis juga bisa berwarna terang. Salah satu contohnya adalah rumah dengan pilihan batu kapur Bali ini. Produk material dari kekayaan asli khas Indonesia ini pun langsung dapat menciptakan nuansa resort untuk hunian Anda. Nilai jual rumah Anda pun dijamin langsung meningkat.

Desain Pagar Minimalis Serba Hitam

Serba hitam memang menjadi warna yang banyak digemari orang karena kesannya yang keren, kokoh, dan berwibawa. Kombinasi batu kali dan pagar besi ini seolah menjadi “pondasi” rumah yang menyokong box kantilever lantai dua yang terlihat melayang.

Pagar Minimalis dengan Gabion

Gabion adalah batu kali yang diikat oleh pagar kawat baja. Desain pagar gabion dengan potongan miring dan berpadu dengan expanded metal memberikan hasil terbaik dengan keunikan tersendiri pada desain pagar minimalis modern ini.

Pagar Minimalis Batu Bata Merah

Desain pagar minimalis modern yang satu ini menggabungkan bata merah dengan pagar besi vertikal bercat putih. Warnanya yang kontras berpadu serasi memberikan kekhasan tersendiri pada rumah ini.

Pagar Besi Minimalis dengan Permainan Opacity

MIV Architects memainkan kombinasi expanded metal hanya pada beberapa bagian pagar secara acak dari pagar besi ini. Hal itu memberikan permainan kepekatan/opacity pada pagar rumah yang estetik.

Itulah beberapa rekomendasi pagar minimalis terkini yang sedang ngetrend pada tahun 2022.

Pastinya artikel ini bisa menjadi referensi untuk semakin mengenal desain pagar minimalis modern yang Anda cari dan memunculkan berbagai ide kreatif lainnya untuk membuat model pagar minimalis terbaru.

Teruslah berimajinasi, berkreasi, dan berkarya!

, , , , , , , , , , , ,
error: Content is protected !!