Cara Menggambar Rumah yang Simpel dan Mudah!

Cara Menggambar Rumah yang Simpel dan Mudah!

Mar 18, 2022 by Rara

Conchupvcindonesia – Menggambar memang bisa menjadi salah satu cara untuk menuangkan kreatifitas, baik pada anak kecil maupun orang dewasa. Tidak heran bila sejak kecil, kita pasti mendapatkan pelajaran menggambar, mulai dari cara menggambar pohon, pemandangan alam, dan rumah.

Salah satu gambar yang paling sering dibuat adalah rumah. Namun, kadang kita masih suka bingung untuk memulai gambar rumah dari mana.

Nah, sebelum masuk ke langkah-langkah menggambar rumah dengan mudah, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal berikut ini.

Bahan-Bahan Untuk Menggambar Rumah

Cara Menggambar Rumah yang Simpel dan Mudah!

  • Buku atau kertas gambar

Gunakan buku gambar untuk menyimpan semua hasil ilustrasi yang telah Anda buat. Anda bisa menggunakan notebook dengan kertas kosong, seperti satu ini.

  • Pensil

Sebaiknya, Anda menggunakan pensil agar memudahkan menghapus garis-garis yang salah. Pensil ini juga cocok untuk menebalkan sketsa gambar yang Anda buat.

  • Penghapus

Pastikan Anda memiliki penghapus. Jadinya, bila Anda salah menggambar, Anda bisa menghilangkan bagian tersebut dengan mudah.

  • Penggaris

Agar gambar rumah yang Anda buat lebih rapi, pastikan menggunakan penggaris. Jadinya, Anda bisa menghasilkan garis yang lurus.

Anda bisa menggunakan penggaris satu ini dari bahan plastik dan trasnparan. Jadinya, Anda lebih mudah melihat gambar yang ada di bawah penggaris.

Nah, setelah mempersiapkan bahan-bahan di atas, maka Anda sudah siap untuk menggambar rumah. Yuk, simak langkah demi langkah menggambar rumah di bawah ini!

Langkah 1: Menggambar Atap Rumah

Agar lebih mudah, Anda bisa terlebih dahulu menggambarkan atap rumah. Gambar atap dengan bentuk trapesium dan menambahkan dua garis berbentuk siku, yang bertemu di tengah-tengah garis atap rumah.

Langkah 2: Menambahkan garis pada atap

Agar lebih tampak seperti atap rumah, tambahkan garis yang sama pada bagian bawah atap, seperti gambar di atas. Cara ini berfungsi untuk menebalkan bagian atap rumah supaya semakin berbentuk.

Langkah 3: Menggambar Tembok Rumah

Dari bagian atap, berikutnya kita bisa menggambar tembok. Anda bisa membuat bentuk persegi tepat di bawah atap rumah, seperti gambar di atas.

Baca juga : Ciri Kucing Cacingan, Obati Sebelum Terlambat!

Langkah 4: Gambar Bagian Tengah Rumah

Setelah itu, tambahkan dua garis vertikal pada bagian tengah rumah. Bagian ini menunjukkan letak pintu untuk rumah. Anda bisa menggambarnya tepat di bawah dua garis siku, seperti gambar ilustrasi di atas.

Langkah 5: Gambar Garis di Tengah Tembok Rumah

Setelah menggambar bagian tengah rumah, tambahkan dua garis horizontal yang memisahkan tengah-tengah tembok bagian kiri dan kanan rumah. Anda bisa membuat garis seperti gambar di atas.

Langkah 6: Menggambar Tangga Rumah

Selanjutnya, gambar dua persegi panjang dalam posisi horizontal di bagian tengah rumah untuk membentuk tangga. Anda bisa meletakkan tangga tepat di depan area pintu rumah.

Langkah 7: Menggambar Pintu Rumah

Selanjutnya, gambar persegi panjang di atas tangga yang tadi telah Anda buat. Persegi panjang ini bisa menjadi pintu rumah.

Anda juga bisa menambahkan kotak di dalam pintu tersebut untuk membentuk jendela agar membuat sketsar rumah jadi lebih menarik.

Langkah 8: Menggambar Jendela

Gambar rumah tentu tidak lengkap jika tanpa adanya jendela. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menambah gambar sketsa jendela di setiap bagian tembok rumah.

Itulah langkah-langkah menggambar rumah yang simpel dan mudah. Anda juga bisa menambahkan hiasan pada tembok rumah.

Untuk membuat gambar semakin menawan, Anda bisa mewarnai rumah sesuai dengan kreatifitas dan imajinasi Anda.

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
error: Content is protected !!