Cara Membuka, Reset dan Unlock Password Smartphone Android yang Terkunci

Cara Membuka, Reset dan Unlock Password Smartphone Android yang Terkunci

Feb 26, 2022 by Rara

Conchupvcindonesia – Handphone Android Anda terkunci dan Anda lupa password-nya? Bagaimana cara membuka/unlock HP Android yang memiliki password? Terdengar sepele, namun jika tentang “lupa” tentu tidak ada obatnya. Jika hal ini pernah terjadi pada Anda atau orang terdekat di sekitar Anda, Anda bisa mencoba cara reset password smartphone Android.

Sebagai gambaran, umumnya para pengguna device android menerapkan pattern atau pola tertentu yang memang mereka suka sebagai kata kunci atau password agar mudah diingat. Meski begitu, terkadang ada kejadian tidak terduga seperti kawan yang iseng mengubah pola atau ada kebetulan kekasih yang tidak suka karena selalui main rahasia-rahasiaan. Jadi, seperti apa cara membuka hp android yang terkunci akun google?

Berbagai Cara untuk Mereset Password pada Perangkat Android

Cara Membuka, Reset dan Unlock Password Smartphone Android yang Terkunci

1. Manfaatkan Fitur Forgot Password

Cara ini ampuh jika seseorang pernah memasukkan kata sandi namun salah berulang kali sehingga membuat Android terkunci. Dengan cara ini, smartphone wajib terhubung ke internet. Langkah-langkah membuka/me-reset-nya adalah sebagai berikut:

  • Tekan atau Tap “Forgot Password” atau “Lupa Kata Sandi”.
  • Isikan Username (email GMail yang sebelumnya digunakan untuk Google Play Store) beserta password email tersebut.
  • Tekan atau Tap “sign in” atau “masuk”.

Jika email dan password benar, Android Anda akan terbuka. Namun, jika Anda lupa password akun GMail Anda, silakan masuk terlebih dahulu ke google.com/accounts/recovery untuk mereset kata sandi akun Google Anda.

2. Buka Password dengan Cara “Ditelpon”

Terkunci ketika tidak memiliki koneksi internet? Mudah saja, lakukan langkah-langkah berikut ini untuk meng-unlock ponsel Android Anda:

  • Pinjam telepon selular mirik anggota keluarga atau teman untuk melakukan panggilan telepon ke ponsel Android yang terkunci.
  • Angkat panggilan telepon tersebut. Selagi panggilan berlangsung, tekan tombol “Home” kemudian buka “Pengaturan” atau “Setting”.
  • Aktifkan menu data agar mobile data atau internet dapat diakses untuk bisa melakukan langkah nomor 1 di atas.

3. Kembalikan Ke Pengaturan Awal (Reset Factory) dengan Android Recovery

INGAT! Ini adalah cara paling akhir yang bisa ditempuh. Usahakan cara No.1 dan No.2 di atas terlebih dahulu. Dengan cara ketiga ini, semua data akan hilang. Jadi sangat dianjurkan Anda memiliki backup/cadangan di komputer atau Google Drive. Lazimnya, cara ini menggunakan fitur yang disebut Android recovery. Ikuti langkah berikut:

  • Matikan ponsel android.
  • Tekan dan tahan bersamaan tombol Home, tombol Powewr dan tombol Volume Up (mengeraskan suara).
  • Pilih opsi Wipe Data/Factory Reset dengan menekan Volume Up.
  • Selanjutnya proses akan berjalan dengan menekan tombol fisik Home.
  • Tunggu hingga proses selesai, kemudian jika sudah selesai pilih Reboot System Now.

Masih belum berhasil? Silakan baca dan coba langkah Wipe Data HP Android

Demikianlah yang bisa Conchupvcindonesia sampaikan. Semoga smartphone Android Anda bisa terbuka kembali. Cara di atas bisa diterapkan dalam membuka kata sandi hp samsung yang lupa, atau membuka kata sandi hp evercoss dan lain-lain, selama gadget Anda bersistem Android.

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
error: Content is protected !!