Berita

5 Cara dan Trik Jitu Memasang Gorden Agar Rumah Tampak Lebih Mewah

5 Cara dan Trik Jitu Memasang Gorden Agar Rumah Tampak Lebih Mewah

Cara memasang gorden memang gampang-gampang susah. Sekilas, kamu mungkin membayangkan bahwa gorden dipasang menggunakan rel dan penyangganya begitu saja. Namun, jika tidak dilakukan dengan teliti, pemasangan gorden justru bisa mengganggu estetika rumah, loh! Padahal, gorden punya banyak sekali manfaat bagi rumah. Sebagai contoh, jika dipasang dengan tepat, gorden bisa membuat rumah minimalis terlihat luas dan mewah. Menarik sekali, bukan?

Lantas, bagaimana cara memasang gorden yang tepat agar rumah terlihat cantik? Simak informasinya berikut ini, yuk!

Cara dan Tips Memasang Gorden yang Tepat

1. Hindari membeli gorden yang terlalu pendek

Sebelum membahas cara memasang gorden, pastikan kamu sudah memilih gorden yang tepat, ya. Bagaimana cara mengetahuinya?Pertama, ukur panjang dan lebar jendela yang akan kamu pasang. Kedua, belilah gorden dengan panjang dan lebar yang lebih besar daripada ukuran jendela.

Mengapa harus demikian? Pasalnya, gorden memang harus benar-benar menutupi jendela atau pintu rumah. Jika ada bagian yang tidak tertutup, fungsi gorden pun jadi tidak maksimal. Adapun gorden yang panjangnya hingga menyentuh lantai akan memberikan kesan mewah di dalam rumahmu.

Jadi, pastikan kamu tidak membeli gorden yang terlalu pendek, ya, Guys!

2. Perhatikan posisi rel gorden

Pemasangan gorden tidak hanya berbicara tentang gorden itu sendiri. Ada beberapa aksesori lain yang perlu kamu perhatikan, seperti rel gorden.

Cara memasang rel gorden pun tak bisa sembarangan, Guys! Perlu kamu ingat, jangan memposisikan rel gorden tepat di atas jendela, ya. Letakkan rel gorden 15-20 cm di atas jendela atau bahkan hingga ke tepi langit-langit rumah untuk hasil yang lebih dramatis.

Di satu sisi, cara yang satu ini akan membuat gorden mudah digeser, dibuka, atau ditutup. Di sisi lain, trik ini juga akan memberikan ilusi ruangan yang lebih tinggi, loh!

Baca Juga : Cara Memasang Wallpaper Dinding: Rapi & Anti Gagal!

3. Tentukan panjang rel gorden yang sesuai

Elemen lain yang tidak kalah pentingnya adalah menentukan panjang rel gorden yang sesuai. Kebanyakan orang hanya akan membeli rel gorden sesuai dengan lebar jendela atau pintu. Namun, cara memasang rel gorden seperti itu tentu saja salah.

Bayangkan jika kamu membuka gorden. Maka, sebagian gorden akan tetap menutupi pintu atau jendelamu, bukan?

Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam memilih panjang rel gorden. Jangan sampai kamu menggunakan rel gorden yang terlalu pendek. Sebaliknya, pilihlah rel gorden yang lebar sehingga bila gorden dibuka, bagian dalam gorden sesuai dengan lebar bingkai jendela.

4. Lubangi dinding tempat rel gorden dengan benar

Gorden tentu saja perlu dipasang dengan rapi atau lurus. Kalau miring, gorden menjadi tidak enak dipandang. Sayangnya, hal ini sangat sering terjadi.

Nah, solusinya, Sobat Guys bisa melubangi dinding tempat rel gorden dengan hati-hati. Kamu bisa mengukurnya perlahan menggunakan penggaris atau meteran di kedua ujung jendela. Misalnya, kamu ingin memasang rel gorden 20 cm di atas jendela. Maka, ujung kanan dan kiri harus dipastikan berjarak 20 cm dari jendela.

Setelah diukur dengan yakin, kamu bisa melubangi dinding dengan menggunakan bor listrik. Bor akan mempermudah pekerjaanmu dan memastikan lubang dibuat sesuai dengan titik yang telah diukur. Jika menggunakan palu, besar kemungkinan gorden akan miring.

Cara memasang rel gorden yang satu ini sangatlah penting, Sobat Guys! Jadi, pastikan kamu memerhatikannya dengan saksama, ya! Jika sudah, barulah pasang gorden ke rel gorden.

5. Cek kembali posisi gorden

Apabila empat cara memasang gorden di atas sudah kamu lakukan, kini saatnya mengecek posisi gorden!

Coba mundur beberapa langkah dari gorden dan perhatikan kain tersebut baik-baik. Apakah gorden sudah dipasang dengan rapi dan lurus? Selain itu, apakah gorden bisa dibuka dan ditutup dengan mudah? Apakah ketika dibuka, gorden masih menutupi jendela dan pintu?

Jika belum sesuai harapan, berarti kamu masih perlu membetulkannya, Sobat Guys! Namun, jika sudah, berarti proses pemasangan gorden sudah selesai!

Lebih Dalam Mengenal Pengertian Instansi, Jenis, dan juga Contohnya

Lebih Dalam Mengenal Pengertian Instansi, Jenis, dan juga Contohnya

Instansi adalah salah satu istilah yang cukup dikenal dan sering dibicarakan oleh banyak orang di kehidupan sehari-hari. Instansi juga acap kali diartikan dan disangkut-pautkan sebagai sebuah lembaga pemerintahan, termasuk lembaga negara, pemerintah pusat, pemerintah daerah, kementerian, ataupun lembaga non-kementerian. Namun, benarkah jika istilah tersebut hanya merujuk ke lembaga pemerintahan tersebut saja?

Pada dasarnya, istilah instansi tidak hanya mengacu pada lembaga pemerintahan saja, tapi juga bisa mengarah ke lembaga milik swasta. Nah, jika kamu masih bingung tentang apa itu instansi, tugas, jenis, dan juga contohnya, Conchupvcindonesia telah merangkum penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: Apa itu Reklame? Ini Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Jenisnya

Apa Itu Instansi?

Ada beberapa sumber yang bisa dijadikan rujukan untuk mencari arti kata instansi. Pertama adalah Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, yang menjelaskan instansi sebagai badan pemerintahan umum, sebagai contoh, kantor atau jawatan. KBBI juga memberikan sejumlah contoh dari istilah tersebut, yaitu, tingkatan atau pengadilan, dan juga sebagai tahap, seperti dalam rapat atau semacamnya.

Merujuk penjelasan dari KBBI tersebut, definisi instansi yang perlu digarisbawahi adalah badan pemerintahan umum. Karena alasan itulah mengapa tak sedikit orang cenderung memahami istilah tersebut sebagai lembaga milik pemerintah saja. Di sisi lain, kata instansi juga sering kali ditambahkan dengan kata pemerintah dan menjadi frase “instansi pemerintah”.

Akan tetapi, secara umum, istilah ini tidak hanya mengacu pada lembaga yang dimiliki oleh pemerintah saja. Ada juga yang tidak dimiliki oleh pemerintah, alias merujuk ke lembaga swasta atau yang dimiliki oleh perseorangan. Jadi, secara ringkas, instansi adalah lembaga yang bisa dimiliki oleh pemerintah dan juga swasta.

Perbedaan Instansi Pemerintah dan Swasta

Baik instansi pemerintah dan swasta keduanya diharapkan mampu memberi pelayanan sebaik mungkin kepada masyarakat, walaupun tetap berorientasikan pada keuntungan atau tujuan lainnya yang telah ditentukan.

Mengenal Lebih Dalam Pengertian Instansi Pemerintah

Instansi pemerintah merupakan seluruh lembaga pemerintahan yang menjalankan fungsi administrasinya pada lingkungan eksekutif. Hal tersebut termasuk juga dalam skala pusat, atau daerah, dan juga komisi, dewan, dan badan yang memperoleh dana APBN atau APBD.

Selain itu, berdasarkan UU No. 5 Tahun 2014 terkait Aparatur Sipil Negara pasal 1 ayat 15, istilah tersebut diartikan sebagai instansi pusat serta daerah, dan keduanya mempunyai tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.

Contoh dari instansi pusat antara lain:

  • Kementerian.
  • Kesekretariatan lembaga negara.
  • Lembaga non struktural.
  • Lembaga pemerintah non kementerian.

Di sisi lain, contoh dari instansi daerah antara lain:

  • Perangkat daerah kota, kabupaten, atau provinsi, yang termasuk juga sekretariat daerah, dinas daerah, sekretariat DPRD, dan juga lembaga teknis daerah.

Beberapa orang mungkin masih merasa bingung apakah Badan Usaha Milik Negara atau BUMN termasuk juga sebagai instansi pemerintahan atau tidak. Jika merunut dari penjelasan di atas, BUMN adalah badan usaha di mana seluruh ataupun sebagian besar modal dipunyai oleh negara, baik melalui proses penyertaan langsung atau tidak. Hanya saja, modal untuk BUMN tersebut berasal dari aset negara yang telah dipisahkan.

Dalam kata lain, BUMN tidak bisa disebut sebagai penyelenggara pemerintahan. Namun, lebih ke penyelenggara usaha atau bisnis sehingga tak bisa digolongkan sebagai instansi pemerintah.

Apa Saja Jenis-jenis Instansi?

Berdasarkan fungsi dan pertanggungjawabannya, instansi bisa dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:

Instansi Vertikal Instansi Horizontal Instansi Pengawas
Definisi Lembaga pemerintah non departemen yang memiliki lingkungan kerja di sejumlah wilayah atau area administrasi berbeda. Lembaga yang mempunyai tugas serta dipisah berdasarkan fungsi masing-masing lembaga. Secara umum, instansi jenis ini mempunyai kedudukan yang setara atau sama tinggi. Mempunyai tugas untuk mengawasi wilayah kerja tertentu.
Tujuan Agar lembaga negara bisa dibagi berdasarkan wilayah kekuasaan atau kedudukannya. Memfokuskan lembaga terhadap tugasnya masing-masing.
Contoh Polri, Polda, Polres, serta Polsek.

Masing-masing dari badan lembaga tersebut mempunyai wilayah administrasinya tersendiri dan cakupan berbeda.

Lembaga legislatif, eksekutif, dan yudikatif, dan ada pula lembaga pengawas, misalnya BPK atau Badan Pengawas Keuangan. Pengawasan sektor perekonomian atau sektor pertanian.

Contoh Instansi Pemerintah dan Instansi Swasta

Sebenarnya tidak sulit untuk mencari contoh dari instansi pemerintah dan swasta karena masyarakat tentu bersentuhan dengan lembaga-lembaga tersebut untuk beberapa keperluan.

Sebagai contoh, instansi pemerintah meliputi, Kejaksaan Agung, KY atau Komisi Yudisial, BPK atau Badan Pemeriksa Keuangan, Badan Meteorologi, Klimatologi, & Geofisika atau BMKG, dan juga BATAN atau Badan Tenaga Nuklir Nasional. Masing-masing dari jenis lembaga pemerintahan tersebut pun nantinya dapat dibagi lagi ke dalam beberapa jenis, seperti, instansi pemerintah daerah serta pemerintah pusat.

Di sisi lain, contoh dari instansi swasta yang mempunyai tujuan untuk menghasilkan keuntungan atau profit juga tidak sulit untuk dicermati dan ditemui. Segala perusahaan yang bergerak di sebuah industri atau sektor bisnis tertentu bisa digolongkan sebagai instansi swasta.

Contohnya adalah Astra International, HM Sampoerna, Indofood Sukses Makmur, dan juga Bank Central Asia atau BCA.

Bertujuan untuk meraih keuntungan, modal yang dipakai dalam lembaga swasta tentu berbeda dengan milik pemerintahan. Biasanya, modal lembaga swasta berasal dari dana pribadi pemiliknya, pinjaman, atau bisa juga dari penjualan saham ke publik.

Laporan anggaran instansi swasta juga biasanya bersifat tertutup untuk publik. Hal tersebut tentu jauh berbeda dengan instansi pemerintahan yang mengedepankan transparansi anggaran pada masyarakat umum dan menjadi salah satu tanggung jawabnya terhadap pemanfaatan pajak.

Pahami Instansi Juga Bisa Mengacu ke Lembaga Swasta 

Itulah penjelasan tentang apa itu instansi, jenis, dan juga contohnya. Perlu dipahami jika istilah instansi tidak hanya merujuk ke lembaga pemerintah saja, tapi juga lembaga swasta. Namun, antara instansi swasta dan pemerintah keduanya memiliki perbedaan yang mudah untuk dicermati, seperti, tujuan, dan kewajiban untuk membuat laporan keuangan secara transparan atau tidak.

Kartu ATM Terblokir? Inilah Cara Mudah Membukanya

Kartu ATM Terblokir? Inilah Cara Mudah Membukanya

Sudah bukan hal yang asing lagi bagi kita dalam menggunakan berbagai fasilitas perbankan. Saat ini hampir semua transaksi keuangan yang kita lakukan akan berhubungan dengan beragam fasilitas tersebut.

Bank memiliki beragam fasilitas di dalam layanan mereka. Semua itu membuat kita begitu nyaman dan mudah dalam melakukan berbagai transaksi keuangan. Salah satu fasilitas yang perbankan yang paling banyak digunakan masyarakat luas adalah kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Hampir semua bank mengeluarkan produk tabungan atau simpanan dengan fasilitas kartu debit atau kartu ATM dan fasilitas kartu kredit yang bisa digunakan untuk transaksi di mesin ATM.

Kini mesin ATM begitu mudah ditemui, bukan hanya di kota besar saja, melainkan beberapa bank besar bahkan telah menyediakan layanan tersebut di hampir seluruh wilayah Indonesia, seperti menjangkau kecamatan hingga kabupaten.

Baca Juga: NPWP Pribadi: Ini Syarat dan Cara Pembuatannya

Kartu ATM yang Terblokir

Maraknya penggunaan ATM tentu saja akan memudahkan banyak orang dalam melakukan berbagai transaksi keuangan. Bersamaan dengan bertambahnya pengguna, beragam masalah juga muncul di balik penggunaan kartu ATM. Salah satu masalah yang paling sering timbul adalah kartu ATM yang terblokir oleh sistem.

Ada banyak hal yang membuat kartu ATM terblokir. Mungkin saja pengguna lupa dan salah memasukkan Personal Identification Number (PIN) atau password (kata sandi) ketika akan melakukan transaksi.

Bahkan, Kartu ATM terblokir bisa juga terjadi karena adanya pihak lain yang telah mencoba menggunakan kartu ATM tersebut dan salah memasukkan PIN.

Apapun penyebab kartu ATM tersebut terblokir, tentu hal ini akan sangat mengganggu dan membuat berbagai urusan keuangan menjadi tertunda.

Lalu, apa yang harus dilakukan supaya kartu ATM yang terblokir dapat digunakan kembali?

Ada dua kondisi yang akan membedakan tindakan pengaktifan kartu ATM yang terblokir.

1. Kondisi pertama, pengguna masih mengingat PIN-nya, tetapi salah memasukkannya di mesin ATM sehingga mengakibatkan kartu ATM-nya terblokir.

2. Kondisi kedua, pengguna memang benar-benar tidak mengingat lagi PIN kartu ATM tersebut dan mencoba beberapa PIN hingga akhirnya kartu ATM tersebut terblokir.

Kedua kondisi tersebut membutuhkan penanganan yang berbeda satu dengan yang lainnya. Di bawah ini ada beberapa cara untuk mengaktifkan kartu ATM yang terblokir.

1. Terblokir, tetapi masih ingat PIN

Ketika pengguna memasukkan PIN yang salah sebanyak tiga kali sampai akhirnya kartu ATM terblokir, ada kemungkinan kartu ATM tersebut masih bisa diaktifkan langsung melalui sambungan ke call center bank yang bersangkutan.

Namun, hal ini hanya bisa dilakukan jika ternyata pengguna masih mengingat atau bisa mengingat kembali PIN kartu ATM-nya.

Pada dasarnya, proses ini tidak akan membutuhkan waktu yang lama. Bagaimana langkahnya? Berikut ini uraiannya.

  • Siapkan data diri atau setidaknya nomor rekening dan nomor kartu ATM yang terblokir tersebut. Sebab pihak bank akan menanyakan hal ini sebagai syarat untuk membuka data yang tersimpan di dalam sistem mereka. Ini juga akan menjadi bukti verifikasi bahwa si penelepon benar-benar orang yang memiliki dan berhak atas rekening yang bersangkutan.
  • Hubungi nomor call center bank yang bersangkutan. Pastikan benar-benar bahwa nomor yang dihubungi adalah nomor call center yang benar. Hal ini untuk menghindari berbagai tindak kejahatan yang bisa saja terjadi.
  • Customer service akan mendengarkan keluhan dan masalah yang disampaikan pengguna kartu ATM tersebut. Lalu melakukan beberapa verifikasi untuk mencocokkan data diri pengguna dengan data yang tersimpan di dalam sistem mereka. Hal ini tidak akan berlangsung lama. Hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.
  • Jika semua data sinkron, customer service akan menanyakan apakah pengguna masih mengingat PIN yang digunakan sebelum kartu ATM tersebut terblokir. Hal ini hanya untuk memastikan agar kartu ATM tersebut bisa diaktifkan kembali melalui sambungan telepon saja tanpa perlu mendatangi bank. Dan pengguna tentunya tidak perlu menyebutkan PIN tersebut kepada customer service.
  • Setelah proses pengaktifan/pembukaan blokir selesai dilakukan, kartu ATM tersebut sudah bisa digunakan kembali. Biasanya akan aktif pada hari yang bersamaan juga. Bahkan, pada beberapa bank, proses pengaktifan kembali ini hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam saja.
  • Namun, proses ini tidak berlaku pada semua bank. Salah satunya adalah BRI. Jika pengguna mengalami pemblokiran kartu ATM, baik dalam kondisi masih mengingat PIN maupun tidak mengingatnya lagi, pengguna wajib mendatangi bank tempat rekening tersebut dibuat. Kemudian melakukan pembukaan blokir kartu ATM tersebut di sana. Proses ini akan dikenakan biaya sebesar Rp5.000.

Di bawah ini ada beberapa nomor call center resmi bank yang bisa dihubungi saat kartu ATM terblokir.

  • Bank Mandiri

Jika menggunakan fasilitas kartu ATM Bank Mandiri, pengguna bisa menghubungi call center mereka di nomor 14000 atau (021) 5299-7777. Layanan ini bisa digunakan untuk membuka blokir kartu ATM atau meminta pengiriman ulang PIN yang baru. Khusus untuk permintaan pengiriman ulang PIN ATM yang baru, pihak Bank Mandiri akan melakukannya melalui layanan Mandiri SMS.

  • BNI

Bagi pengguna layanan ATM BNI, bisa menghubungi call center di nomor 1500046 / (021) 68888. Pembukaan blokir ATM bisa dilakukan lewat layanan ini hanya jika pengguna masih mengingat PIN ATM tersebut. Sementara jika pengguna sudah tidak mengingat PIN-nya, pembukaan blokir harus dilakukan di kantor cabang BNI terdekat.

  • BCA

Jika kartu ATM yang terblokir adalah kartu ATM BCA, pengguna bisa menghubungi Halo BCA di nomor 1500888. Atau sambungan telepon ke kantor pusat BCA di nomor (021) 235-88000. Pembukaan blokir kartu ATM bisa dilakukan melalui sambungan salah satu dari layanan telepon tersebut.

  • Bank CIMB Niaga

Bank CIMB Niaga juga memberikan kemudahan bagi para nasabahnya untuk melakukan pembukaan blokir kartu ATM dengan cara menghubungi layanan call center di nomor 14041 atau (021) 2997 8888.

  • BRI

Layanan call center BRI untuk pengurusan pembukaan blokir kartu ATM bisa dihubungi di nomor 14017 atau 1500017. 

  • BTN

Layanan call center BTN untuk pengurusan pembukaan blokir kartu ATM bisa dihubungi di nomor 1500-286 atau (021) 6336789.

Contoh Kasus ATM terblokir atau Lupa PIN Mobile Banking BCA : 

Seumpama tiba-tiba Anda lupa PIN kartu ATM atau BCA mobile / Klik BCA terblokir karena 3 kali salah memasukkan PIN/kode akses/salah password.

Maka solusinya:  

1. Kartu ATM terblokir dan Lupa PIN ATM : segera hubungi Halo BCA untuk dilakukan reset secara manual atau datang ke cabang untuk ganti kartu ATM.

2. BCA mobile terblokir: Masuk ke menu about di menu utama BCA mobile, pilih verifikasi ulang (seperti aktivasi awal nasabah akan diminta input no kartu atm dan buat ulang kode akses).

3. Klik BCA terblokir: Segera hubungi halo BCA di 1500888 untuk dilakukan reset password. Setelah itu daftar ulang di mesin ATM BCA.

2. Terblokir dan tidak mengingat lagi PIN

Akan berbeda caranya jika ternyata pengguna kartu ATM yang terblokir tidak lagi mengingat PIN yang dulu digunakannya.

Dalam kondisi ini, pengguna mau tidak mau harus mendatangi kantor cabang bank terdekat. Di sana pihak bank akan melakukan pembukaan blokir pada kartu ATM tersebut.

Perhatikan beberapa poin di bawah ini ketika akan membuka blokir pada kartu ATM secara langsung di kantor cabang bank yang bersangkutan.

  • Jangan lupa membawa buku tabungan, kartu ATM yang terblokir, dan kartu identitas diri yang masih berlaku (KTP).
  • Pada beberapa bank, proses ini akan dikenakan biaya pembukaan blokir dengan biaya sesuai dengan ketentuan masing-masing bank.
  • Tidak semua bank memberikan kemudahan bagi nasabahnya untuk melakukan proses pembukaan blokir kartu ATM di kantor-kantor cabang terdekat.
  • Pada beberapa bank, proses ini harus dilakukan langsung di kantor cabang tempat di mana rekening tersebut dibuka pada awalnya. Untuk itu, pengguna harus mengetahui terlebih dahulu ketentuan yang berlaku di bank yang layanannya digunakan. Jangan sampai datang dengan sia-sia tanpa berhasil membuka blokir kartu ATM tersebut.

3. ATM Terblokir, Hilang, Rusak & Lupa PIN Bisa Urus via CS  Digital 

Teknologi perbankan semakin canggih, bagi Anda yang tidak sempat datang ke kantor cabang bank atau telepon nomor call center bank, urus kartu ATM yang terblokir, kartu ATM/kartu kredit yang lupa pin, kartu ATM hilang/rusak, Anda bisa mencoba mengunakan layanan Customer Service Digital.

Layanan CS Digital ini masih terbatas dan hanya beberapa bank saja dengan lokasi di kota-kota besar. Informasi lebih lengkap, Baca Juga: Cara Ganti Kartu ATM BCA, BNI, dan Bank Mandiri via Customer Service Digital

Biar Tidak Lupa PIN / Kode Akses / Password

Sebaiknya, Anda menggunakan PIN ataupun kode akses yang mudah diingat tapi tetap aman. Ada banyak cara untuk membuat PIN/Kode Akses/Password ATM aman dan mudah dingat, misalnya dengan mencari suatu kata yang akan selalu Anda ingat dan kata tersebut terkait erat dengan kode akses tersebut.

Jangan gunakan PIN /password atau kata sandi yang mudah di tebak orang lain seperti tanggal lahir. Segera hubungi pihak bank ketika terjadi pemblokiran pada kartu ATM agar transaksi keuangan tetap bisa berjalan dengan lancar tanpa gangguan.

14 Pahlawan Nasional Indonesia Pejuang Kemerdekaan dan Profil Singkatnya

14 Pahlawan Nasional Indonesia Pejuang Kemerdekaan dan Profil Singkatnya

conchupvcindonesia.com – Berkat jasa para pahlawan nasional Indonesia, negara kita dapat menyatakan kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945. Merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi dari pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya membela kebenaran.Dalam kamus tersebut, pahlawan juga diartikan sebagai pejuang yang gagah berani serta hero.

Pemerintah memberikan gelar pahlawan nasional atas perbuatan yang dinilai heroik. Artinya, perbuatan tersebut dapat dikenang dan diteladani selamanya oleh warga negara Indonesia atau perbuatan tersebut mengandung jasa yang amat tinggi bagi bangsa Indonesia.

Negara kita memiliki banyak pahlawan nasional yang dapat kita ingat sekaligus tiru sikap-sikap positifnya oleh para siswa. Beberapa contohnya akan dipaparkan di bawah ini.

14 Pahlawan Nasional Indonesia

1. Cut Nyak Dien

Cut Nyak Dien merupakan pahlawan yang lahir di Aceh Besar tahun 1848. Semasa Perang Aceh, dirinya berdiri memimpin pasukan untuk melawan Belanda.Cut Nyak Dien tak gentar melawan Belanda karena juga ingin membalas kematian suaminya yang meninggal akibat perang. Perjuangan Cut Nyak Dien pun membawa dirinya ke sosok Teuku Umar yang pada akhirnya menjadi suami kedua beliau.

Sayangnya dia ditangkap, diasingkan, lalu meninggal di Sumedang tanggal 06 November 1908. Cut Nyak Dien turut dimakamkan di sana.

2. Tuanku Imam Bonjol

Peto Syarif yang dikenal sebagai Tuanku Imam Bonjol adalah sosok yang lahir di Kampung Tanjung Bunga, Sumatra Barat pada 1772. Di sana, dia adalah seorang ulama dan pimpinan masyarakat.

Sebagai buntut pertentangan kaum Adat dan kaum Paderi (kaum agama), Imam Bonjol akhirnya melawan Belanda. Dirinya berjuang bersama kaum Paderi pada tahun 1803 sampai 1838.

Gara-gara pengkhianatan Belanda, Imam Bonjol ditangkap dan diasingkan ke Cianjur, lalu Ambon, hingga yang terakhir ke Manado. Imam Bonjol pada akhirnya wafat pada 06 November 1864 saat usianya 92 tahun.3. Jenderal Soedirman

Jenderal Soedirman lahir di Bodas Karangjati tanggal 24 Januari 1916. Dia adalah seorang panglima besar sekaligus jenderal pertama dan termuda di Indonesia. Ketika berusia 31 tahun, Jenderal Soedirman bergabung dengan pahlawan kemerdekaan yang lain dalam melawan penjajah Jepang, Belanda, serta Sekutu.

Jenderal Soedirman berjuang dengan luar biasa, bahkan saat sakit pun dia tidak menyerah dan melawan musuh bersama anak buahnya. Dirinya meninggal akibat penyakit pada tanggal 29 Januari 1950 di Magelang, lalu dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Semaki DI Yogyakarta.

4. Pangeran Diponegoro

Pangeran Diponegoro memiliki nama kecil Raden Mas Ontowiryo. Ia lahir di D.I. Yogyakarta pada 11 November 1785.Pangeran Diponegoro merupakan anak sulung Sultan Hamengkubuwono III yang dikenal sejak kepemimpinannya pada Perang Diponegoro tahun 1825-1830.

Perang tersebut menelan korban terbanyak dalam sejarah Indonesia. Pada tahun 1830, Belanda bersiasat licik dengan pura-pura mengajak Pangeran Diponegoro untuk berunding di Magelang. Dalam perundingan itu, dia ditangkap lalu dibuang ke Manado. Setelah dari sana, dia dipindah ke Ujung Pandang dan meninggal di sana tanggal 08 Januari 1985.

Selain dianugerahi sebagai pahlawan nasional, Pangeran Diponegoro juga mendapat beberapa penghormatan seperti didirikannya Museum Monumen Pangeran Diponegoro serta namanya dijadikan sebagai nama jalan, stadion, hingga universitas.

5. Sultan Hasanuddin

Sultan Hasanuddin memiliki julukan Ayam Jantan dari Timur. Dia adalah Pahlawan Nasional asal Sulawesi Selatan yang merupakan putra kedua dari Sultan Malikusaid. Sultan Hasanuddin lahir tahun 1631 di Makassar.

Pasca diangkat sebagai Sultan Kerajaan Gowa, dia berusaha menggabungkan beberapa kerajaan kecil di wilayah Indonesia Timur dan melawan Belanda dengan sengit.

Hal ini mengakibatkan Belanda meminta bantuan tentara ke Batavia untuk menerobos benteng terkuat Gowa, yakni Somba Opu, pada tanggal 12 Juni 1669. Sultan Hasanuddin kemudian mengundurkan diri dan wafat pada 12 Juni 1670.

6. Ki Hadjar Dewantara

Ki Hajar Dewantara atau Raden Mas Soewardi Soerjaningrat lahir di DI Yogyakarta pada 02 Mei 1889. Dirinya adalah sosok yang mendirikan perguruan Taman Siswa pada 1929 dan berkontribusi pada pribumi saat itu yang tidak dapat sekolah.

Ki Hadjar Dewantara pernah menjadi Menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan setelah kemerdekaan. Dia wafat 26 April 1959 dan dimakamkan di DI Yogyakarta.

7. Kapitan Pattimura

Kapitan Pattimura atau Thomas Matulessy lahir di Ambon pada 1783. Pattimura melawan Belanda karena mereka menguasai Maluku, menindas rakyatnya, memaksa kerja rodi, dan menguras kekayaan Maluku.

Pattimura juga menyatukan Kerajaan Ternate dan Tidore untuk mengusir penjajah pada tahun 1817. Sebetulnya, Belanda pernah menawarkan kerja sama, namun Pattimura menolaknya. Sosok ini dihukum mati pada 16 Desember 1817.

8. Raden Ajeng Kartini

Raden Ajeng Kartini lahir sebagai putri Bupati Jepara pada tanggal 21 April 1879. Semasa masih hidup, dia memperjuangkan kesetaraan hak perempuan dan membangun sekolah perempuan bernama Yayasan Kartini pada tahun 1912. Sekolah Kartini ada di Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, dan lain sebagainya.

Kartini meninggal saat masih muda, yakni pada umur 25 tahun pada 17 September 1904 di Rembang. Buku Habis Gelap Terbitlah Terang adalah kumpulan dari surat-surat Kartini.

9. Dewi Sartika

Selain Kartini, ada pula Pahlawan Nasional Dewi Sartika yang memperjuangkan pendidikan khusus perempuan. Dia lahir pada 04 Desember 1884 di Cicalengka.Dewi Sartika memiliki latar belakang keluarga ningrat yang membuatnya bisa mengenyam pendidikan, sehingga dirinya terinspirasi mendirikan Sekolah Istri atau sekolah khusus perempuan se-Hindia Belanda.

Berkat jasanya itu, Dewi Sartika juga mendapat anugerah Bintang Perak dari pemerintah Hindia Belanda. Saat perang kemerdekaan, Dewi Sartika mengungsi ke Cinean dan wafat pada 11 September 1947.

10. Prof. Muhammad Yamin

Muhammad Yamin adalah anggota Jong Sumatranen Bond yang lahir pada 28 Agustus 1903 di Sawahlunto. Tokoh ini dikenal sebagai bagian dari yang merumuskan Sumpah Pemuda dalam Kongres Pemuda II serta penggagas falsafah Pancasila dalam BPUPKI. Muhammad Yamin meninggal pada 17 Oktober 1962 dan dikebumikan di tanah kelahirannya.

Baca Juga : 4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari

11. Sutan Syahrir

Sutan Syahrir lahir pada 05 Maret 1909 di Padang Panjang, Sumatra Barat. Pahlawan nasional Indonesia satu ini sudah memulai sepak terjang di kancah politik saat mendirikan Jong Indonesia atau Pemuda Indonesia.

Sutan Syahrir terkenal atas jasanya mengorganisir kemerdekaan Indonesia bersama Bung Karno dan Bung Hatta. Pada awal kemerdekaan, Sutan Syahrir pernah menjabat sebagai perdana menteri.

Kemudian, pada masa Orde Lama dia dipenjara dan jatuh sakit. Syahrir pun dikirim ke Swiss untuk berobat. Ia kemudian wafat pada 09 April dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

12. Haji Agus Salim

Haji Agus Salim mempunyai peran yang besar pada masa perjuangan kemerdekaan dan setelahnya. Pahlawan ini lahir 08 Oktober 1884 di Kota Gadang.
Semasa masih hidup, Haji Agus Salim memimpin organisasi Islam terbesar Sarekat Islam, menjadi anggota PPKI, memimpin surat kabar, dan banyak melakoni peran lainnya.

Agus Salim adalah tokoh Indonesia yang menguasai banyak bahasa asing. Pahlawan yang dikenal sebagai diplomat ulung itu meninggal di Jakarta 04 November 1954.

13. Ir. Sukarno

Sukarno atau Bung Karno lahir 06 Juni 1901 di Kota Surabaya. Sejak sekolah di HBS Surabaya, dia sudah aktif dalam aktivitas pergerakan nasional.
Setelah sepak terjangnya itu, Bung Karno menjadi Presiden Indonesia pertama mulai tahun 1945 sampai 1967.

Banyak peran penting yang dilakoni Bung Karno, mulai dari mencetuskan dasar negara Pancasila, menjadi proklamator, hingga orator yang membangkitkan semangat perjuangan rakyat.
Bung Karno wafat 21 Juni 1970 dan dimakamkan di Blitar, Jawa Timur.

14. Drs. Mohammad Hatta

Bung Hatta lahir tanggal 09 Agustus 1902 di Bukittinggi. Pahlawan nasional ini pernah menempati banyak posisi penting, contohnya perdana menteri dalam kabinet Hatta I, Hatta II, serta RIS.

Wakil Presiden pertama Indonesia ini juga mendapat julukan Bapak Koperasi. Dirinya dan Bung Karno disebut sebagai Pahlawan Proklamator. Bung Hatta meninggal di Jakarta pada Maret 1980.

7 Cara Cerdas untuk Mengatasi Ngantuk Saat Kerja

Lakukan 7 Cara Cerdas Ini biar Gak Lagi Ngantuk saat Kerja

Bekerja adalah tanggung jawab yang mau tidak mau harus kamu lakoni setiap harinya. Selarut apapun kamu tidur malamnya, kamu harus tetap bangun dan terjaga selama di kantor. Kalau kamu menyerah pada kantuk saat bekerja, bisa-bisa pekerjaanmu berantakan.

Nah, buat kamu yang merasa sering ngantuk saat kerja, sebaiknya kamu mulai coba 7 cara di bawah ini biar kamu bisa tetap terjaga. Semangat dong!

1. Perhatikan sarapanmu, jangan yang berat-berat

Jika kamu makan makanan cepat saji atau makanan yang terlalu manis untuk sarapan, kamu bukannya akan melek melainkan tambah mengantuk. Makanlah sayuran atau buah yang bisa menambah kesegaran tubuhmu. Setidaknya asupan tubuhmu tidak membuat kamu tambah ngantuk. Makan permen saat kerja juga adalah pilihan yang baik.

2. Lakukan olahraga setiap pagi

Kamu butuh menjadi segar untuk bekerja. Makanya saat kamu begadang dan terbangun pagi-pagi sekali, sebaiknya kamu melakukan beberapa olahraga untuk membuat badanmu sedikit bersemangat.

3. Minum air putih yang cukup

Dehidrasi akan membuatmu lebih pusing lagi. Minumlah air putih dan itu akan membantu membuat cara kerja otak dan badanmu bekerja lebih seimbang. Kamu harus menjaga tubuhmu tetap dalam keadaan hidrasi.

4. Mengerjakan pekerjaan yang penting dulu

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya kamu segera menyelesaikan pekerjaan yang penting dulu. Mulai buat skema mana yang butuh kamu kerjakan sekarang dan mana yang bisa nanti. Dengan begitu kamu akan menghindari amukan bos.

Baca juga: Cara Menabung yang Benar menurut Pakar Keuangan

5. Tidur sebentar saat jam istirahat

Tidur selama tiga puluh menit akan membuatmu segar kembali. Cobalah untuk menggunakan cara ini saat jam istirahat agar tubuhmu bisa segar lagi.

6. Cobalah untuk mendengarkan musik

Cara ini sangat efektif untuk membuatmu tetap terjaga. Kalau perlu, pilih musik dengan tempo cepat yang membuatmu mengikuti iramanya. Kamu bisa tetap terjaga dengan cara ini.

7. Jangan begadang lagi nanti malam

Kalau kamu sudah paham betapa merepotkannya harus ngantuk saat kerja, jangan lagi tidur larut. Kesehatan itu penting dan kurang tidur jelas akan mempengaruhi kesehatan badanmu.

Kamu harus memaksa matamu untuk tetap terbuka karena kamu harus selalu melakukan tanggung jawabmu dengan baik. Tidak lucu kan, saat pekerjaanmu sangat dibutuhkan untuk pekerjaan orang lain tapi kamu malah tertidur kelelahan?

Jurusan Hubungan Internasional (HI) – Mata Kuliah, Prospek Kerja, Universitas

Conchupvcindonesia Bener gak sih masuk jurusan hubungan internasional harus bisa bahasa inggris? Dari pada bingung ngomongin jurusan hubungan internasional atau dikenal dengan singkatan HI ini, yuk kita inti jurusan HI akan mempelajari apa saja sih, dan nanti lulusannya bisa berkarir di bidang apa saja? Simak pembahasan berikut ini ya!

Apa Itu Jurusan Hubungan Internasional (HI)?

Jurusan Hubungan Internasional

Jurusan hubungan internasional adalah jurusan yang mempelajari bagaimana upaya suatu negara berinteraksi secara global. Interaksi di sini merupakan interaksi internasional baik itu melibatkan suatu negara, instansi atau organisasi pemerintah maupun swasta.

Kuliah di jurusan ini memungkinkanmu untuk merasakan atmosfer internasional melalui berbagai simulasi pertemuan-pertemuan penting di dunia, salah satunya sidang PBB. Seru kan ya!

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Hubungan Internasional (HI)

Apa yang dipelajari di Jurusan Hubungan Internasional? Namanya juga Hubungan Internasional, jadi jangan heran kalau kuliahnya tentu seputar relasi yang terjadi di dunia.

  • Sejarah Hubungan Internasional
  • Teori Politik Internasional
  • Negosiasi Dan Resolusi Konflik
  • Ekonomi Internasional
  • Strategi Dan Tatakelola Strategis
  • Studi Perang Dan Damai
  • Geopolitik Dan Geostrategi
  • Etnografi Bangsa-Bangsa
  • Manajemen Strategik Untuk Hubungan Internasional
  • Globalisasi Dan Strategi
  • dll.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Hubungan Internasional (HI)

Jurusan HI identik dengan prospek kerja sebagai diplomat, tetapi sebenarnya ada banyak peluang posisi lain yang juga dapat ditempati oleh lulusan HI. Berikut kami rangkumkan beberapa posisi yang dapat dijadikan pilihan oleh lulusan HI.

  • Pejabat Diplomatik (Diplomat)
  • Pegawai Negeri Sipil (PNS)
  • Peneliti/Dosen
  • Pegawai Perusahaan Multinasional
  • Pegawai Organisasi Internasional
  • Jurnalis

Klik juga :  10 Universitas Swasta Terbaik di Sumatera Utara versi UniRank

Kampus dengan Jurusan Hubungan Internasional (HI)

Kampus apa saja ya yang ada jurusan Hubungan Internasional kalau bisa yang mempunyai akreditasi A? Kampus-kampus dengan Jurusan Hubungan Internasional terbaik di Indonesia antara lain:

 

  1. Universitas Gadjah Mada
  2. Universitas Hasanuddin
  3. Universitas Padjadjaran
  4. Universitas Jember
  5. Universitas Indonesia
  6. Universitas Jenderal Soedirman
  7. Universitas Muhammadiyah Malang
  8. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  9. Universitas Bina Nusantara
  10. Universitas Airlangga

Daftar Lengkap Universitas Negeri di Jakarta

Conchupvcindonesia – Berkuliah di Jakarta adalah mimpi sebagian besar calon mahasiswa di Indonesia. Sebab ada banyak pilihan jurusan dan universitas yang bisa dipilih di Jakarta. Selain itu, orang-orang meyakini bahwa jenjang karir akan lebih tinggi bila berkuliah di universitas negeri di Jakarta. Maka tak mengherankan bila banyak orang menghendaki kuliah di ibukota.

Memang ada banyak universitas negeri di Indonesia. Untuk di Provinsi DKI Jakarta, terdapat 528 universitas yang bisa kamu pilih. Termasuk di dalamnya universitas negeri, universitas swasta, politeknik, sekolah tinggi, dan lainnya.

Namun hanya ada 18 universitas di Jakarta yang berstatus negeri, sedangkan lainnya berstatus swasta dan beberapa lainnya adalah swasta internasional.

18 Universitas Negeri di Jakarta

Universitas Negeri di Jakarta

Untuk kamu yang hendak mencari informasi tentang universitas negeri di Jakarta, berikut ini adalah daftar lengkapnya. Informasi ini dihimpun dari portal resmi Kemenristekdikti. Informasi ini juga cocok untuk kamu yang mencari universitas negeri di Jabodetabek. Simak baik-baik ya.

  1. Universitas Indonesia (UI)
  2. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
  3. UPN (Universitas Pembangunan Negeri) Veteran Jakarta
  4. Politeknik Negeri Media Kreatif (PNMK)
  5. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN SAHID)
  6. Sekolah Tinggi Agama Hindu Dharma Nusantara Jakarta (STAHDNJ)
  7. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)
  8. STIKes Jayakarta
  9. Sekolah Tinggi Perikanan (STP)
  10. Politeknik Ahli Usaha Perikanan (PAUP)
  11. Poltekkes Kemenkes Jakarta I
  12. Poltekkes Kemenkes Jakarta II
  13. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta (STIP)
  14. Politeknik STMI Jakarta
  15. Politeknik APP Jakarta
  16. Sekolah Tinggi Hukum Militer AHM PTHM (STHM)
  17. Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIP)
  18. Politeknik STIA LAN Jakarta

Itulah 18 universitas negeri di Jakarta yang bisa kamu pilih. Ada beragam pilihan yang tersedia. Mulai dari program sarjana, program pascasarjana, pendidikan vokasi seperti Diploma III dan Diploma IV, dan lainnya.

Baca juga : Cara Menghitung Passing Grade SNMPTN Dengan Mudah

Sebelum memilih universitas, disarankan untuk mengenali minat, bakat, potensi, dan impianmu. Barulah kamu memilih universitas yang sesuai dengan potensimu.

Sebab, berkuliah di tempat yang tepat adalah cara terbaik untuk memupuk keyakinan diri serta mengembangkan kemampuan tanpa adanya beban.

Contohnya, apabila kamu ingin menjadi perawat, maka fokus saja untuk memilih STIKes Jayakarta. Sementara apabila kamu ingin menjadi pimpinan perusahaan seperti CEO ataupun founder, maka fokus saja untuk sekolah di Politeknik APP Jakarta sambil belajar membangun bisnismu.

Jadi pastikan kamu memilih universitas yang tepat untuk masa depanmu. Jangan sampai kamu salah jurusan hanya karena galau memilih hingga asal pilih.

Kabar baiknya, kalau kamu jeli, maka kamu bisa saja mendapatkan beasiswa kuliah loh! Beasiswa ini bisa kamu dapatkan di universitas manapun, termasuk di Jakarta, asalkan kamu tahu caranya dan paham bagaimana cara mendapatkannya.

Manfaat Pameran Seni Rupa bagi Siswa

Conchupvcindonesia – PAMERAN karya seni rupa tidak hanya dilakukan para seniman besar saja. Namun, saat ini sudah banyak seniman cilik atau seniman muda yang menampilkan karyanya lewat pameran kelas atau pameran sekolah. Pameran kelas atau sekolah juga merupakan kegiatan studi untuk menampilkan hasil karya siswa.

Pameran karya seni rupa kelas/sekolah merupakan kegiatan memperlihatkan karya seni rupa yang dihasilkan siswa selama menempuh pembelajaran di sekolah kepada orang banyak. Baik di dalam lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. Melalui pameran, seorang siswa bisa memperkenalkan karya-karya mereka kepada masyarakat di lingkungan sekolah ataupun masyarakat umum untuk dilihat, dinilai, dikagumi, atau dikritik.

Manfaat Pameran Seni Rupa bagi Siswa

Kegiatan pameran kelas atau sekolah sangat penting bagi siswa karena mampu memberikan manfaat besar bagi mereka. Manfaat pameran kelas atau sekolah antara lain:

  1. Siswa mampu menunjukkan apresiasi melalui kreativitas di bidang seni

Pameran dapat digunakan sebagai media apresiasi karena di dalamnya menampilkan berbagai jenis karya seni rupa. Hal tersebut dapat memberikan pengetahuan siswa tentang berbagai corak, gaya, dan teknik karya seni rupa yang dipajang dalam kegiatan pameran.

  1. Melatih siswa untuk bermasyarakat 

Penyelenggaraan pameran bukanlah kerja perorangan, melainkan kerja kelompok yang melibatkan banyak orang. Jadi, dengan mengadakan pameran seni rupa di sekolah dapat mendidik para siswa untuk bekerjasama dan bermasyarakat.

  1. Meningkatkan kemampuan siswa dalam berkarya

Pameran di sekolah memiliki fungsi sebagai sarana yang strategis dalam memupuk, membina, dan mengembangkan kemampuan atau bakat siswa dalam melakukan apresiasi terhadap karya seni yang dipamerkan. Melalui kegiatan pameran, siswa dilatih untuk memberikan tanggapan dan penilaian baik secara lisan, tertulis, maupun melalui perbuatan atau sikap.

  1. Bermanfaat membangkitkan motivasi siswa sekolah dalam berkarya seni

Melalui pameran, karya-karya para siswa akan dilihat oleh masyarakat sehingga para siswa termotivasi untuk menghasilkan karya yang terbaik. Hal tersebut akan memunculkan persaingan yang sehat, terarah, dan dapat menjadi pendorong bagi siswa untuk meningkatkan kemampuan berkarya.

Pameran kelas/sekolah juga memberi manfaat bagi siswa secara pribadi. Seperti belajar berorganisasi dan bekerjasama sekaligus sebagai sarana hiburan dari kejenuhan mengikuti kegiatan belajar mengajar di dalam kelas.

Baca juga : Parafrase, Cara Sederhana Mengubah Puisi Menjadi Prosa

Selain memberi manfaat bagi siswa, pameran di sekolah memiliki fungsi sebagai sarana yang strategis. Yaitu fungsi dalam memupuk, membina, dan mengembangkan kemampuan siswa dalam melakukan apresiasi terhadap karya seni yang dipamerkan.

Melalui kegiatan pameran siswa dilatih untuk memberikan tanggapan dan penilaian baik secara lisan, tertulis, maupun melalui perbuatan/sikap. Kehadiran pameran dalam konteks pembelajaran di sekolah memiliki fungsi tersendiri. Diantaranya fungsi pendidikan (edukasi) dan fungsi hiburan (rekreasi).

Melalui kegiatan pameran, para siswa diberi kesempatan untuk melakukan penilaian terhadap karya seni yang dipamerkan. Kegiatan pameran juga menyajikan hiburan bagi warga sekolah dan masyarakat sekitarnya.

Virus corona: Apa yang terjadi pada tubuh jika terinfeksi Covid-19?

Virus corona baru muncul pada Desember tahun lalu, tetapi dunia sudah berhadapan dengan pandemi virus dan penyakit yang ditimbulkannya – Covid-19.

Conchupvcindonesia – Bagi sebagian besar orang, penyakit ini ringan, tetapi sejumlah orang yang terinfeksi meninggal dunia. Jadi, bagaimana virus menyerang tubuh, mengapa beberapa orang bisa meninggal dunia, dan bagaimana cara perawatannya?

Masa inkubasi

Ini adalah saat virus memantapkan dirinya. Virus ini bekerja dengan masuk ke dalam sel-sel tubuh Anda dan kemudian membajaknya.

Virus corona, yang secara resmi disebut Sars-CoV-2, dapat menyerang tubuh Anda ketika Anda menghirupnya (setelah seseorang batuk di dekat Anda) atau ketika Anda menyentuh permukaan yang terkontaminasi virus dan kemudian mengusap wajah Anda.

Pertama, virus menginfeksi sel-sel yang melapisi tenggorokan, saluran udara, dan paru-paru Anda, lalu mengubahnya menjadi “pabrik virus corona” yang memuntahkan sejumlah besar virus baru dan terus menginfeksi lebih banyak sel.

Pada tahap awal ini, Anda tidak akan sakit dan beberapa orang mungkin tidak pernah mengalami gejala.

Masa inkubasi—waktu antara infeksi dan gejala pertama muncul—sangat bervariasi. Tetapi rata-rata lima hari.

Penyakit ringan

Ini yang akan dialami kebanyakan orang. Covid-19 adalah infeksi ringan untuk delapan dari 10 orang yang terpapar. Gejala utamanya adalah demam dan batuk.

Apa yang terjadi pada tubuh jika terinfeksi Covid-19

Nyeri tubuh, sakit tenggorokan, dan sakit kepala semuanya mungkin terjadi, tetapi tidak selalu. Demam, dan umumnya merasa tak enak badan, adalah kondisi yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh Anda merespons infeksi.

Tubuh Anda telah mengenali virus itu sebagai penyerang yang tidak bersahabat dan memberi isyarat ke seluruh tubuh bahwa ada sesuatu yang salah dengan melepaskan bahan kimia yang disebut sitokin.

Bahan kimia ini menggalang sistem kekebalan tubuh, tetapi juga menyebabkan tubuh nyeri, sakit, dan demam.

Batuk akibat virus corona, pada mulanya adalah batuk yang kering dan ini mungkin disebabkan oleh iritasi sel ketika sel itu terinfeksi oleh virus. Beberapa orang akhirnya akan mulai batuk berdahak – lendir tebal yang mengandung sel-sel paru-paru mati, yang terbunuh oleh virus.

Gejala-gejala ini diobati dengan beristirahat, mengonsumsi banyak cairan dan parasetamol. Anda tidak akan memerlukan perawatan di rumah sakit. Tahap ini berlangsung sekitar satu minggu – kebanyakan orang pulih pada titik ini karena sistem kekebalan tubuh telah memerangi virus.

Namun, beberapa akan menderita penyakit yang lebih serius. Ini adalah informasi terbaik yang kita pahami saat ini mengenai tahap ini. Namun, ada penelitian yang menunjukkan penyakit ini dapat menyebabkan lebih banyak gejala, seperti pilek.

Penyakit parah

Jika penyakit ini berkembang, itu terjadi karena sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan terhadap virus. Sinyal-sinyal kimiawi itu tersebar ke seluruh tubuh sehingga menyebabkan peradangan. Tetapi keadaan ini perlu diseimbangkan.

Terlalu banyak peradangan dapat menyebabkan kerusakan di seluruh tubuh.

“Virus ini memicu ketidakseimbangan dalam respon kekebalan tubuh, ada terlalu banyak peradangan. Bagaimana virus itu melakukan ini, kami tidak tahu,” kata Dr Nathalie MacDermott, dari King’s College London.

Peradangan paru-paru disebut pneumonia. Jika Anda mencermati alur pernapasan, di paru-paru terdapat kantong-kantong udara berukuran kecil.

Di sinilah oksigen bergerak ke dalam darah dan karbon dioksida bergerak keluar. Tetapi dalam kasus pneumonia, kantung-kantung kecil mulai terisi dengan air dan pada akhirnya dapat menyebabkan kesulitan bernapas.

Beberapa orang membutuhkan ventilator untuk membantu mereka bernafas. Tahap ini diperkirakan terjadi pada sekitar 14% orang, berdasarkan data dari China.

Baca juga : Lima hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengurangi pemanasan global

Penyakit kritis

Diperkirakan sekitar 6% pasien dari kasus-kasus virus corona, menjadi sakit kritis. Pada titik ini tubuh mulai gagal dan ada peluang nyata kematian.

Masalahnya adalah sistem kekebalan tubuh sekarang di luar kendali dan menyebabkan kerusakan di seluruh tubuh. Ini dapat menyebabkan syok septik, keadaan di mana tekanan darah turun ke tingkat rendah yang berbahaya dan organ-organ berhenti bekerja atau dengan kata lain gagal total.

Sindrom gangguan pernapasan akut yang disebabkan oleh peradangan di paru-paru, membuat tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup, yang dibutuhkan untuk bertahan hidup. Ini dapat menghentikan fungsi ginjal yang bekerja untuk membersihkan darah. Keadaan itu juga bisa merusak lapisan usus Anda.

“Virus ini membuat tingkat peradangan yang sangat tinggi sehingga Anda meninggal … itu terjadi karena kegagalan multi-organ,” kata Dr. Bharat Pankhania.

Dan jika sistem kekebalan tidak bisa mencapai puncak virus, maka pada akhirnya dia akan menyebar ke setiap sudut tubuh di mana ia dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan. Perawatan pada tahap ini akan melibatkan banyak alat kesehatan, dan dapat mencakup Extracorporeal Membrane Oxygenation (ECMO) untuk membantu pernapasan.

Pada dasarnya ECMO adalah paru-paru buatan yang mengeluarkan darah dari tubuh melalui tabung tebal, mengoksigenasi dan memompanya kembali. Tetapi pada akhirnya kerusakan dapat mencapai tingkat fatal di mana organ tidak lagi dapat menjaga tubuh tetap hidup.

Kematian pertama

Dokter telah menggambarkan bagaimana beberapa pasien meninggal meskipun para dokter sudah berusaha keras menyelamatkan mereka.

Dua pasien pertama yang meninggal di Rumah Sakit Jinyintan di Wuhan, Cina, yang dirinci dalam jurnal Lancet Medical, tampaknya sehat, meskipun mereka perokok jangka panjang, dan itu mungkin melemahkan paru-paru mereka.

Yang pertama, seorang pria berusia 61 tahun, menderita pneumonia berat pada saat dia tiba di rumah sakit. Dia menderita kesulitan pernapasan akut, dan meskipun memakai ventilator, paru-parunya gagal dan jantungnya berhenti berdetak. Dia meninggal 11 hari setelah dia dirawat.

Pasien kedua, seorang pria berusia 69 tahun, juga menderita sindrom gangguan pernapasan akut. Dia sudah dirawat dengan mesin ECMO tetapi upaya itu tidak cukup. Dia meninggal karena pneumonia parah dan syok septik ketika tekanan darahnya ‘kolaps’.

Ayam ternyata tidak sebodoh yang dibayangkan

Ayam punya reputasi buruk sebagai hewan yang bodoh, tapi sebenarnya mereka sangat cerdas dan bahkan mungkin bisa berempati.

Reputasi: Ayam lebih bodoh dari rata-rata burung lainnya — tak lebih dari pabrik daging berjalan yang bisa bertelur.

Kenyataannya: Burung paling umum di dunia ini sebenarnya cerdas, dan bahkan sensitif terhadap kesejahteraan sesamanya — dan ini bisa menimbulkan pertanyaan soal etika dalam industri peternakan.

Conchupvcindonesia – Ada yang aneh dari ayam. Di seluruh dunia, jumlahnya mencapai 19 miliar ekor, menjadikannya sebagai salah satu spesies vertebrata paling banyak di planet ini. Namun banyak orang tak melakukan kontak dengan unggas ini — setidaknya saat ayam masih hidup.

Dan ini menimbulkan berbagai asumsi aneh soal ayam. Menurut beberapa penelitian, orang bahkan kesulitan melihat ayam sebagai sejenis burung.

Mereka adalah perwakilan dari galliforme, kelompok unggas yang di dalamnya juga terdapat kalkun, partridge dan ayam atau burung pegar.

Orang juga sering melihat ayam sebagai hewan tak cerdas yang tak memiliki karakteristik psikologi yang rumit seperti halnya hewan “cerdas”, yaitu monyet dan kera.

Pandangan ini pun semakin dikuatkan oleh penggambaran di budaya pop, dan ini membantu orang untuk merasa nyaman dalam makan telur atau daging ayam yang dihasilkan dari praktik peternakan yang intensif.

Namun ayam sama sekali tidak bodoh.

Ayam ternyata tidak sebodoh yang dibayangkan

Mereka bisa menghitung, menunjukkan kesadaran diri, dan bahkan memanipulasi satu sama lain dengan strategi ala Machiavelli.

Bahkan, ayam sangat cerdas sampai-sampai jika kita mengenal mereka sedikit saja saat mereka masih hidup, pandangan akan burung ini bisa berubah total.

Untuk sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2015, Lisel O’Dwyer dan Susan Hazel mengajar di kelas berisi mahasiswa S1 di University of Adelaide, Australia.

Sebagai cara untuk belajar soal psikologi dan pemahaman, para mahasiswa diberi kesempatan melakukan eksperimen melatih ayam.

Sebelum kelas dimulai, para mahasiswa diminta mengisi kuesioner. Sebagian besar mengatakan mereka hanya menghabiskan sedikit waktu dengan ayam.

Mereka melihat ayam sebagai makhluk yang sederhana, tak mungkin merasakan bosan, frustrasi atau kebahagiaan.

Setelah dua jam melatih burung-burung itu, para mahasiswa semakin menghargai bahwa ayam-ayam bisa merasakan tiga kondisi emosi tadi.

“Ayam lebih cerdas dari yang sebelumnya saya bayangkan,” tulis seorang mahasiswa dalam kuesioner lanjutan. Lainnya mengatakan, “Saya tak pernah berpikir sebelumnya bahwa ayam cukup cerdas dan bisa belajar dengan cepat.”

Dalam sebuah penelitian yang belum diterbitkan, O’Dwyer sudah mengulang penelitian ini dengan pekerja di sektor unggas, dan menemukan hal yang sama.

“Pada dasarnya, kami punya dua kelompok sosial yang berbeda dan menemukan perilaku (awal) yang sama dan perilaku itu berubah di dua kelompok itu,” katanya.

Dia kini berencana untuk meneliti apakah pengalaman ini kemudian berdampak pada pola makan orang-orang — contohnya, apakah kemudian mereka berubah memakan ayam yang diternakkan dengan cara yang mereka percaya lebih bisa diterima secara etis.

Penelitian O’Dwyer hanya satu dari banyak yang diterbitkan oleh Lori Marino dari Kimmela Center for Animal Advocacy di Kanab, Utah, sebagai bagian dari tinjauan ilmiah pemahaman ayam yang diterbitkan pada Januari 2017.

“Laporan ini adalah bagian dari kerjasama antara Farm Sanctuary dan The Kimmela Center, yang dinamai The Someone Project,” kata Marino.

“Tujuan dari proyek ini adalah untuk mendidik masyarakat tentang siapa sebenarnya hewan ternak berdasarkan data ilmiah.”

Menurut Marino, bukti ilmiah menunjukkan dengan jelas bahwa ayam tak sebodoh atau minim kesadarannya dari yang dibayangkan orang-orang.

Pertimbangkan juga, contohnya, serangkaian penelitian yang diterbitkan dalam satu dekade terakhir oleh Rosa Rugani di University of Padova, Italia, bersama kolega-koleganya.

Para peneliti bekerja dengan anak ayam yang baru menetas, dan menemukan bahwa anak ayam bisa menghitung dan melakukan aritmetika dasar.

Anak-anak ayam tersebut dibesarkan dari saat menetas dengan lima benda — bungkus plastik dari telur Kinder Surprise.

Setelah beberapa hari, para ilmuwan mengambil lima benda tersebut dan, dengan dilihat oleh anak-anak ayam, menyembunyikan tiga di balik layar, dan dua di balik layar kedua.

Anak-anak ayam lebih besar kemungkinannya mendekati layar yang menyembunyikan lebih banyak objek.

Eksperimen lanjutan menguji ingatan anak-anak ayam tersebut dan kemampuan mereka menambah serta mengurangi.

Setelah objek disembunyikan di balik dua layar, para peneliti mulai memindahkan objek-objek tersebut di antara dua layar, dengan dilihat anak-anak ayam.

Mereka tampak bisa mengikuti jumlah objek yang berada di belakang layar, dan akan tetap mendekati layar yang menyembunyikan jumlah objek yang lebih banyak.

Ayam punya pemahaman kuat akan tugas-tugas numerik sejak usia muda, meski mereka punya pengalaman yang terbatas, kata Rugani.

Menurut Rugani, hal ini mungkin bisa ditemukan pada banyak hewan cerdas lainnya, dan bukan pada ayam saja.

“Kemampuan ini membantu ayam di lingkungan alami mereka, contohnya agar bisa mendapatkan makanan lebih banyak, atau untuk menemukan kelompok yang lebih besar untuk pertemanan sosial,” katanya.

Ayam ternyata tidak sebodoh yang dibayangkan

Ayam mungkin memiliki kemampuan untuk melakukan “perjalanan waktu dalam pikiran” — yaitu dengan membayangkan apa yang akan terjadi di masa depan — untuk mendapatkan makanan yang banyak, menurut penelitian 2005 yang dipimpin oleh Siobhan Abeyesinghe, saat itu di University of Bristol, Inggris.

Abeyesinghe memberi pilihan pada ayam untuk mematuk satu kunci yang akan memberi akses singkat pada makanan setelah jeda dua detik, atau mematuk kunci kedua yang memberikan akses yang lebih lama ke makanan setelah jeda enam detik.

Ayam ternyata lebih banyak mematuk kunci kedua, yang menawarkan makanan lebih banyak namun setelah masa tunda yang lebih lama.

Dengan kata lain, mereka menunjukkan kemampuan mengendalikan diri — perilaku yang menurut ahli biologi berarti membuktikan kesadaran diri.

Ayam juga kompleks secara sosial.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa burung-burung ini bsia mengapresiasi bagaimana dunia terlihat oleh sesama mereka, dan mereka bisa menggunakan informasi ini untuk keuntungan pribadi mereka.

Jika ayam jantan mencari makanan yang lezat, maka dia berusaha membuat betina di sekitarnya terkesan dengan melakukan tarian dan membuat panggilan makanan yang khas.

Meski begitu, jantan yang lebih lemah yang melakukan tarian dan nyanyian ini berisiko diketahui dan diserang oleh jantan yang dominan.

Maka jika jantan yang dominan berada di sekitarnya, jantan yang lebih lemah melakukan tariannya dengan diam-diam, sebagai upaya membuat betina terkesan tanpa menarik perhatian jantan yang lebih kuat.

Baca juga : Dexamethasone untuk Covid-19, bagaimana obat ini bekerja?

Sementara itu, ayam jantan juga berusaha menyiasati agar betina mendekati mereka dengan melakukan tarian panggilan makanan ini, meski mereka tak menemukan makanan apa-apa.

Dan tak mengagetkan ketika ayam betina mengetahui jantan-jantan yang terlalu sering melakukan tipuan seperti ini.

Ada juga petunjuk bahwa ayam-ayam ini menunjukkan sebentuk empati dasar bagi satu sama lain.

Dalam serangkaian penelitian dalam enam tahun terakhir, Joanne Edgar dari University of Bristol, Inggris, dan koleganya menemukan bahwa ayam betina bereaksi ketika mereka melihat angin disemprotkan ke arah anak ayam mereka — sesuatu yang diketahui oleh ayam-ayam betina tersebut, lewat pengalaman mereka, sebagai hal yang tak menyenangkan.

Saat angin disemprotkan ke anak-anak ayam, jantung ayam betina mulai berdebar dan mereka lebih sering memanggil anak-anak ayamnya.

Meski begitu, mereka tidak melakukan hal itu ketika angin disemprotkan di dekat anak ayam, tapi tak mengganggu si anak ayam.

Dalam penelitian yang diterbitkan pada 2013, ayam betina belajar mengasosiasikan kotak dengan satu warna tertentu dengan semprotan angin tak nyaman dan kotak warna kedua dengan keamanan — tidak ada semprotan angin.

Lagi-lagi ayam betina menunjukkan tanda-tanda kekhawatiran saat anak ayam ditaruh di kotak yang “berbahaya”, bahkan ketika anak ayam itu tak mengalami bahaya semprotan angin dan tak sadar akan bahaya yang mungkin timbul.

Ini menunjukkan bahwa ayam betina bisa merespons pengalaman pribadi mereka dengan kemungkinan anak ayam mengalami ketidaknyamanan, dan bukan hanya bereaksi terhadap tanda-tanda kecemasan pada anak ayam.

Penelitian ini masih berlangsung, kata Edgar. “Kami belum menetapkan apakah respons perilaku dan fisiologis pada ayam betina yang mengamati anak ayam tengah mengalami tekanan ini menunjukkan sebuah respons emosional, atau hanya menandai ketertarikan atau gangguan.”

Jika benar bahwa ayam bisa menunjukkan rasa empati saat burung lain berada dalam kondisi tertekan, maka ini bisa memunculkan pertanyaan serius akan cara ayam diternakkan.

“Ada banyak situasi di mana semua hewan ternak terpapar pada pemandangan, pendengaran dan bau dari individu lain yang menunjukkan tanda-tanda kesakitan dan stres,” kata Edgar.

“Ini penting untuk memutuskan apakah kesejahteraan mereka terkurangi pada saat-saat seperti itu.”

Marino juga berpikir bahwa sudah saatnya memikirkan pertanyaan-pertanyaan itu.

“Persepsi bahwa ayam tidak paham dan tidak cerdas sebagian didorong oleh motivasi untuk mengabaikan kecerdasan dan sensitivitas itu karena orang makan mereka,” katanya.

Fakta yang membuat tidak nyaman adalah bahwa tingkat pemahaman ayam jauh lebih maju dari yang dikira orang. Namun masih harus dilihat lagi apakah konsumen yang kini mengetahuinya mengubah kebiasaan belanja mereka di tukang daging.

Dexamethasone untuk Covid-19, bagaimana obat ini bekerja?

Steroid murah ini dinilai sebagai terobosan besar dalam memulihkan pasien dengan gejala berat Covid-19. Secara khusus ini adalah kabar baik untuk negara berkembang, dan Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menerima hasil uji coba dexamethasone.

Conchupvcindonesia – Obat antiinflamasi bernama dexamethasone disebut sebagai pengobatan inovatif untuk rumah sakit bagi pasien dengan gejala berat karena Covid-19. Sebuah uji coba di Inggris menunjukkan obat ini dapat menyelamatkan nyawa – percobaan pertama kali di dunia – dan akan segera digunakan pada layanan kesehatan nasional (NHS).

Apa itu Dexamethasone?

Dexamethasone untuk Covid-19

Dexamethasone adalah steroid – obat untuk mengurangi peradangan dengan meniru hormon anti-inflamasi yang diproduksi oleh tubuh.

Bagaimana dexamethasone bekerja pada tubuh?

Obat ini bekerja untuk meredam sistem imun tubuh.

Infeksi virus corona memicu inflamasi saat tubuh mencoba melawan virus.

Inflamasi adalah peradangan efek dari mekanisme tubuh dalam melindungi diri dari infeksi mikroorganisme asing, seperti virus, bakteri, dan jamur.

Namun, terkadang sistem imun bekerja berlebihan dan reaksi dapat berbahaya – reaksi yang semestinya dirancang untuk menyerang infeksi, pada berakhirnya juga menyerang sel-sel tubuh.

Dexamethasone bekerja untuk meredam efek ini.

Hal ini hanya sesuai bagi mereka yang dirawat di rumah sakit dengan yang menerima bantuan pernapasan berupa oksigen atau ventilator – seluruh pasien ini kebanyakan dalam kondisi sakit parah.

Obat ini tidak akan bekerja pada pasien dengan gejala yang lebih ringan, menekan sistem kekebalan tubuh pada pasien kategori ini tidak akan berpengaruh apa-apa.

Seberapa efektif dexamethasone untuk pasien Covid-19?

Berdasarkan keterangan para ilmuan yang melakukan uji coba ini, satu dari tiga kematian dapat dicegah di antara pasien yang menggunakan ventilator.

Bagi pasien yang menggunakan oksigen, obat ini dapat mencegah satu kematian dari lima pasien.

Namun, obat ini tidak memberikan manfaat bagi pasien yang tidak menggunakan alat bantu pernapasan.

Bagaimana proses uji dexamethasone terhadap pasien Covid-19?

Dexamethasone untuk Covid-19

Hasil uji coba ini menggunakan metode terapi evaluasi acak Covid-19 (Recovery) yang dilakukan oleh tim Universitas Oxford.

Percobaan ini sekaligus menguji apakah obat ini berguna untuk kondisi lain, yang juga berguna untuk menyembuhkan Covid-19.

Sebanyak 2.100 pasien diberikan 6mg dexamethasone setiap hari, dalam percobaan selama 10 hari.

Hasilnya dibandingkan dengan 4.300 pasien lain yang tidak menerima obat ini.

Tim berharap dexamethasone dapat digunakan sebagai bagian dari rangkaian obat, yang secara bersama-sama, dapat menekan angka kematian pasien.

Obat ini direkomendasikan untuk orang dewasa, tidak termasuk ibu hamil atau sedang menyusui.

Berapa harga dexamethasone dan bisa didapatkan di mana?

Dexamethasone adalah obat murah yang tersedia di mana-mana.

Pemerintah Inggris mengatakan telah memiliki obat ini dengan persediaan yang cukup untuk mengobati 200,000 pasien, sebagai antisipasi dari hasil yang baik dari uji coba.

Biaya obat ini senilai £5.40 (setara Rp93.000) untu satu pasien per hari. Pengobatan dilakukan setidaknya selama 10 hari.

Dexamethasone pertama kali dibuat pada 1957 dan telah digunakan di Inggris pada awal 1960an.

Karena obat ini sudah lama ada, maka tidak ada lagi hak patennya.

Ini artinya banyak perusahaan dapat memproduksi dan menjualnya ke seluruh dunia.

Secara khusus ini adalah kabar baik untuk negara berkembang, dan Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menerima hasil uji coba ini.

Departemen Penanganan Kesehatan dan Sosial mengatakan dexamethasone juga telah dimasukkan pemerintah sebagai daftar produk ekspor, di mana perusahaan dilarang membeli obat untuk pasien di Inggris dan menjualnya dengan harga lebih mahal di negara lain.

Baca juga : Rekaman video bagian intim puluhan perempuan yang buang air kecil di pinggir jalan dan diunggah ke situs porno disebut hakim Spanyol ‘bukan pidana’

Dexamethasone digunakan untuk apa saja?

Dexamethasone dapat membantu penyembuhan berbagai penyakit termasuk peradangan atau pembengkakan pada tubuh, atau kondisi di mana sistem imun tubuh bekerja secara berlebihan – seperti misalnya, asma berat dapat menyebabkan inflamasi pada saluran napas dan paru-paru, reaksi alergi berat atau nyeri sendi.

Dexamethasone juga berguna untuk kondisi-kondisi auto-imun seperti penyakit lupus, yang disebabkan sistem imun justru menyerang tubuh sendiri.

Apa saja efek samping dexamethasone?

Efek samping paling utama dari dexamethasone untuk kondisi lainnya adalah kecemasan, sulit tidur, penambahan berat badan, dan retensi cairan tubuh.

Efek samping yang jarang terjadi adalah gangguan mata, penglihatan kabur dan pendarahan.

Bagaimana pun, pasien virus corona hanya membutuhkan dosis yang rendah sehingga dapat membatasi efek samping dari obat ini.

Kepala Medis untuk Inggris mengatakan bahwa “tak ada bahaya yang teridentifikasi dalam penggunaan dosis dexamethasone dari pasien yang telah menjalani uji coba.”

Rekaman video bagian intim puluhan perempuan yang buang air kecil di pinggir jalan dan diunggah ke situs porno disebut hakim Spanyol ‘bukan pidana’

Seorang hakim membuat sejumlah kelompok hak-hak perempuan di Spanyol merasa sangat terpukul, setelah menolak kasus puluhan perempuan yang secara diam-diam diambil videonya ketika buang air kecil dan kemudian video ini diunggah ke situs porno.

Conchupvcindonesia – Sekitar 80 perempuan dan remaja putri ini buang hajat di tepi jalan karena minimnya fasilitas toilet. Insiden pengambilan video dengan kamera rahasia ini terjadi ketika digelar festival di kota Cervo, di Spanyol barat laut.

Sebagian besar rekaman ini memperlihatkan wajah dan bagian intim dari para perempuan tersebut. Rekaman ini diunggah ke situs porno, dengan beberapa video memerlukan pembayaran untuk bisa melihatnya.

Saat diketahui rekaman video ini ada di situs porno, para perempuan mengambil langkah hukum pada 2020, mendesak agar kasus ini diselidki secara resmi karena hak mereka agar insiden ini dirahasiakan tak dihormati.

Hingga sejauh ini tidak diketahui siapa persisnya pelaku rekaman dan siapa yang mengunggah ke situs porno.

Hakim: ‘Bukan tindak pidana’

Hakim setempat yang menolak kasus ini bernama Pablo Munoz Vazquz. Keputusannya langsung memicu kelompok hak-hak peremuan untuk mengajukan banding.

Namun di tingkat banding, hakim yang sama menegaskan bahwa “keputusan awal untuk tidak melanjutkan kasus ini sudah benar”, dengan alasan insiden buang air kecil ini direkam di tempat umum dan karenanya tak bisa dikategorikan sebagai tindak pidana.

Dokumen pengadilan juga menyebutkan, “tidak ada niat mencederai para perempuan”.

Namun, video ini telah membuat banyak perempuan yang ada di video tersebut menjadi panik dan sangat malu. Satu di antaranya adalah Jennifer, yang direkam saat menghadiri festival pada 2019.

Ia ingat betul bagaimana pada satu hari, temannya memberi tahu bahwa rekaman dirinya ada di situs porno.

“Ketika saya melihat video [saya di situs porno], saya langsung menangis. Saya merasa sangat malu, saya tak tahu apa yang harus saya lakukan,” ujar Jennifer.

Seperti halnya para korban lain, Jennifer harus melakukan terapi. Namun keputusan banding membuat penderitaannya bertambah.

“Saya merasa sangat frustrasi … keputusan pengadilan ini berarti tak masalah jika seseorang merekam tindakan Anda di tempat umum, mengunggahnya ke situs porno dan mendapatkan uang dari situs itu,” kata Jennifer.

Para korban sudah mengajukan banding lagi ke tingkat provinsi untuk mencari keadilan.

Baca juga : Herry Wirawan, pemerkosa 13 santriwati dihukum seumur hidup

Bukan yang pertama

Ana Garcia, dari asosiasi kelompok hak-hak perempuan memperingatkan bahwa keputusan banding ini adalah preseden yang buruk. Ia khawatir keputusan ini akan membuat orang-orang yang diam-diam merekam video merasa “tak terjamah hukum”.

Ia menyatakan merekam bagian pribadi para perempuan dan menggunggah videonya ke situs porno “jelas-jelas pelanggaran terhadap hak-hak dasar perempuan”.

Ia menambahkan, baginya ini tetap tindak pidana meski rekaman dilakukan di tempat umum.

Keputusan hakim untuk tidak melanjutkan kasus ini telah memicu aksi protes baik di jalan-jalan maupun secara daring.

Kasus ini juga telah masuk ke ranah politik, setelah menteri urusan keseteraan, Irene Montero, angkat bicara.

Ini bukan pertama kalinya keputusan pengadilan menyebabkan proter keras dari kelompok-kelompok perempuan.

Pada 2018, satu pengadilan di Pamplona membuat warga melancarkan protes massal karena menetapkan kasus serangan terhadap seorang perempuan muda sebagai pelecehan seksual, bukan perkosaan.

Mahkamah Agung Spanyol akhirnya mengubah putusan ini, dengan menyatakan para pelaku bersalah melakukan perkosaan dan menghukum mereka antara sembilan hingga 15 tahun.

Herry Wirawan, pemerkosa 13 santriwati dihukum seumur hidup, keluarga korban kecewa pelaku tak dikebiri kimia – ‘kalau seperti ini enggak ada jeranya‘ –

Keluarga dari salah satu santriwati korban pemerkosaan yang dilakukan Herry Wirawan mengaku kecewa atas vonis penjara seumur hidup yang dijatuhkan Hakim Pengadilan Negeri Bandung pada Selasa (15/2).

Conchupvcindonesia – Paman korban, Hidmat Dijaya, mengatakan keponakan beserta keluarganya menangis ketika mendengar vonis hakim tidak sesuai dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum agar Herry dihukum mati dan diberi hukuman tambahan berupa kebiri kimia.

“Sangat kecewa lah keluarga, sekarang lagi nangis. Kalau seperti ini nanti banyak ustad lagi yang mencabuli, saya jamin kalau hanya seperti ini pembelajarannya, enggak ada jeranya,” kata Hidmat kepada wartawan Yuli Saputra yang melaporkan untuk BBC News Indonesia.

“(Harapan kami) ada kebirinya kalau seumur hidup. Lolos dari hukuman mati enggak apa-apa, asal ada (hukuman) kebirinya,” lanjut Hidmat.

Dia melanjutkan, korban dan keluarganya telah “merasa sakit, kecewa, dan terluka” atas perbuatan Herry.

Herry Wirawan, pemerkosa 13 santriwati dihukum seumur hidup

Sebelumnya, dalam sidang vonis yang digelar di Bandung, Hakim Ketua Yohanes Purnomo Suryo menyatakan Herry terbukti bersalah telah memperkosa 13 santriwati yang merupakan anak didiknya. Delapan korban di antaranya bahkan sampai melahirkan sembilan orang anak.

Hakim kemudian menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup terhadap Herry karena telah melanggar Pasal 81 ayat (1), ayat (3), ayat (5) jo Pasal 76D Undang-undang Nomor 17 Tahun 2016 tentang Perlindungan Anak Jo Pasal 65 ayat (1) Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

Hakim juga memerintahkan agar sembilan anak dari para korban tersebut dirawat oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan nantinya dikembalikan kepada keluarga apabila korban sudah siap secara mental dan kejiwaan.

Sedangkan biaya restitusi atau ganti rugi terhadap korban sebesar Rp331 juta akan dibebankan kepada Kementerian Pemberdayaan dan Perlindungan Perempuan dan Anak (KPPPA) karena Herry telah dijatuhkan vonis seumur hidup.

Vonis tersebut lebih ringan dibanding tuntutan Jaksa Penuntut Umum agar Herry dihukum mati, dengan hukuman pidana tambahan berupa pengumuman identitas dan kebiri kimia, hukuman denda Rp500 juta, serta membayar restitusi kepada korban.

Dalam pertimbangannya, hakim menyatakan pidana lainnya tidak bisa dijatuhkan kepada terdakwa yang telah divonis hukuman seumur hidup. Begitu juga dengan pidana tambahan kebiri kimia yang tidak mungkin dilaksanakan apabila vonis yang dijatuhkan berupa penjara seumur hidup.

“Tidak mungkin setelah terpidana mati menjalani eksekusi mati atau menjalani pidana seumur hidup dan terhadap jenazah terpidana dilaksanakan kebiri kimia, lagipula pasal 67 KUHP tidak memungkinkan dilaksanakan pidana lain apabila sudah pidana mati atau seumur hidup,” kata hakim.

Sedangkan salah satu pertimbangan hakim sehingga menetapkan vonis seumur hidup adalah kondisi para korban yang trauma setiap kali melihat Herry maupun hanya mendengar suara Herry, sehingga kontak dalam bentuk apa pun dikhawatirkan memicu trauma korban kembali.

Baik Jaksa Penuntut Umum maupun kuasa hukum terdakwa hingga Selasa siang (15/02) belum memutuskan apakah akan menerima putusan hakim tersebut atau mengajukan banding.

Sementara itu, Direktur dan Konselor Women’s Crisis Center Pasundan Durebang, Ira Imelda menyatakan hal yang paling penting dilaksanakan saat ini adalah memastikan bahwa pemulihan korban berjalan baik dan ada jaminan perlindungan bahwa kejahatan serupa tidak berulang lagi.

“Kami berharap agar hak korban-korban diperhatikan, seperti restitusi dan pemulihan. Jadi bukan hanya pemidanaan,” kata Ira.

Sebelumnya diberitakan, sedikitnya 13 santri perempuan menjadi korban kasus dugaan kekerasan seksual yang dilakukan HW, pengampu suatu pondok pesantren di Bandung, Jawa Barat, sejak 2016 hingga 2021.

Baca juga : HUT RI: Siapa Laksamana Maeda, perwira Jepang yang disebut berperan dalam proklamasi kemerdekaan Indonesia?

Para santri yang menjadi korban kekerasan seksual rata-rata berusia 13-16 tahun, dengan beberapa di antaranya telah melahirkan bayi. Bahkan, salah satu korban telah melahirkan dua anak.

Kasus itu pertama kali dilaporkan kepada kepolisian Mei silam, namun baru diketahui publik ketika sidang ketujuh dengan agenda mendengar keterangan saksi di Pengadilan Negeri Bandung, Selasa lalu (07/12).

Herry pemilik dan pengurus Pondok Tahfiz Al-Ikhlas, Yayasan Manarul Huda Antapani dan Madani Boarding School Cibiru dituduh telah melakukan pemerkosaan terhadap anak-anak di bawah umur.

Ia dituding melanggar pasal 81 ayat 1 dan 3 UU Perlindungan Anak dan terancam hukuman maksimal 15 tahun penjara.

Minimnya sorotan publik terhadap kasus kekerasan seksual di pesantren ini memicu pertanyaan tentang pengawasan di lingkup pondok pesantren yang tertutup.

Padahal, merujuk data Komnas Perempuan pada periode 2015 – 2019, kekerasan seksual di lingkungan pesantren di posisi kedua terbanyak setelah universitas.

Komisioner Komnas Perempuan Siti Aminah Tardi, menyebut selama ini “belum ada intervensi” pengawasan di pesantren, termasuk terkait kekerasan seksual.

Hal itu diakui oleh kementerian yang mengurusi pesantren, Kementerian Agama, yang menyebut dalam posisi dilematis menyikapi kekerasan seksual di lingkup pesantren yang tertutup dan enggan diintervensi.

‘Tak bersosialisasi dengan warga’

Herry Wirawan, pemerkosa 13 santriwati dihukum seumur hidup

Bangunan Rumah Tahfidz Al Ikhlas, yang terletak di kota Bandung, Jawa Barat, tampak kosong dan sepi, Rabu siang (8/12).

Di depan bangunan mewah bertingkat itu terlihat sejumlah papan nama, antara lain Rumah Tahfidz Al Ikhlas, Forum Komunikasi Pendidikan Al Quran, dan Koperasi Syariah Al Ikhlas.

Salah satu warga, Suyatna, menyebut pemilik rumah itu, HW, “tak bersosialisasi” dengan warga sekitar.

Perempuan yang tinggal berdekatan dengan rumah itu mengatakan sejak awal pandemi Covid 19, tidak terlihat ada kegiatan di rumah bercat kuning itu.

Biasanya, beberapa kali terlihat ada murid rumah tahfidz yang berkegiatan di bangunan tersebut. Suyatna menyebut semua murid berjenis kelamin perempuan atau biasa disebut santriwati.

“Ada (santri) sebelum pandemi, setelah pandemi, bubar aja. (Santrinya) pada nginap, cewek semua,” kata ujar Suyatna.

“Enggak dengar di sini (ada kasus kekerasan seksual), tahu-tahu si santri sudah pindah semua,” kata Azid, warga yang lain.

Tak banyak warga mengetahui bahwa di lokasi itu pernah menjadi saksi bisu pemerkosaan yang dilakukan HW, pemilik dan pengurus rumah mengaji tersebut terhadap belasan santrinya.

Rumah itu adalah salah satu lokasi – yang lain termasuk beberapa lokasi pesantren, hotel dan apartemen – tempat Herry diduga melakukan kekerasan seksual terhadap sejumlah santri perempuan di bawah umur.

Hikmat, paman salah satu korban:

‘Berat betul bebannya…’

Keponakan saya pulang ke Garut dari rumah tahfiz di Bandung saat Lebaran, Mei 2021 lalu. Namanya orangtua, tahu anak perempuannya seperti apa. Anak itu kelihatan bengkak-bengkak badannya, layaknya orang sedang hamil.

Ketika ditanya sama orangtuanya, langsung menangis. Trauma, empat hari empat malam, dia tidak mau makan, tidak mau minum. Takut, [badannya] sampai menggigil terus.

Dari situ pertama kali kasusnya terungkap. Kemudian merembet ke korban yang ini, yang ini.

Langsung lah saya buat BAP (Berita Acara Pemeriksaan) ke Polda Jawa Barat, dua hari setelah lebaran, bersama teman pengacara dari Garut. Yang melaporkan, ayah keponakan saya yang satu lagi, sama jadi korban juga, tapi tidak sampai hamil.

Keponakan saya itu, punya potensi di bidang mengaji. Berhubung orangtuanya kurang mampu, terus diiming-imingi tahfiz Quran yang ada di Cibiru itu, sekolahnya gratis. [Saat itu] Kami bersyukur ada sekolah dan pesantren gratis, ya berangkatlah ke sana.

Apalagi di Bandung dan sekolahnya pernah ada kunjungan dari Pak Wakil Gubernur Jawa Barat, Pak Uu. Makanya kita lebih percaya.

(Saat dikonfirmasi, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menyatakan tidak pernah mengunjungi sekolah tersebut.)

Tahu-tahunya di tengah perjalanan ada musibah seperti ini, sampai hamil.

Keponakan saya umurnya sekarang 17 tahun. Dia sekolah di sana dari 2016-2017 kalau tidak salah. Keluarga berangkat ke sana juga melihat anak-anak itu. Awalnya sekolah yang di Antapani, lalu di Cibiru karena ada dua sekolah. Yang masih kecil-kecil di Antapani, yang besar dibawa ke Cibiru.

Keponakan saya lama [mengalami kekerasan seksual]. Dia mulai dirayu-rayu dari 2018. Kejadian [diperkosa] sekitar 2019-2021. Selama setahun itu, dari lebaran ke lebaran lagi. Pulang kemarin (Mei 2021), ketahuan hamil.

Selama itu, dia tidak bilang ke orangtua. Handphone ditahan tidak boleh dipakai, jadi tidak bisa komunikasi. Pulang juga cuma setahun sekali.

Pelaku merayu keponakan saya, seolah-olah dia itu merayunya lembut, tapi ada tekanan-tekanan juga. Dibilang harus patuh kepada guru lah, ini lah, itu lah, seolah ada pemaksaan.

Pokoknya [kelakuan si pelaku] sudah kayak setan. Anak pulang ke sini sampai menggigil, trauma berat, takut. Tapi kemudian ada pendampingan dari perlindungan anak dan perempuan dari pemerintah provinsi dan kabupaten.

Jadi di wilayah saya ini ada empat korban, semuanya masih ada ikatan keluarga. Dari empat korban itu, tiga hamil dan melahirkan, satu korban tidak sampai hamil, tapi dia juga diperkosa.

Tiga [bayi yang dilahirkan] malah sudah besar. Keponakan saya baru dua bulan melahirkan. Neneknya [ibu korban] yang mengurus. Keponakan saya tidak [mengurus], tapi namanya ke anak, mau bagaimana lagi.

Berat betul [bebannya]. Alhamdulillah ada bidan desa, saya suruh perhatikan mulai dari ASI, imunisasi, selayaknya orang-orang kebanyakan.

Kondisi korban lain yang punya anak juga sama. Yang ngeri itu, salah satu korban karena dari sisi ekonomi tidak mampu. Saya pergi ke rumahnya, saya melihat tidak ada susu atau kebutuhan [bayi]. Kasihan juga.

Korban semua mengalami trauma. Namanya di kampung, satu persoalan satu bibir di semua lini. Ya, malu lah. Malu, menangis kalau ingat tragedi itu, trauma.

Alhamdulillah, [korban] dikasih support sampai hari ini, supaya dia masih punya semangat untuk, kalau bisa dilanjutkan sekolahnya.

Saya bilang, kita tidak perlu malu, karena tidak mau sama mau. Itu ada tekanan atau paksaan, jadi tidak usah malu.

Harapan dari keluarga, minimal hukuman kebiri dan hukuman seumur hidup. Kalau memang perlu hukuman mati. Ya memang sudah layak kalau orang seperti itu karena yang jadi korbannya lebih dari 10 orang.

Harus ada pertanggungjawaban, karena ada musibah ini akibat adanya kelalaian. Kelalaian dalam artian pengawasan ke pesantren-pesantren itu. Asalkan dapat izin, berdiri sekolah di mana-mana, kan sekarang seperti itu.

Tapi kalau biayanya mahal-mahal, keadaan tidak mampu, ya bagaimana lagi, makanya cari yang gratis-gratis seperti itu.

Harapan saya, khususnya untuk wilayah Garut Selatan, diadakan pesantren khusus dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Ini kan musibah, tapi di balik ini mudah-mudahan ada anugerah. Generasi muda yang saat ini di PAUD dan SD, jangan sampai ada kejadian seperti ini lagi.

Pelaku ‘mengeksploitasi korban’

Kasus ini baru mengemuka ketika aktivis perempuan Nong Andah Darol Mahmada mengunggah utas di Twitter yang mengungkap kasus kekerasan seksual yang terkubur rapat itu.

Utasnya disukai dan diunggah ulang ribuan kali dan menjadi perbincangan di dunia maya.

Kepada BBC News Indonesia, Nong menyebut kasus kekerasan seksual ini “luar biasa” karena selain para korban yang berusia di bawah umur, kekerasan seksual itu dilakukan oleh seseorang yang mengaku sebagai guru agama.

“Yang terjadi malah si gurunya ini memanfaatkan atau mengeksploitasi,” kata Nong.

Apalagi, kasus ini sudah terjadi sejak 2016, namun baru terungkap setelah bertahun-tahun terjadi.

Tak hanya dieksploitasi secara seksual, tenaga para santri juga dieksploitasi untuk membangun bangunan pesantren, kata Mary Silvita, pendamping para korban

Ia mengungkap terbongkarnya kasus ini bermula dari temuan tetangga salah satu korban, yang beberapa bulan lalu pulang ke rumahnya di Garut, Jawa Barat, setelah “mondok” di sebuah pesantren di Bandung.

Tetangga itu – yang kini menjadi salah satu saksi kekerasan seksual tersebut – mendapati korban yang berusia sekitar 16 tahun membeli alat uji kehamilan di sebuah warung.

Orang tua korban yang mendapat laporan dari tetangga tersebut langsung menanyakan langsung kepada korban, yang kemudian mengaku bahwa dia harus melakukan tes kehamilan karena sudah berhubungan seksual dengan pengasuh pondok pesantrennya.

“Ini yang kemudian menjadi pukulan berat bagi keluarga. Keluarga langsung membuat laporan polisi,” ungkap Marry.

Pada 18 Mei 2021 silam, para orang tua korban akhirnya melaporkan kekerasan seksual yang dilakukan HW kepada polisi. Ia kemudian ditahan pada 1 Juni 2021 dan saat ini sedang diadili.

Berdasar surat dakwaan yang diterima BBC News Indonesia, Herry disebut telah melakukan “beberapa kejahatan” berupa “perbuatan asusila terhadap anak korban santriwati di lingkungan Pesantren Tahfidz Madani”.

“Sebagai pendidik telah melakukan telah melakukan kekerasan atau ancaman kekerasan memaksa anak melakukan persetubuhan dengannya atau orang lain,” tulis surat dakwaan bernomor registrasi REG. PERK:PDM – 833/BDG/09/2021 yang dikeluarkan oleh Kejaksaan Negeri Bandung tersebut.

Ia dituduh melanggar Pasal 81 ayat 1 dan 3 Jo pasal 76 D UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak Jo pasal 65 (1) KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara.

Komisioner Komnas Perempuan, Siti Aminah Tardi, menyebut bahwa persidangan kasus kekerasan seksual ini adalah “langkah yang maju” sebab, banyak kasus kekerasan seksual yang lain tidak berlanjut sampai proses persidangan.

“Ada beberapa kasus tidak berlanjut karena misalnya korban menarik laporan atau pelaku menghilang,” kata Ami.

Kebanyakan kasus kekerasan seksual tidak berlanjut karena terbentur oleh masalah pembuktian dan relasi kuasa.

Deviasi jumlah korban

Menurut data Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA) Jabar, tercatat ada 13 santri perempuan yang menjadi korban pemerkosaan dan persetubuhan di bawah umur, empat di antaranya sudah melahirkan bayi.

Salah satu di antara mereka bahkan sudah melahirkan dua kali.

“Namun data yang kami dapatkan langsung dari korban, jumlah bayi yang dilahirkan itu ada sembilan, sementara data dari UPTD PPA itu hanya ada lima,” ungkap Mary.

“Data yang kami dapat langsung saat mendatangi korban, korbannya ada delapan. Delapan yang melahirkan, bayinya ada sembilan,” imbuhnya.

Deviasi angka tentang jumlah anak yang sudah dilahirkan dari perbuatan asusila pelaku, menurut Mary, “akan sangat berdampak pada penghitungan restitusi”.

“Menurut kami menjadi penting setiap bayi dan anak-anak yang menjadi korban harus dijamin masa depannya. Harus ada restitusi yang setimpal yang bisa menjamin masa depan mereka,” terang Mary kemudian.

Adapun, dalam surat dakwaan, jumlah korban Herry mencapai 14 orang, lebih banyak dari yang dicatat oleh Mary dan UPTD PPA Jabar.

Mary meyakini bahwa korban kekerasan seksual yang dilakukan oleh Herry berpotensi lebih dari apa yang tercatat saat ini.

Sebab, data yang ia peroleh dari para santri, jumlah keseluruhan santri sebanyak 40 orang.

“Sementara ada yang sudah keluar, ada yang pergi entah ke mana, dan ada yang dikeluarkan.

Apalagi, merujuk surat dakwaan jaksa, aksi perbuatan asusila itu sudah dilakukan pelaku sejak 2016.

Mary menambahkan, modus yang dilakukan oleh pelaku adalah menawarkan pesantren gratis terhadap para santri perempuan di berbagai daerah di Jawa Barat. Kebanyakan dari mereka berasal dari Garut, dengan latar belakang ekonomi menengah ke bawah.

Kasus ‘disimpan’ karena ‘kasihan’

Kendati kasus dugaan kekerasan terhadap belasan santri perempuan itu sudah dilaporkan sejak Mei silam, namun kasus itu minim sorotan publik.

Akan tetapi, menurut pengakuan Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama, Waryono, ia telah “mendengar kasus ini sejak lama”.

Namun karena para korban adalah santri perempuan yang berusia di bawah umur, lanjut Waryono, pihaknya bersama lembaga swadaya masyarakat pendampingan perempuan untuk “menyimpan” kasus ini.

“Karena kasihan juga santrinya.”

“Waktu itu kami langsung berkoordinasi dengan pihak Polda, NGO, bersepakat untuk sementara kami tetap berproses, artinya kiainya tetap diproses, [hukum], korban juga mendapat pendampingan.”

“Kita menyelesaikan [kasusnya], tapi kemudian tidak menjadi urusan publik. Karena kalau nanti urusan publik, ramai tapi kasusnya belum selesai. Itu pendekatan kami waktu itu,” jelas Waryono.

Ia mengingatkan publik agar tidak mudah menyebut tempat mengaji sebagai pesantren karena menurut Undang-Undang Pesantren, pesantren itu harus memenuhi sejumlah persyaratan.

“Nah di masyarakat ini kan gampang sekali menyebut rumah mengaji sebagai pesantren, padahal dia tidak memenuhi kualifikasi disebut pesantren menurut regulasi,” kata Waryono.

Dijelaskan oleh Waryono, saat ini Kementerian Agama tengah mendalami kasus ini, seraya memastikan kualifikasi pesantren yang disebut dimiliki dan dikelola oleh Herry, termasuk kualifikasinya sebagai ‘kiai’.

“Kalau ini benar, sebenarnya kualifikasinya bukan kiai. Kalaupun layak baru ustaz ,” jelas Waryono.

Tak ada pedoman pencegahan

Ini bukan kali pertama kasus kekerasan seksual terjadi di lingkungan pesantren.

Beberapa waktu lalu, anak kiai pemilik pesantren Shiddiqiyah di Jombang, Jawa Timur, dituduh melakukan kekerasan terhadap sejumlah santri sejak 2017.

Saksi yang melaporkan kasus itu justru diancam dengan UU ITE.

Fenomena kekerasan seksual di pesantren yang berulang, disebut oleh aktivis perempuan Nong Andah Darol Mahmada karena kuatnya relasi kuasa di lingkungan pesantren.

“Justru itu yang harus dibongkar. Mungkin pesantren dianggap sebagai institusi berdasarkan Islam atau mendidik nilai-nilai Islam lalu percaya aja bahwa tidak akan melakukan hal yang dilakukan Herry ini.

“Karena beranggapan seperti itu lah, kita semua akhirnya kecolongan,” kata dia.

Senada, Siti Aminah Tardi dari Komnas Perempuan menegaskan yang perlu dilakukan saat ini adalah memberikan penegakkan hukum terhadap kasus kekerasan seksual di pesantren,

“Bahwa pesantren tidak kebal terhadap hukum pidana,” katanya.

Ia menyebut selama ini “belum ada intervensi” pengawasan di pesantren, termasuk terkait kekerasan seksual.

Undang-Undang Pesantren, menurut Siti Aminah, tidak mengatur kewajiban tentang membangun ruang aman bagi seluruh komunitas pesantren, termasuk pengawasan kekerasan seksual.

“Dari segi pengawasan, harus didorong langkah-langkah responsif dari Kementerian Agama untuk melakukan pencegahan, kemudian memberikan panduan penanganan kalau ada kekerasan seksual,” jelas Siti.

Saat ini, baru ada pedoman pencegahan dan penanggulangan kekerasan seksual pada perguruan tinggi keagamaan Islam, namun belum ada pedoman serupa untuk lingkungan pesantren.

Sesuatu kekurangan yang diakui oleh Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama, Waryono.

“Kami tidak membuat, atau belum membuat pedoman, tapi kami bersama Kementerian Pemberdayaan dan Perlindungan Anak, membuat pedoman bagaimana pesantren itu ramah anak, ramah santri,” kata Waryono.

“Kita preventif, jangan sampai anak-anak santri yang dipercayakan ke pesantren itu kemudian mengalami sesuatu yang tidak diharapkan. Makanya kami membuat pedoman pesantren ramah anak,” imbuhnya.

Pedoman itu mengatur bagaimana anak-anak santri itu nyaman dalam tumbuh kembangnya.

“Salah satunya, tidak mendapat kekerasan seksual,” tegasnya.

Menyoal kasus kekerasan di lingkungan pesantren yang banyak terjadi, Waryono beralasan kasus itu sering terjadi di lembaga pendidikan Islam yang melabeli diri sebagai pesantren.

“Jangan-jangan, dia hanya menggunakan label pesantren, tapi belum memenuhi regulasi. Tapi kami juga merasa bertanggung jawab bagaimanapun dia anak bangsa yang harus dilindungi, baik dia di pesantren yang sesuai regulasi, ataupun tidak.”

Ia menambahkan banyak pesantren enggan diintervensi dan tertutup dari dunia luar. Hal ini menjadi problematis ketika terjadi kekerasan seksual di pesantren tersebut.

“Problemnya di situ, sehingga kami tidak bisa lebih jauh mengawasi ini total di dalamnya pesantren itu prakteknya seperti apa. Kita nggak bisa masuk, karena itu otoritas kiai sepenuhnya.”

Ke depan, Waryono menambahkan, di samping memiliki buku pedoman, pihaknya akan membuat langkah-langkah pencegahan kekerasan seksual di lingkungan pesantren.

Adapun anggota DPRD Kota Bandung, Yoel Yasaphat mengatakan, yang bisa dilakukan saat ini untuk mencegah kekerasan seksual di lingkungan pesantren adalah memperketat izin dari pesantren-pesantren yang ada.

“Kadang-kadang mereka bikin panti asuhan, tapi dibikin untuk pesantren. Jadi izinnya apa dipakai apa, jadi ini perlu ada controling dan nggak cuma ngeluarin izin saja, tapi pelaksanaannya harus dilihat,” katanya.

Merujuk data Kementerian Agama, saat ini ada lebih dari 35.000 pesantren yang memiliki izin di Indonesia.

HUT RI: Siapa Laksamana Maeda, perwira Jepang yang disebut berperan dalam proklamasi kemerdekaan Indonesia?

Pada 16 dan 17 Agustus 1945, naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia dirumuskan dan ditulis di rumah seorang perwira tinggi Angkatan Laut Jepang, Laksamana Muda Tadashi Maeda. Siapa dia?

Conchupvcindonesia – Naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia menyimpan banyak kisah. Salah satunya adalah tempat dia dirumuskan, yaitu di Jalan Imam Bonjol Nomor 1, Jakarta Pusat—rumah yang dulunya dihuni oleh Laksamana Tadashi Maeda. Mengapa rumah Maeda dipilih? Dan siapa dia?

Pada 16 Agustus 1945, Sukarno dan Hatta diculik oleh Soekarni Kartodiwirjo dan beberapa pemuda ke Rengasdengklok, Jawa Barat.

Tanpa kemunculan dua sosok tersebut, sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan (PPKI) bentukan Jepang terpaksa harus ditunda.

Achmad Soebarjo, yang kala itu bekerja di kantor penasehat Angkatan Darat Jepang, kemudian mendapat informasi bahwa Sukarno-Hatta diculik ke Rengasdengklok.

Dia segera ke sana dan bernegosiasi agar Sukarno dan Hatta bisa dibebaskan. Para pemuda bersedia membebaskan kedua tokoh itu dengan syarat proklamasi harus segera diumumkan tanpa bantuan Jepang.

Bonnie Triyana, seorang sejarawan sekaligus Pemimpin Redaksi majalah Historia, menilai peristiwa penculikan Rengasdengklok ini sebagai suatu kelokan dalam sejarah Indonesia.

“Kalau mereka tidak diculik mungkin mereka hadir di sidang PPKI dan membacakan kemerdekaan. Tapi akan sangat lain maknanya kalau kita lihat secara kontrafakta apa yang terjadi pada Sukarno Hatta dan apa yang terjadi pada bangsa Indonesia apabila mereka tidak diculik. Ya mereka tanggal 16 Agustus pagi memimpin sidang PPKI dan Bung Hatta sudah menyiapkan naskah pidato kemerdekaan yang akan dibagi-bagikan kepada anggota PPKI,” paparnya.

‘Jangan halang-halangi kami merdeka’

Malam harinya, Sukarno dan Hatta kembali ke Jakarta guna memverifikasi kekalahan Jepang di tangan sekutu.

Berkat koneksi Achmad Soebarjo, para tokoh meluncur ke rumah Laksamana Tadashi Maeda, perwira penghubung Angkatan Laut Jepang di Jakarta. Saat itu Jakarta dikuasai Angkatan Darat Jepang.

Maeda mengusulkan agar Sukarno, Hatta, dan Achmad Soebarjo menemui Mayor Jenderal Moichiro Yamamoto, kepala staf Tentara Angkatan Darat ke-16 yang menjadi kepala pemerintahan militer Jepang di Hindia Belanda atau yang disebut Gunseikan.

Yamamoto tidak menerima Sukarno-Hatta yang diantar oleh Laksamana Maeda. Ia memerintahkan Mayor Jenderal Otoshi Nishimura, Kepala Departemen Urusan Umum Pemerintahan Militer Jepang, untuk menerima kedatangan rombongan tersebut.

Nishimura mengatakan kondisi sudah berubah, janji kemerdekaan sudah tidak bisa lagi diwujudkan.

Jaka Perbawa, kurator koleksi Museum Perumusan Naskah Proklamasi, mengatakan bahwa dalam kesempatan itu Sukarno meminta Nishimura agar tidak menghalangi kemerdekaan Indonesia.

“Kecewa dengan jawaban Nishimura, Bung Karno dan Bung Hatta akhirnya meminta kepada Nishimura: Kalau janji kemerdekaan sudah tidak bisa lagi diwujudkan, jangan halang-halangi kami merdeka dengan cara kami sendiri,” jelas Jaka.

Mengenal Sosok Laksamana Maeda

Dari sini, menurut Jaka, terbetik ide untuk menggunakan rumah Laksamana Maeda sebagai tempat persiapan kemerdekaan Indonesia.

“Pertimbangan wilayah Menteng, pertimbangan rumah Maeda sebagai wilayahnya Angkatan Laut Jepang yang tidak bisa sembarangan dimasuki kempetai Jepang. Di sinilah peran Soebardjo ketika memilihkan tempat yang aman agar tidak ada gangguan dari Angkatan Darat Jepang maupun kempetai.

“Terjadilah proses meminta izin. Achmad Soebardjo, Bung Karno, dan Bung Hatta meminta izin kepada Laksamana Maeda 16 Agustus waktu itu pukul 10 malam. Apakah bersedia rumahnya dipakai sebagai tempat persiapan kemerdekaan atau tidak,” papar Jaka.

Setelah Maeda mengizinkan, para pemuda berinisiatif menjemput anggota PPKI. Beberapa anggota PPKI yang berasal dari luar Jakarta seperti dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi ditempatkan di Hotel Des Indes.

Dalam beberapa versi sejarah disebutkan bahwa setibanya di rumah, Maeda beristirahat di lantai atas namun meminta ke ajudannya, yaitu Shigetada Nishijima, untuk mengawal peristiwa tersebut serta memerintahkan kepala rumah tangga menyiapkan makanan dan minuman untuk para tokoh di lantai bawah.

Menurut Bonnie Triyana, keterlibatan Maeda di rumahnya dengan para tokoh kemerdekaan sempat disembunyikan selama beberapa tahun setelah proklamasi 1945.

“Anda bisa bayangkan apabila rapat perumusan proklamasi ini tersiar luas di rumah seorang Jepang dihadiri oleh orang Jepang, apa yang akan dibuat oleh propagandanya Belanda yang waktu itu ingin balik lagi?

“Wah, Indonesia ini bentukan fasisme Jepang, Indonesia ini boneka Jepang. Itu kampanye yang dilakukan Belanda meyakinkan pada sekutu bahwa ini harus dikembalikan keadaannya sebelum perang karena pemerintah sekarang tidak legitimate, dia disokong Jepang” papar Bonnie.

Siapa Maeda?

Sebelum menjadi tuan rumah bagi Sukarno, Hatta, dan para tokoh kemerdekaan, Maeda sudah tinggal di Jakarta sejak 1930-an, menurut Jaka Perbawa.

“Laksamana Maeda di periode 1930-an itu sudah tinggal di Indonesia dan beberapa orang Jepang lainnya, mereka ditempatkan sebagai mata-mata. Tindakan infiltrasi dinas intelijen Jepang untuk merangkul, mendata kira-kira baik itu tokoh-tokoh golongan muda ataupun tua yang bisa diajak bekerja sama untuk mewujudkan Persemakmuran Asia Timur Raya.

“Mereka sudah tahu siapa saja tokoh-tokoh yang bisa direkrut dan Achmad Soebardjo salah satunya,” kata Jaka.

Dalam catatan Shigetada Nishijima yang dihimpun Universitas Waseda di Tokyo, Laksamana Maeda membentuk Jakarta Kaigun Bukanfu, yang beranggotakan kurang lebih 77 orang dari kalangan militer dan sipil, 13 orang di antaranya adalah perempuan.

WP Suhartono dalam buku terbitan 2007 berjudul Kaigun Angkatan Laut Jepang: Penentu Krisis Proklamasi, menyebut pembentukan Jakarta Kaigun Bukanfu untuk memperoleh dukungan massa melalui tokoh-tokoh nasionalis demi kemenangan Perang Asia Timur Raya.

Organisasasi Jakarta Kaigun Bukanfu bermarkas di bekas bangunan gedung Volkscreditbank (Bank Kredit Rakyat) pada masa Hindia Belanda. Bangunan berlantai dua tersebut sampai saat ini masih berdiri kokoh dan menjadi Markas Besar Angkatan Darat di jalan Medan Merdeka Utara Jakarta Pusat.

Jalinan Laksamana Maeda dengan Achmad Soebardjo dan tokoh-tokoh nasionalis lainnya membuahkan pembentukan Asrama Indonesia Merdeka di kawasan Kebon Sirih, Jakarta.

“Acmad Soebardjo lah yang menjadi kepercayaannya Maeda dengan membentuk Asrama Indonesia Merdeka di Kebon Sirih. Bung Karno pun mengajar di sana, Iwa Kusumasumantri mengajar di sana,” kata Jaka Perbawa.

Laksamana Maeda harus menanggung konsekuensi berat setelah mengizinkan rumahnya sebagai tempat perumusan naskah proklamasi. Saat Inggris datang pada September 1945, Maeda dan stafnya, Shigetada Nishijima, ditangkap dan dimasukkan ke penjara Glodok dan rutan Salemba.

Dalam wawancara dengan Basyral Hamidy Harahap yang dituangkan dalam buku berjudul, Kisah Istimewa Bung Karno, Nishijima membeberkan kisahnya di dalam penjara dengan Maeda.

Dia dipaksa mengaku oleh Belanda untuk mencap Republik Indonesia merupakan bikinan Jepang. Sebab dalam tanggal naskah proklamasi tertulis ’05 berdasarkan tahun Jepang, bukan ’45.

Nishijima mengatakan, walau dirinya disiksa sampai buang air kecil berdarah, dia tetap tidak mengaku.

Setelah dipulangkan ke Jepang, Maeda mengundurkan diri dari angkatan laut Jepang menjadi rakyat biasa, tidak memiliki tunjangan pensiun.

Namun, Jaka Perbawa dari Museum Perumusan Naskah Proklamasi menengarai bahwa generasi ketiga tahun 2000-an kemungkinan memposisikan Maeda sebagai sosok yang layak diperhitungkan dalam percaturan pasca Perang Dunia II.

“Ini dibuktikan dengan beberapa kali kurang lebih dua sampai tiga kali taruna-taruna angkatan laut Jepang merapat dengan kapal di Tanjung Priuk dan datang ke museum ini khusus untuk mencari tahu di mana Maeda tinggal,” tutur Jaka.

Pada 17 Agustus 1977, Maeda diundang pemerintah Indonesia untuk menerima tanda kehormatan Bintang Jasa Nararya.

Perumusan naskah proklamasi

Mengenal Sosok Laksamana Maeda

Memasuki 17 Agustus 1945 tengah malam, puluhan tokoh pemuda serta anggota PPKI telah berkumpul di rumah Laksamana Maeda.

Proses perumusan naskah proklamasi dilakukan oleh Sukarno, Hatta, dan Achmad Soebardjo di ruang makan, sedangkan yang lainnya menanti di ruang besar.

“Bung Karno ingin Bung Hatta yang mendikte karena Bung Hatta yang paling tertib bahasanya. “You diktein, saya tulis” kata Bung Karno. Makanya ada corat-coret. Ada Soebardjo juga bertiga mereka merumuskan,” kata Bonnie.

Seusai merumuskan naskah proklamasi, Sukarno melangkah ke ruang besar di rumah Laksamana Maeda, tempat berkumpul 40 sampai 50-an orang.

Hatta mengusulkan agar mengikuti deklarasi kemerdekaan Amerika Serikat yang founding fathersnya meneken semua.

“Kemudian Sukarni datang dengan usul dua orang saja yang tandatangan, Sukarno dan Hatta, tapi atas nama rakyat Indonesia. Ya sudah disetujui,” kata Bonnie.

Setelah disepakati siapa yang harus menandatangani apa saja yang harus diubah dan sudah sepakat, Sukarno meminta kepada Sayuti Melik untuk mengetik naskah proklamasi dengan didampingi wartawan BM Diah.

Namun, masalah muncul. Laksamana Maeda tidak memiliki mesin ketik dengan huruf Latin, tapi huruf kanji.

Berdasarkan kesaksian Satsuki Mishima, selaku asisten rumah tangga di kediaman resmi Maeda, bahwa atas perintah Maeda, dia berusaha untuk mencari dan meminjam sebuah mesin ketik dari Konsulat Jerman.

“Di sana ada Mayor Kandelar. Akhirnya mesin ketik Angkatan Laut Jerman itulah yang digunakan untuk mengetik naskah Proklamasi,” tutur Jaka Perbawa, kurator koleksi Museum Perumusan Naskah Proklamasi.

Saat mengetik, Sayuti Melik mengubah tiga kata dari tulisan tangan Sukarno, seperti kata ‘tempoh’ menjadi hanya ‘tempo’. Kemudian ‘wakil-wakil bangsa Indonesia’ menjadi ‘atas nama bangsa Indonesia.’

Lalu penulisan tahun. Pada naskah tulisan bung Karno tertulis: ‘Jakarta, 17-8-05’, oleh Sayuti Melik ditambah menjadi ‘hari 17 bulan 8 dan tahun 05’.

“Tahun 05 merupakan penanggalan kalender Jepang 2605 itu setara dengan 1945, karena di jaman Jepang, mereka tidak menggunakan tahun Masehi di semua terbitan harus menggunakan tahun Jepang,” kata Jaka.

Setelah naskah proklamasi rampung diketik pukul 02.00 dini hari, Sukarno dan Hatta membubuhkan tanda tangan di atas grand piano yang ada di rumah Maeda.

Berbekal naskah yang telah ditandanganinya, Sukarno memproklamasikan kemerdekaan Indonesia beberapa jam kemudian di kediamannya yang terpaut hampir dua kilometer dari rumah Laksamana Maeda.

Secara keseluruhan rumah Maeda hanya digunakan selama empat jam. Namun, empat jam itu lah yang turut menentukan nasib Indonesia sebagai sebuah negara.

“Semuanya seperti seperti belokan di sejarah. Rumah ini seperti sebuah halte yang dilewati dalam rangkaian sejarah kita. Jadi sebelum halte-halte lain kita lewati ini salah satu halte di mana kemerdekaan kita dirumuskan,” pungkas Bonnie.

Berita VAKSIN MODERNA LEBIH BAIK DARI VAKSIN LAINNYA

Conchupvcindonesia – Vaksin COVID-19 Moderna atau mRNA-1273 adalah sebuah vaksin COVID-19 yang dikembangkan oleh National Institute of Allergy and Infectious Diseases (NIAID), Biomedical Advanced Research and Development Authority (BARDA), dan Moderna. Vaksin tersebut disuntikan pada intraotot. Pada 18 Desember 2020, mRNA-1273 dikeluarkan melalui perintah pemakaian darurat oleh Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat. Dalam pemberian vaksin COVID-19, petugas kesehatan dan lansia diprioritaskan untuk mendapatkan vaksin. Vaksin Moderna cukup aman dan efektif pada orang yang kondisi medisnya terkait dengan peningkatan risiko penyakit parah seperti darah tinggi, diabetes, asma, paru-paru, penyakit ginjal, dan infeksi kronis.

Vaksin Moderna direkomendasikan untuk usia >18 tahun namun keefektifan dan keamanan untuk orang <18 tahun belum dijamin. Vaksin ini tidak diperkenankan untuk seseorang yang memiliki reaksi alergi yang parah (anafilaksis) atau reaksi alergi langsung bahkan jika reaksi alergi tidak parah setelah mendapatkan dosis pertama, dan tidak diperkenankan untuk mendapat dosis kedua dari salah satu vaksin mRNA.  Setelah pemberian vaksin, efek samping yang paling sering muncul yang berlangsung beberapa hari adalah nyeri di tempat suntikan, kelelahan, sakit kepala, nyeri otot, menggigil, nyeri sendi, pembengkakan kelenjar getah bening di bagian lengan, mual, muntah, serta demam. Efek samping ini kebanyakan dialami setelah pemberian dosis kedua dibanding dosis pertama.

Berita VAKSIN MODERNA LEBIH BAIK DARI VAKSIN LAINNYA

Bahan-bahan dalam pembuatan vaksin ini diantaranya mRNA (bahan medis), 1,2-distearoyl-sn-glycero-3-phosphocholine (DSPC), asam asetat, kolestrol, lipid SM-102, polietilen glikol (PEG) 2000 DMG, natrium asetat, sukrosa, trometamin, trometamin hidroklorida, dan air sebagai injeksi.

Vaksin Moderna bekerja dengan cara mengajarkan sel tubuh bagaimana membuat protein yang akan memicu respon imun tanpa menggunakan virus hidup yang menyebabkan COVID-19. Setelah terpicu, tubuh akan membentuk antibodi. Antibodi ini yang akan melawan infeksi virus jika virus yang sebenarnya masuk kedalam tubuh suatu saat nanti. Ribonucleic Acid atau RNA merupakan molekul yang memberikan instruksi pada sel untuk membentuk protein. Vaksin mRNA memberikan petunjuk genetik dalam pembuatan protein lonjakan SARS-CoV-2 yang ditemukan di permukaan virus penyebab COVID-19. Saat vaksin masuk kedalam tubuh sel akan membaca instruksi genetik seperti resep dan menghasilkan protein lonjakan. Setelah potongan protein dibuat, sel memecah instruksi dan membuangnya. Selanjutnya sel akan menampilkan potongan protein di permukaan. Sistem kekebalan tubuh kita mengenali bahwa protein tidak termasuk dan mulai membangun tanggapan kekebalan dan membentuk antibodi. Pada dasarnya vaksin Moderna dan Pfizer-BioNTech menggunakan teknologi yang sama dalam pembuatan vaksinnya yaitu teknologi mRNA, yang pada prinsipnya secara alamiah tubuh selalu menggunakan mRNA dalam pembentukan berbagai jenis protein yang dibutuhkan tubuh untuk tetap sehat.

“Kami sangat senang bahwa kemanjuran vaksin Covid-19 stabil di 93% dalam empat hingga enam bulan,” ujar Chief Executive Moderna Stephane Bancel, seperti dilansir dari Reuters, Kamis (5/8/2021). “Durasi yang kuat ini akan menguntungkan ratusan juta orang yang telah disuntikkan vaksin Moderna.”

Cara kerja vaksin Moderna yaitu dengan menstimulasi pertahanan alamiah tubuh (sistem imun), vaksin bekerja dengan membuat tubuh memproduksi sendiri perlindungan (antibodi) terhadap virus corona. Moderna menggunakan messenger ribonucleic acid (mRNA) untuk menyampaikan serangkaian instruksi yang dapat digunakan sel-sel dalam tubuh untuk membuat antibodi guna melawan virus. Setelah dilakukan penyuntikan vaksin Moderna, belum tentu akan terlindungi secara sepenuhnya dari COVID-19, kemungkinan perlindungan sepenuhnya sampai 2 minggu setelah dosis kedua vaksin. Kandungan Vaksin Moderna yaitu polietilen glikol/makrogol (PEG) sebagai bagian dari PEG2000-DMG, ini merupakan botol multidosis yang berisi 10 dosis 0.5 mL. Zat aktif dalam setiap dosis adalah 0.10 mg mRNA yang mengode glikoprotein Spike stabil pra-fusi dari SARS-CoV yang tertanam dalam nanopartikel lipid.

Vaksin Moderna diberikan dalam dua dosis, dosis pertama disuntikan untuk membangun perlindungan, dan dosis kedua untuk memperkuat perlindungan. Vaksin diberikan melalui suntikan (0.5 mL) ke dalam otot lengan. Agar vaksin bekerja maksimal, vaksin perlu diberikan 2 dosis: dosis tunggal dan dosis kedua dengan jarak satu bulan. Waktu yang diperlukan untuk mengembangkan kekebalan yang signifikan terhadap COVID-19 diperlukan waktu sekitar 2 minggu, dosis kedua memberikan perlindungan yang lebih. Kemungkinan efek samping yang muncul selama penelitian serupa dengan efek samping vaksin lain, masih dalam kategori ringan atau sedang seperti sakit di area suntikan, tubuh menggigil, demam dan merasa lelah. Efek ini normal dan tidak menimbulkan risiko kesehatan. Dalam menilai keamanan vaksin Moderna, Health Canada melakukan tinjauan ilmiah yang sangat ketat dan tidak ada masalah keamanan terdeteksi.

Health Canada terus memantau semua obat-obatan dalam upaya pencegahan COVID-19, setelah vaksin dipasarkan produsen (Moderna Thaerapeutics Inc.) secara hukum diwajibkan untuk melaporkan segala kejadian terkait vaksin. Menurut sebuah penelitian, seseorang yang sebelumnya menderita COVID-19 dan menerima satu dosis vaksin Pfizer atau Moderna memiliki perlindungan yang sama atau bahkan lebih baik daripada seseorang yang tidak menderita COVID-19 dan mendapatkan dua dosis. Vaksin Pfizer atau Moderna, didasarkan pada teknologi RNA baru. Sampel peserta disuntikkan, pada suntikan pertama, tingkat antibodi tubuh yang terinfeksi sebelumnya adalah 10 hingga 45 kali lebih tinggi dari mereka yang belum terinfeksi. Pada suntikan kedua, tingkat antibodi di antara mereka yang sebelumnya terinfeksi masih tercatat enam kali lebih tinggi dari pada yang tidak terinfeksi sebelumnya.

 

“Kami menghimbau kepada pemerintah daerah untuk memberikan vaksin merek Moderna sebagai dosis ketiga hanya  untuk booster nakes. Selain untuk nakes, vaksin COVID-19 Moderna juga diperuntukkan bagi publik, khususnya ibu hamil dan masyarakat yang memiliki komorbid, yang belum pernah mendapatkan vaksinasi sama sekali,” terang dr. Siti Nadia Tarmizi M.Epid, Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes RI.

7 Tips Memilih Lemari Pakaian untuk Kamar Kecil

Conchupvcindonesia – Apakah kalian sudah mendapatkan lemari yang pas? Jika belum, maka ini adalah tips memilih lemari pakaian di kamar yang kecil yang harus kalian ketahui agar tidak salah pilih dan suasana kamar tidurmu semakin nyaman.

1. Mengetahui berapa luas lahan yang tersedia di dalam kamar

Pertama, untuk mengetahui tips memilih lemari pakaian di kamar yang kecil adalah dengan mengetahui seberapa luas ruang kosong yang ada di kamar. Jika kalian sudah mengetahui hal ini, tentu akan lebih mudah menentukan ukuran lemari pakaian.

Tips memilih lemari pakaian di kamar yang kecil akan dapat dilakukan jika kalian mengingat berapa banyak baju yang dimiliki. Apakah cukup jika semuanya dimasukkan ke dalam lemari baju? Jika tidak, maka salah satu tips memilih lemari baju di kamar yang kecil adalah dengan menaruh barang seperlunya di kamar. Ingat, kamarmu bukan gudang untuk menaruh segala barang.

7 Tips Memilih Lemari Pakaian untuk Kamar Kecil

Apabila jumlah baju terlalu banyak, kalian bisa seleksi baju yang sering dipakai untuk dimasukkan ke dalam lemari baju. Sisanya, bisa disimpan di keranjang atau kotak yang tertutup dan diletakkan di luar kamar.

2. Banyaknya penghuni kamar juga berpengaruh terhadap pemilihan lemari

Tips memilih lemari baju di kamar yang kecil ditentukan juga oleh jumlah orang yang tinggal di kamar. Tidak perlu membeli lemari baju dengan 3 (tiga) pintu jika kalian tinggal di kamar sendirian. Lain halnya jika kamar ditempati oleh 2 (dua) orang, maka kalian dapat memilih lemari baju dengan sekat atau pintu yang terpisah. Adanya sekat akan memudahkan kalian dalam mencari baju dan tidak tercampur dengan milik orang lain.
Jangan lupa untuk cek sekat penahan yang ada di dalam lemari, apakah terlalu tipis atau sudah cukup untuk digunakan sebagai pembatas. Kalau kualitas sekat lemari baju bagus, maka kalian tidak perlu keluar biaya lagi untuk memperbaiki sekat penahan yang lepas.
Memiliki banyak sekat atau ruang yang berbeda sesuai dengan fungsinya merupakan salah satu tips memilih lemari pakaian di kamar yang kecil. Misalnya, pilih lemari baju yang terdapat ruang untuk menggantungkan kemeja atau jas. Setidaknya usahakan terdapat minimal 2 (dua) kabinet atau laci yang digunakan untuk menyimpan aksesoris pakaian agar tidak tercecer.

3. Pilih lemari pakaian dengan desain minimalis

Agar lemari tetap menyatu dengan perabotan dan keseluruhan ruang, maka kalian harus mengetahui tips memilih lemari pakaian di kamar yang kecil dengan cara memilih lemari yang memiliki desain minimalis.

Desain lemari minimalis sangat cocok diterapkan untuk hunian yang tidak memiliki ruang yang banyak. Dengan memiliki desain lemari pakaian minimalis yang bagus, kalian sekaligus bisa memperindah tampilan rumah.

Desain lemari minimalis akan memberikan kesan kamar tampak lebih luas. Tips memilih lemari pakaian di kamar yang kecil selanjutnya adalah memilih lemari pakaian minimalis dengan bentuk yang ramping dan tinggi. Jangan pilih lemari baju minimalis dengan ukuran yang lebar agar ruangan tidak sesak.

Lebih baik pilih lemari pakaian minimalis dengan tinggi yang dimaksimalkan dengan tinggi ruangan. Cara ini dapat menghemat ruang tanpa mengurangi kapasitas penyimpanan baju. Dengan desain lemari pakaian modern yang minimalis, maka kalian akan mendapatkan tampilan kamar yang elegan dan terkesan lebih lapang.

Baca juga : Cara Membuka, Reset dan Unlock Password Smartphone Android yang Terkunci

Tips memilih lemari baju di kamar yang kecil cukup dengan meneliti pada bagian dalam lemari baju minimalis. Cek pada pola potongan kayunya, apakah potongannya dibuat dengan rapi. Cek daun pintu lemari juga apakah terbuat dari belahan kayu yang disambung. Sebisa mungkin jangan memilih lemari yang daun pintunya terbuat dari belahan kayu yang disambung. Tren saat ini yang berkembang di dunia furnitur adalah lemari dengan desain pintu minimalis yang tidak memiliki gagang pintu. Terlihat elegan dan terkesan bersih.

4. Warna tertentu dari lemari baju minimalis dapat memberi efek kamar yang lebih luas

Ruang sempit akan terasa lebih luas dengan memilih warna furnitur yang tepat. Warna terang akan membuat segalanya lebih jelas, karena di dalam kamar yang kecil, pandangan akan terbatas.

Tips memilih lemari baju di kamar yang kecil dapat ditentukan dari warna lemari yang sama dengan warna tema atau dekorasi ruangan milik kalian. Rekomendasi warna terbaik untuk lemari baju minimalis adalah dengan memilih warna netral seperti putih, krem, kuning gading, abu-abu muda, dan warna-warna yang mengandung unsur natural seperti warna kayu. Kelebihan dari warna-warna lemari natural adalah sangat mudah dipadankan dengan furniture serta aksesoris kamar yang ada di ruangan kalian.

Saran terbaik dalam tips memilih lemari pakaian di kamar yang kecil adalah menghindari memilih warna lemari baju yang berwarna gelap. Warna gelap akan menimbulkan kesan ruangan yang tidak lapang dan terlihat penuh. Bisa juga kalian pilih lemari yang memiliki unsur kaca. Ini sebagai salah satu trik jitu untuk ilusi mata bahwa kamar kecil yang kita miliki terkesan luas. Selain itu, kalian juga tidak perlu ruang lagi untuk digunakan menaruh kaca karena sudah built-in dengan lemari baju minimalis.

5. Desain pintu geser pada lemari, elegan sekaligus hemat ruang

Tips memilih lemari pakaian di kamar yang kecil lainnya adalah dengan memilih lemari yang memiliki desain pintu geser. Berbeda dengan lemari konvensional pada umumnya yang mengharuskan untuk menyisakan sedikit ruang di sebelah kanan dan kiri lemari agar pintunya dapat dibuka. Dengan lemari modern minimalis, kalian tidak perlu membutuhkan banyak ruang untuk menaruhnya. Ruang yang sempit bukan jadi batasan untukmu dalam memilih lemari, kan. Desain lemari minimalis dengan pintu geser sekarang sudah menjadi populer karena terkesan elegan, simpel, namun fungsional karena bisa menghemat ruang.

6. Pastikan lemari pakaian minimalis kalian terbuat dari bahan yang kuat

Tips memilih lemari baju di kamar yang kecil adalah lebih selektif dalam memilih bahan baku furnitur. Terdapat beberapa pilihan bahan dalam membuat lemari pakaian. Antara lain kayu, plastik, bahan partikel, bahkan lemari baju yang terbuat dari kain. Tiap bahan ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Tips memilih lemari dari segi harga yaitu, lemari pakaian dengan bahan plastik tentu lebih murah. Perawatan lemari pakaian bahan plastik juga lebih mudah. Namun untuk segi keawetan, lemari dengan bahan plastik tidak dapat diandalkan. Secara tampilan, bahan plastik juga tidak elegan jika dipandang. Terlebih sebagai pelengkap perabot rumah minimalis, lemari pakaian dengan bahan plastik sepertinya kurang cocok karena tidak dapat berpadu dengan perabot lain serta komposisi ruangan.

Tips memilih lemari pakaian di kamar yang kecil adalah menggunakan lemari baju dengan bahan kayu. Kayu yang awet biasanya adalah kayu solid, misalnya saja kayu jati. Kayu jati yang kualitasnya bagus berwarna coklat gelap secara natural. Keunggulan dari kayu jati adalah bahannya yang sangat kuat. Selain itu, kayu jati lebih awet dan tahan terhadap perubahan cuaca sehingga tidak mudah lapuk dan habis dimakan rayap. Akan tetapi kekurangannya adalah harganya cukup mahal. Kayu lain yang kuat dan biasa digunakan sebagai bahan baku furnitur antara lain kayu mahoni, sengon, akasia, merbau, bangkirai, ulin, dan beberapa jenis kayu lainnya.

Tips memilih lemari pakaian di kamar yang kecil tidak harus membeli lemari dari bahan kayu jati, lho. Alternatif untuk memiliki lemari baju minimalis modern adalah dengan menggunakan bahan yang terbuat dari plywood yang dapat dengan mudah ditemukan. Kayu plywood harganya yang tidak terlalu mahal serta mudah untuk dibentuk sehingga desainnya mayoritas lebih beragam. Furnitur yang terbuat dari plywood biasanya banyak terdapat di rumah minimalis masa kini.

Gunakan produk lemari yang sudah teruji kualitasnya. Terutama menggunakan produk yang memiliki kualifikasi bahan kayu yang sudah teruji melalui Indonesian Legal Wood. Sebisa mungkin kalian juga harus ikut menjaga kelestarian alam dengan menggunakan produk furnitur yang diproduksi dengan bahan baku kayu legal. Cirinya adalah dengan mengutamakan penggunaan furnitur dengan label Sitem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) dari program Indonesian Legal Wood. Dengan kata lain, produk yang jelas bahan bakunya, akan lebih terjamin kualitas barangnya.

7. Tips tambahan dan perawatan lemari pakaian

Tips memilih lemari pakaian di kamar yang kecil memang membutuhkan perawatan khusus. Jangan menaruh lemari pakaian pada pojok ruangan, ini justru akan membuat ruangan kalian terlihat lebih sempit. Jika sudah terlanjur, itu tidak jadi masalah karena kalian hanya perlu menarik lemari baju sekitar 5 hingga 10 cm dari dinding sehingga kamar kalian akan terasa lebih luas. Selain itu, lemari baju modern yang menempel dengan dinding akan membuat lemari lembab karena tidak ada celah udara. Hal inilah yang dapat menyebabkan tumbuhnya jamur dan berpengaruh pada keawetan lemari.

Jika kamar kalian terdapat kamar mandi, maka kamar akan terasa semakin sempit. Namun, kalian tetap bisa mempraktekkan tips memilih lemari pakaian di kamar yang kecil. Solusinya adalah jangan taruh furnitur atau segala perabotan pada dinding dekat dengan kamar mandi. Jika memang terlalu sempit, maka taruh furnitur dengan memberi jarak pada dinding yang dekat dengan kamar mandi.

Untuk menghindari pertumbuhan jamur atau serangga, kalian dapat menaruh beberapa kamper atau kapur barus di dalam lemari pakaian. Cek ketersediaannya apabila sudah habis, maka segera ganti dengan yang baru.

Agar kalian bisa mendapatkan suasana yang nyaman, maka tips memilih lemari pakaian di kamar yang kecil adalah dengan menaruh lemari baju minimalis dekat dengan tempat tidur. Tempat ini adalah rekomendasi terbaik dalam menata lemari di dalam kamar sempit. Selain lebih dekat, kalian juga akan lebih kreatif dalam membuat dekorasi tempat tidur yang lebih cantik. Usahakan untuk meletakkan lemari baju minimalis mengarah pada cahaya. Agar kalian mendapatkan pencahayaan yang baik ketika sedang memilih pakaian.

error: Content is protected !!