Bangunan Arsitektur

Apa sih Bedanya Kolase, Montase, dan Mosaik?

Perbedaan Kolase, Montase, dan Mosaik

Kolase, montase, dan mosaik pada dasarnya merupakan seni menyusun bentuk. Ketiganya menjadi bagian dari seni rupa dua dimensi. Namun, pengertian ketigannya seringkali terturkar atau bahkan disalahartikan.

Begitu mendengar istilah kolase misalnya, kebanyakan dari kita akan menghubungkan istilah tersebut dengan kolase foto atau kolase bingkai foto. Padahal pengertian kolase sendiri merujuk pada penggunaan material berbeda yang digabungkan menjadi satu kesatuan bentuk yang harmonis.

Mengenal konsep dan hasil karya dari ketiga seni menyusun bentuk ini dapat memunculkan inspirasi baru. Siapa tahu kamu jadi terinspirasi membuat dekorasi baru yang pas untuk mempercantik ruangan di rumahmu, kan?

Kolase

Pernahkan kamu membuat sebuah prakarya menggunakan material yang berbeda, seperti menyusun gambar rumah dengan menggunakan kain, kertas koran, dan biji-bijian? Inilah yang disebut dengan kolase. Komposisi material berbeda ini kemudian direkatkan pada bidang permukaan untuk membentuk gambar tertentu.

Sebagaimana yang Kania sebutkan di awal, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kolase bisa dari berbagai jenis. Bisa juga dari jenis yang sama, namun biasanya memiliki motif atau karakter yang berbeda, seperti membuat gambar kolase dari kertas krep, origami, dan kertas koran.

Hiasan Rumah dari Kolase

Orang yang pertama kali memperkenalkan teknik kolase adalah dua seniman besar yang berduet, yaitu Pablo Picasso dan George Braque. Keduanya mempublikasikan teknik menyususun gambar ini melalui karya mereka yang berjudul Still Life With Chair Caning di tahun 1912.

Meskipun keseluruhan gambar dilukis menggunakan cat minyak, ekspresi kursi rotan (chair caning) nampak begitu nyata, seolah bagian kursi rotan benar-benar ditempelkan pada bidang kanvas.

Sekarang ini, aplikasi kolase tampil dalam bentuk-bentuk yang lebih inovatif dan konseptual, seperti zine yang dapat digunakan sebagai hiasan dinding atau art work atraktif yang dipajang di meja. Meski dipelopori oleh dua seniman besar, tapi kolase sebenarnya bisa dilakukan oleh siapapun karena teknik ini begitu mudah, tinggal gunting dan tempel.

Montase

Montase adalah potongan dari beberapa gambar jadi yang kemudian ditempel secara bersamaan sehingga membetuk gambar atau makna baru. Istilah montase kemudian lebih dikenal dengan montase foto (photomontage) karena lebih sering diaplikasikan untuk memodifikasi gambar, baik gambar analog maupun digital. Sedangkan dalam sinematografi, istilah montase adalah rangkaian gambar tidak begerak.

Membuat Kreasi Montase

Untuk membuat karya montase, kamu bisa menggunakan software digital atau pun merangkainya secara langsung. Teknik yang diandalkan montase adalah teknik eksposisi atau layering dalam pembuatannya.

Biasanya salah satu gambar atau foto dipilih. Gambar atau foto yang dipilih dalam karya montase adalah gambar dasar yang berfungsi menceritakan latar tempat dan waktu. Lalu, potongan gambar lain ditempelkan untuk menambahkan makna atau menampilkan cerita yang baru.

Baca juga : 7 Model Kanopi Minimalis Terbaru untuk Teras Rumah

Mosaik

Jika kolase menggabungkan material yang berbeda, lain halnya dengan mosaik. Mosaik adalah karya yang terdiri dari kepingan-kepingan material sejenis, biasanya berupa gelas, keramik, ataupun logam, yang memiliki ukuran yang sama.

Keunikan dari karya mosaik adalah susunan kepingan mosaik menampilkan perubahan warna. Perubahan warna inilah yang nantinya akan menciptakan perubahan bentuk sehingga terbentuklah kesatuan pola yang berarti.

Mosaik Sebagai Elemen Interior

Seni tempel mosaik sendiri sudah dikenal dari zaman Mesopotamia. Namun, karya ini berkembang pesat pada peradaban Yunani dan Roma. Sampai saat ini, para seniman dan desainer kontemporer sendiri masih terus mengeksplorasi seni mosaik untuk menciptakan karya-karya baru.

Selain tampil sebagai karya seni rupa, pengaplikasian mosaik sudah lebih luas, termasuk merambah dunia desain interior sebagai seni dekorasi dan material.  Pesona mosaik dipercaya memancarkan kesan elegan yang berkelas saat diaplikasikan sebagai dekorasi ruangan. Mosaik juga dikenal sebagai material pelapis, dinding, lantai, dan backsplash interior dapur.

Jadi sudah bisa membedakan mana kolase, montase, dan mosaik? Meski berbeda, karya artistik yang dihasilkan dari ketiganya memiliki tujuan yang sama yaitu menambah nilai estetis baru bagi hunian. Jangan lupa untuk membaca artikel inspiratif lain dari Conchupvcindonesia, ya!

Rara

Recent Posts

15 Makanan yang Lagi Hits di Tahun 2022, Udah Nyobain?

Dunia kuliner mungkin sebuah bisnis menyenangkan yang cepat sekali update-nya. Sepertinya setiap bulan ada saja makanan…

3 minggu ago

7 Restoran All You Can Eat di Jakarta yang Wajib Dicoba

Kini, sudah ada banyak pilihan restoran all you can eat (AYCE) di Jakarta. Mulai dari jenis steak, Korean…

3 minggu ago

Mengenal Cloud Computing: Pengertian, Tipe, dan Fungsinya

Mengenal Cloud Computing: Pengertian, Tipe, dan Fungsinya Sederhananya, cloud computing (komputasi awan) adalah metode penyampaian berbagai layanan…

3 minggu ago

Cryptocurrency: Arti, Fungsi, Jenis-Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya

Cryptocurrency adalah sebuah istilah yang pasti sudah sering kamu dengar beberapa tahun belakangan. Namun, tahukah kamu…

4 minggu ago

NFT: Arti, Cara Kerja, Contoh Penerapan dan Alasan sebelum Membeli

Penasaran dengan apa itu NFT? Sejatinya, non-fungible token atau NFT, adalah jenis aset digital yang sedang membludak popularitasnya.…

4 minggu ago

Teknologi Ramah Lingkungan – Pengertian dan Contoh

Isu pemanasan global bukan sekali dua kali kita dengar. Pembahasan mengenai perubahan iklim tersebut membuat…

4 minggu ago