5 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

5 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Tak sedikit orang yang ingin mengetahui cara memutihkan gigi secara alami agar senyum terlihat lebih indah dan memesona. Anda dapat mewujudkannya dengan melakukan beberapa cara, mulai dari menjaga kebersihan mulut secara tepat hingga berhenti merokok.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan warna gigi menjadi kuning, mulai dari konsumsi teh atau kopi secara berlebihan, sering merokok, kebiasaan menyikat gigi yang tidak tepat, hingga menipisnya enamel gigi seiring bertambahnya usia.

Cara Memutihkan Gigi secara Alami

Warna gigi yang menguning memang dapat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Namun jangan khawatir, sebab ada beberapa cara memutihkan gigi secara alami yang bisa Anda coba lakukan sendiri di rumah dengan mudah, di antaranya:

1. Menjaga kebersihan gigi dan mulut 

Langkah utama yang bisa Anda lakukan untuk memutihkan gigi secara alami adalah menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan baik. Menyikat gigi secara rutin, minimal dua kali sehari, dapat membantu mencegah dan mengurangi penumpukan noda penyebab gigi terlihat kuning.

Setelah menyikat gigi, Anda juga disarankan membersihkan sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi menggunakan benang gigi. Jika perlu, gunakan mouthwash untuk hasil yang lebih maksimal.

2. Menggosok gigi dengan baking soda

Menggosok gigi dengan pasta yang terbuat dari baking soda telah lama dipercaya berkhasiat untuk memutihkan gigi secara alami. Oleh karena itu, tidak sedikit produk pasta gigi yang menggunakan baking soda sebagai salah satu bahan utamanya.

Baca Juga : 7 Cara Bangun Pagi untuk Anda yang Sering Kesiangan

Selain dengan membeli produk pasta gigi yang mengandung baking soda, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah, dengan cara mencampurkan satu sendok teh baking soda dengan dua sendok teh air.

3. Mengonsumsi buah dengan kandungan asam malat

Asam malat merupakan zat alami di dalam buah yang diklaim mampu memutihkan dan mengurangi noda pada gigi. Guna memperoleh manfaat asam malat ini, Anda dapat mengonsumsi beberapa jenis buah, seperti stroberi, semangka, dan apel.

Selain dengan mengonsumsi buah yang mengandung asam malat, Anda dapat mencoba buah nanas, jeruk, dan pepaya yang juga diklaim ampuh memutihkan gigi secara alami.

4. Berkumur dengan minyak nabati (oil pulling)

Berkumur dengan minyak nabati, seperti minyak kelapa, juga dapat menjadi pilihan Anda untuk memutihkan gigi secara alami. Pasalnya, minyak kelapa mengandung asam laurat yang dapat mengurangi peradangan pada mulut dan membunuh bakteri penyebab penumpukan plak dan kerusakan gigi.

Jika Anda tertarik untuk mencobanya, Anda bisa berkumur atau melakukan oil pulling dengan 1 sendok makan minyak kelapa selama 15–20 menit setiap hari. Namun, Anda tetap perlu berhati-hati agar minyak kelapa tidak tertelan.

Setelah selesai berkumur, buang minyak kelapa ke tempat sampah dan bersihkan mulut Anda dengan sikat gigi seperti biasa.

5. Berhenti merokok

Tembakau pada rokok merupakan salah satu penyebab noda pada gigi yang sulit dibersihkan. Pada jangka panjang, rokok dapat menyebabkan masalah kesehatan pada mulut, seperti radang gusi bahkan kanker mulut.

Tak hanya memutihkan gigi secara alami, berhenti merokok juga dapat membantu tubuh Anda menjadi lebih sehat dan terhindar dari risiko penyakit lainnya akibat kebiasaan merokok, seperti penyakit jantung, stroke, dan kanker paru-paru.

Selain dengan beberapa cara di atas, Anda juga disarankan mengurangi konsumsi minuman yang dapat mengubah warna gigi, seperti teh, kopi, dan soda. Jika memungkinkan, gunakan sedotan untuk meminumnya atau langsung menyikat gigi setelah selesai mengonsumsi minuman tersebut guna mencegah noda menempel pada gigi.

Namun, bila cara memutihkan gigi secara alami di atas dirasa kurang efektif atau kurang menunjukkan hasil yang memuaskan, Anda bisa berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang tepat sesuai kondisi dan kebutuhan Anda.

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
error: Content is protected !!