5 Perbedaan Biologi Murni dan Pendidikan Biologi

5 Perbedaan Biologi Murni dan Pendidikan Biologi

Apr 1, 2022 by Rara

5 Perbedaan Biologi Murni dan Pendidikan Biologi

Conchupvcindonesia – Untuk calon mahasiswa baru yang memiliki minat dan merasa passion dan minat mempelajari mengenai mahluk hidup dan lingkungan, sangat dianjurkan untuk memilih jurusan yang berkaitan dengan biologi untuk pilihan jurusan kuliahmu nanti.

Jurusan Biologi sendiri terdiri dari dua pilihan program studi, yaitu Biologi Murni dan Pendidikan Biologi yang keduanya memiliki cukup banyak perbedaan.

Namun, ternyata masih banyak yang bingung apa bedanya antara Biologi Murni dengan Pendidikan Biologi.

Supaya tidak bingung lagi, yuk simak berikut 5 perbedaan Jurusan Biologi Murni dan Pendidikan Biologi beserta prospek kerjanya!

1. Mata Kuliah

Pada Jurusan Biologi Murni mata kuliah yang dipelajari bidangnya sangat luas dan lebih mendalam.

Pada jurusan ini kamu akan menemukan banyak praktikum baik di laboratorium maupun di lapangan. Hal ini berbeda dengan Pendidikan Biologi.

Pada jurusan ini mata kuliahnya lebih mempelajari mengenai teknik pembelajaran yang baik dan bagaimana metode yang cocok untuk mengajarkan mata pelajaran Biologi kepada siswa.

Sehingga diharapkan setelah lulus akan menjadi guru Biologi yang berkompeten.

2. Gelar Sarjana

Gelar sarjana pada lulusan Biologi murni akan mendapatkan gelar sarjana sains atau disingkat S.Si. atau Sarjana Sains.

Sedangkan untuk yang menyelesaikan studi di pendidikan biologi akan mendapatkan gelar sarjana pendidikan yaitu S.Pd atau Sarjana Pendidikan.

3. Magang / Praktik Kerja 

Praktik kerja untuk lulusan Biologi Murni sangat luas. Biasanya pada jurusan ini melaksanakan praktik kerja di industri, laboratorium kesehatan, rumah sakit, konservasi, kebun binatang, museum, pengelola lingkungan, dan masih banyak lagi.

Sedangkan pada Jurusan Pendidikan Biologi biasanya melakukan kerja praktik berupa mengajar langsung siswa di sekolah-sekolah.

Klik juga : Jurusan Kedokteran Terbaik ada di 5 Kampus ini, Penasaran?

4. Kompetensi

Kompetensi mahasiswa Biologi Murni dengan Pendidikan Biologi juga cukup berbeda.

Mahasiswa biologi murni lebih memiliki kompetensi yang disesuaikan dengan bidang peminatan pilihannya seperti bidang zoology, botani, mikrobiologi, bioteknologi, budidaya perairan, konservasi atau lingkungan.

Sedangkan mahasiswa Pendidikan Biologi memiliki kompetensi yang baik dalam mengajar dan memberikan metode yang baik dalam mengajarkan ilmu biologi kepada siswa-siswanya di sekolah.

5. Prospek kerja

Pada Biologi Murni cakupannya sangat luas dan dapat disesuaikan dengan bidang peminatannya. Prospek kerja Biologi Murni antara lain :

  • Peneliti
  • Analis laboratorium
  • Konservasi satwa dan lingkungan
  • Quality Control 
  • Quality Assurance
  • Research and Development
  • Staf lingkungan perusahaan
  • Konsevator museum
  • Guru (Mengambil program PPG setelah lulus)
  • Dan lain-lain.

Sedangkan untuk Pendidikan Biologi prospek kerjanya yaitu menjadi guru Biologi.

Apabila ingin menjadi dosen dapat melanjutkan pendidikan Magister (S2) hingga Doktor (S3). Selain itu, dapat juga bekerja di bidang industri atau konservasi yang disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki.

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
error: Content is protected !!