5 Cara dan Trik Jitu Memasang Gorden Agar Rumah Tampak Lebih Mewah

5 Cara dan Trik Jitu Memasang Gorden Agar Rumah Tampak Lebih Mewah

Mei 17, 2022 by Rara
5 Cara dan Trik Jitu Memasang Gorden Agar Rumah Tampak Lebih Mewah

Cara memasang gorden memang gampang-gampang susah. Sekilas, kamu mungkin membayangkan bahwa gorden dipasang menggunakan rel dan penyangganya begitu saja. Namun, jika tidak dilakukan dengan teliti, pemasangan gorden justru bisa mengganggu estetika rumah, loh! Padahal, gorden punya banyak sekali manfaat bagi rumah. Sebagai contoh, jika dipasang dengan tepat, gorden bisa membuat rumah minimalis terlihat luas dan mewah. Menarik sekali, bukan?

Lantas, bagaimana cara memasang gorden yang tepat agar rumah terlihat cantik? Simak informasinya berikut ini, yuk!

Cara dan Tips Memasang Gorden yang Tepat

1. Hindari membeli gorden yang terlalu pendek

Sebelum membahas cara memasang gorden, pastikan kamu sudah memilih gorden yang tepat, ya. Bagaimana cara mengetahuinya?Pertama, ukur panjang dan lebar jendela yang akan kamu pasang. Kedua, belilah gorden dengan panjang dan lebar yang lebih besar daripada ukuran jendela.

Mengapa harus demikian? Pasalnya, gorden memang harus benar-benar menutupi jendela atau pintu rumah. Jika ada bagian yang tidak tertutup, fungsi gorden pun jadi tidak maksimal. Adapun gorden yang panjangnya hingga menyentuh lantai akan memberikan kesan mewah di dalam rumahmu.

Jadi, pastikan kamu tidak membeli gorden yang terlalu pendek, ya, Guys!

2. Perhatikan posisi rel gorden

Pemasangan gorden tidak hanya berbicara tentang gorden itu sendiri. Ada beberapa aksesori lain yang perlu kamu perhatikan, seperti rel gorden.

Cara memasang rel gorden pun tak bisa sembarangan, Guys! Perlu kamu ingat, jangan memposisikan rel gorden tepat di atas jendela, ya. Letakkan rel gorden 15-20 cm di atas jendela atau bahkan hingga ke tepi langit-langit rumah untuk hasil yang lebih dramatis.

Di satu sisi, cara yang satu ini akan membuat gorden mudah digeser, dibuka, atau ditutup. Di sisi lain, trik ini juga akan memberikan ilusi ruangan yang lebih tinggi, loh!

Baca Juga : Cara Memasang Wallpaper Dinding: Rapi & Anti Gagal!

3. Tentukan panjang rel gorden yang sesuai

Elemen lain yang tidak kalah pentingnya adalah menentukan panjang rel gorden yang sesuai. Kebanyakan orang hanya akan membeli rel gorden sesuai dengan lebar jendela atau pintu. Namun, cara memasang rel gorden seperti itu tentu saja salah.

Bayangkan jika kamu membuka gorden. Maka, sebagian gorden akan tetap menutupi pintu atau jendelamu, bukan?

Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam memilih panjang rel gorden. Jangan sampai kamu menggunakan rel gorden yang terlalu pendek. Sebaliknya, pilihlah rel gorden yang lebar sehingga bila gorden dibuka, bagian dalam gorden sesuai dengan lebar bingkai jendela.

4. Lubangi dinding tempat rel gorden dengan benar

Gorden tentu saja perlu dipasang dengan rapi atau lurus. Kalau miring, gorden menjadi tidak enak dipandang. Sayangnya, hal ini sangat sering terjadi.

Nah, solusinya, Sobat Guys bisa melubangi dinding tempat rel gorden dengan hati-hati. Kamu bisa mengukurnya perlahan menggunakan penggaris atau meteran di kedua ujung jendela. Misalnya, kamu ingin memasang rel gorden 20 cm di atas jendela. Maka, ujung kanan dan kiri harus dipastikan berjarak 20 cm dari jendela.

Setelah diukur dengan yakin, kamu bisa melubangi dinding dengan menggunakan bor listrik. Bor akan mempermudah pekerjaanmu dan memastikan lubang dibuat sesuai dengan titik yang telah diukur. Jika menggunakan palu, besar kemungkinan gorden akan miring.

Cara memasang rel gorden yang satu ini sangatlah penting, Sobat Guys! Jadi, pastikan kamu memerhatikannya dengan saksama, ya! Jika sudah, barulah pasang gorden ke rel gorden.

5. Cek kembali posisi gorden

Apabila empat cara memasang gorden di atas sudah kamu lakukan, kini saatnya mengecek posisi gorden!

Coba mundur beberapa langkah dari gorden dan perhatikan kain tersebut baik-baik. Apakah gorden sudah dipasang dengan rapi dan lurus? Selain itu, apakah gorden bisa dibuka dan ditutup dengan mudah? Apakah ketika dibuka, gorden masih menutupi jendela dan pintu?

Jika belum sesuai harapan, berarti kamu masih perlu membetulkannya, Sobat Guys! Namun, jika sudah, berarti proses pemasangan gorden sudah selesai!

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
error: Content is protected !!